Skip to main content

Apa Itu Usaha Jasa? Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Usaha Jasa adalah Perusahaan komersial yang menyediakan pekerjaan secara hali oleh individu atau tim untuk kepentingan pelanggannya dalam menyediakan produk tak berwujud seperti akuntansi, perbankan, konsultasi, pembersihan, lansekap, pendidikan, asuransi, perawatan, dan layanan transportasi. Contoh yang baik dari perusahaan jasa adalah kantor akuntan publik. Mereka memperoleh pendapatan dengan menyiapkan laporan pajak penghasilan, melakukan audit dan layanan aset, dan bahkan melakukan pekerjaan pembukuan.

Bisnis jasa adalah perusahaan yang terdiri dari profesional atau tim ahli yang memberikan pekerjaan atau bantuan dalam menyelesaikan tugas untuk kepentingan pelanggannya. Produk yang diberikan bisnis jasa tidak seperti produk yang Anda beli di toko, seperti televisi, pakaian, atau makanan. Bisnis jasa memberikan produk yang terutama terdiri dari tenaga kerja pribadi dan keahlian untuk memberikan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan agen real estat untuk membeli rumah pertama Anda karena Anda ingin memanfaatkan keahlian mereka, keterampilan bernegosiasi, dan pengetahuan tentang kontrak yang diperlukan.

Pengalaman layanan pelanggan Anda adalah semua hal yang dilakukan bisnis untuk memastikan kepuasan Anda. Ini adalah bagian kunci dari keberhasilan bisnis ini dan bagaimana mereka mencoba untuk membedakan diri dari pesaing. Ini termasuk kualitas pekerjaan yang mereka lakukan, seberapa ramah mereka, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan mereka, dan kemampuan mereka untuk menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah yang mungkin timbul.
Apa Itu Usaha Jasa?  Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Perusahaan akuntansi tidak menjual produk fisik seperti pengecer dan pedagang. Sebagai gantinya, mereka menjual layanan mereka kepada klien dan biasanya membebankan biaya per jam. Ini berlaku untuk hampir semua perusahaan profesional. Pengacara biasanya telah menetapkan tarif per jam dan membebankan biaya pada klien berdasarkan berapa lama untuk melakukan layanan. Intinya, perusahaan-perusahaan ini benar-benar menjual waktu mereka.

Ada banyak bisnis lain selain perusahaan profesional yang ada di industri jasa. Ambil bisnis perawatan kebun dan lansekap misalnya. Anda membayar mereka untuk datang ke rumah Anda dan melakukan layanan. Anda tidak mendapatkan produk fisik dari bisnis perawatan kebun.

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
  • Djaslim Saladin

Perusahaan jasa Menurut Djaslim Saladin adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.

  • Norman

Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Norman adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.

  • Adrian Payne

Perusahaan jasa Menurut Adrian Payne adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

  • Christian Gronross

Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Christian Gronross adalah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.

  • Philip Kotler

Pengertian perusahaan jasa Menurut Philip Kotler adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.

Karakteristik Jasa
  • Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat
  • Harga Jasa Tidak Dapat Dipatok General
  • Tidak Ada Harga Pokok Produksi dan Penjualan
  • Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)
  • Tidak bisa dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
  • Tidak bisa disimpan karena tidak mempunyai wujud

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa.
  • Jasa yang diberikan tidak sama, jadi masing-masing konsumen dapat memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
  • Pendapatan berasal dari penjualan jasa.
  • Dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidak memerlukan bantuan dari produk fisik.
  • Jasa yang dihasilkan tidak bisa disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaanya akan langsung habis.
  • Tidak memiliki persedian produk dalam bentuk fisik, karena Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Jadi produk yang dihasilkan tidak dapat dilihat akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan.
  • Biasanya tingkatan harganya memiliiki sifat yang tidak mutlak, sebab murah atau mahalnya harga yang ditetapkan oleh perusahaan tergantung tingkat kebutuhan konsumen.

Ruang Lingkup Perusahaan Jasa
Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.

Adapun ruang lingkup perusahaan jasa adalah sebagai berikut:
  • Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
  • Profesi: akuntan, klik bersalin
  • Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
  • Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
  • Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa

Kelebihan Usaha Jasa
  • Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
  • Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
  • Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.

Kekurangan Usaha Jasa
  • Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
  • Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu