Skip to main content

INILAH Cara Memutuskan apakah Kewirausahaan Tepat untuk Anda

Wirausaha adalah Kapasitas dan kemauan untuk mengembangkan, mengatur dan mengelola usaha bisnis bersama dengan segala risikonya untuk menghasilkan keuntungan. Tidak yakin apakah Anda cocok untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jangan khawatir, Anda punya teman. Kebanyakan orang bermimpi tentang meluncurkan usaha mereka sendiri pada tahap tertentu dalam hidup mereka, tetapi mayoritas bahkan tidak mengambil langkah pertama.

Mereka ditahan oleh sejumlah alasan. Beberapa takut jika bisnis mereka tidak berhasil, mereka dapat kehilangan investasi yang mereka hasilkan. Dalam banyak kasus, itulah tabungan seumur hidup mereka.

Yang lain berpikir mereka terlalu tua. Bahkan, bahkan jika mereka mengatasi satu argumen yang membuat mereka mundur, mereka memikirkan argumen lain untuk menghentikan diri mereka sendiri dari mengambil risiko.

Usia jelas bukan faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun ke bisnis sendiri. Usia rata-rata seorang pengusaha sukses di industri-industri pertumbuhan yang tinggi adalah seperti komputer, perawatan kesehatan, dan kedirgantaraan adalah 40 tahun dan "Dua kali lebih banyak pengusaha sukses adalah lebih dari 50. 

Kolonel Sanders memulai rantai restoran Kentucky Fried Chicken ketika ia berusia 65 dan Takichiro Mori, yang membangun kerajaan real estat senilai $ 13 miliar, melakukan investasi pertamanya di properti pada usia 55 tahun.

Di bidang ekonomi, kewirausahaan yang dikombinasikan dengan tanah, tenaga kerja, sumber daya alam, dan modal dapat menghasilkan keuntungan. Semangat kewirausahaan dicirikan oleh inovasi dan pengambilan risiko, dan merupakan bagian penting dari kemampuan suatu bangsa untuk berhasil dalam pasar global yang terus berubah dan semakin kompetitif. Kewirausahaan bisa menakutkan karena tidak ada jaminan bahwa bisnis akan berhasil, dan wirausahawan dapat kehilangan uang untuk beberapa tahun pertama.
INILAH Cara Memutuskan apakah Kewirausahaan Tepat untuk Anda

Cobalah

Jadi apa ciri-ciri yang Anda butuhkan untuk menjadi pebisnis yang sukses? Apakah Anda memerlukan sifat yang sangat kompetitif? Apakah penting untuk menjadi starter atau memiliki keterampilan orang-orang hebat?

Banyak dari mereka yang membuang pekerjaan mereka dan membuatnya sendiri, tentu saja memiliki beberapa kombinasi dari kemampuan ini. Tetapi setiap orang yang memiliki atribut ini tidak menjadi wirausaha.

Seth Godin, penulis dan pengusaha, mengatakan, "Mempelajari kewirausahaan tanpa melakukannya ... seperti mempelajari apresiasi musik tanpa mendengarkannya."

Satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui apakah Anda memiliki apa yang diperlukan adalah memulai bisnis sendiri dan merasakan kewirausahaan langsung. Tentu saja, ini bukan untuk menyarankan Anda meluncurkan dalam skala besar segera.

Luangkan sedikit waktu setiap hari, lakukan investasi kecil di bidang pilihan Anda dan lihat apakah Anda menyukai pengalaman itu.

Jika Anda memiliki mata untuk warna dan perabotan dan sedang merenungkan usaha dalam dekorasi interior, mulailah dengan bertemu seseorang yang memiliki profesi yang sama. Meskipun Anda mungkin memiliki kemampuan untuk memberikan ruangan yang indah, apakah Anda tahu cara menarik pelanggan? Bisakah Anda membuat estimasi untuk melakukan pekerjaan? Apakah Anda memiliki daftar sub-kontraktor yang dapat Anda libatkan?

Proses menemukan jawaban untuk semua pertanyaan ini akan memberi Anda gambaran tentang kemampuan Anda. Anda akan menyadari bahwa menjadi dekorator interior mengharuskan Anda memiliki banyak keterampilan selain kemampuan untuk membuat ruangan terlihat menyenangkan bagi mata.

Jika Anda benar-benar dapat mengambil proyek dekorasi interior untuk pelanggan, itu akan memberi Anda dasar yang tulus di mana Anda dapat memutuskan apakah Anda cocok untuk kewirausahaan.

Pengusaha juga perlu mendedikasikan waktu yang lama untuk tugas-tugas biasa seperti akuntansi, mengajukan pengembalian pajak, mematuhi hukum setempat dan melakukan berbagai jenis pekerjaan administrasi. Ingatlah bahwa tidak satu pun dari tugas ini yang terkait dengan bisnis inti Anda dan mereka tidak memberi Anda pelanggan baru. Tetapi Anda harus berusaha menyelesaikannya.

"Jika kamu adalah tipe orang yang menunggu hal yang 'benar' terjadi, kamu mungkin akan menunggu untuk waktu yang lama. Ini seperti menunggu semua lampu lalu lintas menjadi hijau sejauh lima mil sebelum memulai perjalanan."

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu