Skip to main content

6 Jenis Pekerjaan Freelance (Pekerja Lepas) Paling Laris dan Menghasilkan Banyak uang

6 Jenis Pekerjaan Freelance (Pekerja Lepas) Paling Laris dan Menghasilkan Banyak uang Freelance atau pekerja lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan dalam jangka panjang. Jenis pekerjaan ini meliputi jurnalisme, penerbitan buku, penerbitan jurnal, penulis lepas, editor, programmer komputer, penyalin tulisan, konsultan, penerjemah dan desain grafis. Keuntungan menjadi freelance bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa harus mengikuti peraturan formal seperti di kantor-kantor, dan kita tidak harus berpakaian rapi dengan setelan kameja dan lainnya. Sehingga cukup banyak orang yang lebih suka memilih kerja sebagai pekerja lepas. Dalam prakteknya pekerjaan ini sangat bervariasi, beberapa klien meminta harus menandatangani kontrak tertulis, dan sementara yang lain dikerjakan berdasarkan perjanjian lisan. 

Enaknya yang lain dari kerja bebas adalah bisa terima proyek lebih dari satu (sesuai kemampuan), dapat menentukan harga yang diinginkan.
freelance, pekerja lepas, kerja dari rumah

Teknologi digital pun telah mendukung jenis pekerjaan ini, sehingga dapat dilakukan darimana pun. Kecanggihan teknologi mendukung bisa dikerjakan secara remote atau jarang jauh tanpa mengganggu pekerjaan utama. Keberadaan internet pun membantu kita berkomunikasi secara online, seperti mengirim tugas, mengirim email, hingga melakukan interview degan video call.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan freelance (pekerja lepas) yang paling laris, menguntungkan dan gaji tinggi saat ini :
  • 1) Web Developper dan Programmer  
Pekerjaan ini saat ini boleh dikatakan mungkin salah satu paling mahal karena dalam pengerjaan satu proyek bisa menghasilkan pendapatan hingga puluhan juga. Apalagi web atau aplikasi yang dibangun memiliki fitur-fitur tinggi. Untuk memperbesar pendapatan, anda bisa mencoba mencari klien-klien dari luar negeri, dimana upah yang anda terima tak hanya rupiah tapi juga dollar.
  • 2) Penulis Lepas atau Content Writer
Saat ini pekerjaan ini sangat menjanjikan dan pendapatannya pun besaar, pasalnya bayaran yang didapat dari menjadi seorang content writer sangat tinggi. Karena untuk artikel bahasa inggris dengan jumlah 400 -500 kata dihargai 10 sampai 15 ribu rupiah. Jika dalam sehari anda dapat membuat 15 artikel, makan dalam sebulan anda bisa mengantongi diatas 4 juta bersih. Enaknya, itu semua bisa dikerjakan hampir tanpa modal. Sehingga freelance writer ini tidak bisa dinggap remeh. 

  • 3) Fotografer Freelance
Anda suka foto-foto, mungkin pekerjaan ini boleh anda coba lakukan. Karena selain hobbi, juga dapat menghasilkan dollar yang cukup besar. Fotografer tidak harus bekerja pada sebuah perusahaan. Selain hasil jepretan anda bisa dijual secara online, anda juga bisa menjual jasa anda kepada banyak orang. 
  • 4) Desain Grafis
Suka desain, terserah desain apa pun. Seperti desain motif baju, logo, desain web, poster, banner, brosur dll maka cobalah pekerjaan ini. Biasanya orang yang pintar desain akan lebih sering dipanggil ke tempat untuk membicara konsep yang di inginkan oleh klien. Selain itu karya anda dapat di jual di beberapa situs seperti iStockhoto, Dreamstime, Shutterstock dll. Dmana anda akan dibayar setiap orang yang downloa foto atau gambar tersebut.

  • 5) Penerjemah
Punya kemampuan berbahasa asing, atau lebih tepat menguasai salah satu bahasa. Jangan hanya disimpan diotak sendiri, gunakan untuk menghasilkan uang. Memang saat ini banyak orang yang terjun melakukan pekerjaan ini, khususnya bahasa inggris. Jadi untuk menambah omset, sebaiknya terus belajar dalam menguasai bahasa asing lainnya.
  • 6) Akuntan
Beberapa perusahaan kecil masih belum mampu mempekerjakan akuntan untuk menyusun laporan keuangan. Anda cukup ahli dibidang ini, peluang ini sangat bagus dalam menghasilkan uang. Biasanya seorang akuntan akan lebih sibuk pada akhir bulan ketika menyusun laporan keungan milik klien.  

Comments

  1. Jika saya lihat di projects.co.id, top 5 jenis pekerjaan freelance yang tersedia saat ini adalah:

    1. Web development
    2. Mobile programming
    3. Layout, Logo & Graphic Design
    4. Desktop programming
    5. Writing & Translation

    ReplyDelete
  2. ini survei dari Michigan State University (MSU)
    Berikut merupakan beberapa sektor yang diproyeksikan menyerap banyak pekerja bagi lulusan 2016:

    1. Bidang konstruksi
    2. Pendidikan anak usia dini
    3. Layanan keuangan dan asuransi
    4. Aviasi, otomotif, serta industri pertahanan dan keamanan
    5. Transportasi truk
    6. Penyedia layanan internet
    7. Akuntansi
    8. Layanan komputer

    https://sepinate.wordpress.com/2015/10/17/lulusan-paling-laku-tahun-2016/

    ReplyDelete
  3. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll kontak cooperativeworld.org@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu