Skip to main content

Apa yang Memotivasi Pengusaha?

Motivasi adalah alasan tindakan, kemauan, dan tujuan orang. Motivasi berasal dari kata motive dalam bahasa Inggris yang didefinisikan sebagai kebutuhan yang membutuhkan kepuasan. Motivasi juga penting bagi mereka yang bekerja dengan dan berinteraksi dengan pengusaha. 

Beberapa pengusaha terus berjuang untuk membawa ide atau produk tunggal ke pasar sementara yang lain tampaknya mampu melakukannya dengan mudah, bahkan berulang kali. Beberapa nama-nama diantaranya seperti Steve Jobs, yang mencapai tingkat kesuksesan legendaris dengan Apple, Pixar dan NeXT. Tetapi ada banyak pria dan wanita yang secara eksponensial berhasil dan terus-menerus meluncurkan bisnis yang berkembang yang mungkin tidak mencapai tingkat pengakuan global yang sama tetapi tetap sangat menguntungkan.

Pengusaha perlu memahami, memanfaatkan, dan mempertahankan motivasi mereka sendiri untuk memulai bisnis, tetapi mereka juga harus dapat memotivasi orang lain untuk membeli ide mereka.

Motivasi dihasilkan dari interaksi baik faktor sadar maupun tidak sadar seperti intensitas keinginan atau kebutuhan, nilai insentif atau penghargaan tujuan, dan harapan individu dan rekan-rekannya. Faktor-faktor ini adalah alasan seseorang berperilaku dengan cara tertentu. Contohnya adalah seorang siswa yang menghabiskan waktu ekstra belajar untuk ujian karena dia ingin nilai yang lebih baik di kelas.

Bagaimana mereka melakukannya? Mengingat keberhasilan berulang yang dinikmati banyak orang. 

Tantangan terbesar bagi seorang pengusaha adalah mencari tahu bagaimana menyalakan kembali rasa lapar, semangat dan dedikasi awal yang memicu usaha pertama mereka.  Untuk melakukan hal itu, banyak yang mengelilingi diri mereka dengan koneksi yang telah mendukung mereka di masa lalu, sering bersandar pada mitra tepercaya untuk dukungan finansial, profesional, dan emosional yang penting. Untuk terus menarik dari orang-orang ini, pengusaha harus menginspirasi di antara para pengikutnya.

Sering dipandang sebagai optimis dan idealis, pengusaha memiliki tingkat komitmen dan visi yang mudah diamati. Mereka inventif, agresif, percaya diri, tak kenal lelah, sangat kompetitif (dan sering sangat) kompetitif, dan memiliki tingkat fokus yang intens. Pengusaha benar-benar percaya pada apa yang mereka lakukan dan dengan demikian menginspirasi orang lain menuju tujuan yang sama. Mereka biasanya menempatkan nilai tinggi pada kreativitas dan akan mengambil risiko yang diperhitungkan jika mereka cukup yakin mereka dapat mempengaruhi hasil akhirnya dalam mendukung mereka.
Apa yang Memotivasi Pengusaha?

Tetapi apa yang mengilhami tingkat komitmen yang begitu sengit?

  • Kekayaan

Uang tampaknya menjadi denominator umum di antara pengusaha sukses. Melihat sekilas daftar Billionaire Dunia yang dikompilasi oleh Forbes, sebagian besar adalah wirausaha, termasuk Bill Gates, Warren Buffet, Larry Ellison, dan Amancio Ortega. Orang-orang ini merupakan 1 persen dari orang-orang terkaya di dunia dan telah mencapai posisi mereka sebagai wirausaha mandiri.

  • Motivasi intrinsik

Juga dikenal sebagai "obsesi wirausaha," motivasi intrinsik adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kecenderungan untuk mengerjakan sesuatu karena itu menarik, menarik, merangsang, memuaskan atau menantang pada tingkat pribadi. Ini bertentangan dengan kelompok orang yang lebih besar yang termotivasi secara ekstrinsik, didorong oleh evaluasi yang diharapkan, pengawasan, kompetisi atau penghargaan. Pengusaha melakukan apa yang mereka lakukan karena mereka benar-benar menikmatinya. Akibatnya, banyak pengusaha sukses berusaha untuk menciptakan sesuatu yang berwujud dan signifikan dan tidak akan mengejar tujuan yang mereka anggap kurang dari tantangan.

  • Tanggung jawab sosial

Tidak ada jaminan keberhasilan startup bisnis apa pun itu, meskipun tingkat kesuksesan seorang pengusaha tampaknya akan membantah fakta itu. Seperti disebutkan di atas, mereka yang bersedia mengambil risiko baik waktu maupun sumber daya keuangan melakukannya karena mereka percaya pada apa yang mereka lakukan. Dan dengan wirausahawan seperti Steve Jobs atau Larry Page, pendiri Google, kami melihat keinginan untuk meninggalkan dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan menyumbangkan inovasi yang meningkatkan bidang pilihan wirausaha. Orang-orang ini, yang mungkin memiliki tingkat ambisi yang hampir gila, cenderung untuk menyediakan produk dan layanan yang berusaha untuk meningkatkan masyaraka

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu