Skip to main content

Tips Sukses dari Mark Zuckerberg Yang Bisa Anda Tiru

Miliarder muda pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, merupakan pengusaha yang sangat populer. Di usianya yang belum mencapai 30 tahun, ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Mark dikenal sebagai konglomerat yang menerapkan kesederhanaan dalam gaya hidup. Misalnya dari gaya Mark berpakaian, ia hampir setiap saat memakai pakaian santai mengenakan kaos abu-abu.

Banyak orang yang menjadikan Mark Zuckerberg sebagai inspirasi untuk menjadi pengusaha sukses. Nah apa sajakah tips-tips agar Anda menjadi pengusaha sukses yang dapat dipelajari dari Mark? Berikut ulasannya:

1. Lakukan Hal Penting Yang Bisa Kamu Lakukan
Mark menjalani hari-harinya dengan membuat skala prioritas tentang hal yang akan dilakukannya. Menurut pengakuannya, hampir setiap hari dia terbangun dengan pertanyaan 'Apakah aku telah melakukan hal terpenting yang bisa aku lakukan?'

Membuat skala prioritas ini akan membuat Anda fokus terhadap permasalahan–permasalahan yang menuntut perhatian Anda terlebih dulu, sehingga Anda tidak membuang-buang waktu untuk hal yang tidak terlalu penting. 

2. Ingatlah Bahwa Sukses Ada Setelah Kegagalan
Sebelum ia sukses seperti sekarang, ia juga pernah mengalami kegagalan. Sebelum ia berhasil membuat Facebook yang kini hampir semua orang menggunakannya, ia lebih dulu membuat situs bernama Facemash. Namun ternyata Facemash ini tidak berkembang baik, atau mungkin bisa juga dibilang gagal. Namun dari kegagalan ini Mark justru bisa berinovasi dan belajar dari kegagalannya dengan membuat Facebook.
Tips Sukses dari Mark Zuckerberg Yang Bisa Anda Tiru

3. Temukan Hal Yang menjadi Passion
Salah satu point sukses yang dapat ditiru dari Mark Zuckerberg adalah passionnya untuk mengembangkan situs Facebook miliknya. Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passion Anda, maka Anda akan memiliki energi untuk berusaha semaksimal dan sebaik mungkin. Ini juga berarti Anda akan memiliki energi untuk bangkit saat bisnis Anda mengalami masalah.

4. Persiapkan Dirimu dari Beragam Kritik
Setelah menyakini prinsip dan kata hati Anda, Anda harus mulai menyiapkan diri untuk beragam kritik, baik kritik yang menyerang maupun kririk yang membangun ditujukan untuk Anda. Facebook tidak akan mungkin bisa sebesar sekarang jika Mark tidak siap dengan kritik–kritik hingga pelarangan situs Facebook dari beberapa penjuru dunia.

5. Tetapkan Tantangan–tantangan Pribadi
Tahukah Anda jika setiap tahunnya Mark Zuckerberg memiliki resolusi tahunan yang ingin diwujudkannya? Bahkan pada tahun 2010 yang lalu Mark rela belajar bahasa Mandirin agar bisa berkomunikasi dengan keluarga Priscilla Chan, istrinya yang merupakan keturunan Amerika–China.

6. Jangan Takut Buat Ambil Risiko
Facebook pada awal berdirinya adalah 'Larilah dan jangan takut untuk menjadi beda!' Motto seperti inilah yang ditanamkan Mark pada pegawai–pegawainya. Dan dengan budaya 'trial and error' inilah Facebook kemudian dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu situs terbesar di dunia.

7. Tetaplah Rendah Hati dan Sederhana
Walaupun ia menjadi seorang miliuner muda, Mark Zuckerberg tidak lantas menghambur-hamburkan uang. Dibandingkan untuk memilih mobil–mobil mewah dan rumah megah, ternyata mark lebih memilih untuk fokus mengembangkan Facebook, bahkan untuk ini dia lebih memilih untuk tinggal di Palo Alto, dekat kantor Facebook.

8. Bekerjasama Dengan Orang–orang Yang Bisa Saling Melengkapi
Sebuah kesuksesan tidak bisa dicapai seorang diri. Oleh karena itu cobalah bekerjasama dengan rekan yang mampu melengkapi kekuarangan dan kelebihan yang Anda miliki saat ini.

9. Biarkan Saja Orang Meremehkanmu
Pada sebuah wawancara Mark mengatakan dia lebih nyaman untuk berada di lingkungan yang meremehkannya. Menurutnya, hal ini secara personal memberikan ruang gerak yang lebih bebas baginya dan diremehkan orang lain membuatnya ingin 'balas dendam' dengan mengejutkan mereka melalui apa yang bisa dilakukannya.

Sumber dari finance.detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...