Skip to main content

Cara Membuat Pelanggan Yang Tidak Puas Menjadi Senang

Anda mungkin tidak dapat menyenangkan semua konsumen Anda, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Bagaimana perusahaan top menangani pelanggan yang tidak senang ? Pelanggan atau langganan merujuk pada individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, kata ini sering pula diartikan sebagai seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu-dikutip dari WikipediaBerikut adalah strategi yang mereka lakukan untuk menyenangkan pelanggan yang tidak senang menjadi senang :

1. Beradaptasi dengan tipe kepribadian pelanggan
Anda perlu mengetahui dengan tingkah pola perilaku pelanggan Anda terlebih dahulu kemudian beradaptasi dengan kebiasaan perilaku pelanggan tersebut. Ada pelanggan yang tidak sabaran atau cenderung agresif, pelanggan yang suka berbicara banyak, atau pelanggan yang sering merasa khawatir. Anda perlu tahu bagaimana cara menghadapi pelanggan – pelanggan Anda.

2. Merespon cepat
Kecepatan lebih penting dari solusi. Tanpa kecepatan Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menemukan solusi. Pelanggan juga akan merasa senang jika keluhannya direspon dengan cepat. Mereka akan merasa dihargai dan akan kembali memberi produk Anda karena pelayanan yang Anda berikan sangat baik.
Cara Membuat Pelanggan Yang Tidak Puas Menjadi Senang


3. Bertanggung jawab penuh atas kesalahan
Tentu Anda harus bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda lakukan terlebih lagi jika menyangkut soal pelanggan. Jika Anda tidak bertanggun jawab pada kesalahan Anda tentu Anda akan kehilangan pelanggan Anda. Dan nama produk atau bisnis Anda di cap tidak baik.

4. Libatkan pelanggan
Anda dapat menyediakan ruang bagi pelanggan untuk memberikan umpan baliknya. Pelanggan Anda dapat memberikan rating 1 – 5 bintang pada sistem kinerja perusahaan atau produk Anda. Jika rating kurang dari 5, Anda dapat melakukan survey atau melihat orang atau produk Anda yang bermasalah.

5. Gunakan kekuatan maaf
Maaf adalah kata yang kuat untuk karena Anda mengakui kesalahan Anda membuat pelanggan Anda tidak nyaman karena mengambil waktu dari jadwal mereka untuk menghubungi Anda. Anda bisa mengatakan “Kami akan segera mengurus ini untuk Anda” atau jika semuanya gagal, berikan refund atau barang gratis. - Sumber dari Laruno.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...