Skip to main content

Tips Membangun Motivasi Di Tempat Kerja

Motivasi Kerja adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya ditempat kerja. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Setiap pebisnis atau wirausahawan tentu pernah mengalami tantangan dalam menjalankan bisnis. Motivasi dapat membantu mempertahankan bisnis, mengembangkan karir, dan menyukseskan bisnis. Maka dari itu, motivasi sangat penting dalam berbisnis agar tujuan bisnis tercapai dan membuat seseorang lebih berani dalam mengambil sebuah tindakan dalam berbisnis. Banyak juga cara yang bisa dilakukan untuk tetap memiliki semangat dan mengembalikan kepercayaan diri Anda dalam menggapai apapun yang Anda impikan, terutama di tempat kerja yang kadang membosankan. Salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah belajar dari pengalaman orang lain yang juga pernah merasakan kegagalan, dan bangkit sampai kini mereka menjadi sukses.

Sebagai pemimpin membuat karyawan memiliki motivasi yang tinggi tidak begitu sulit. Hanya saja ada yang perlu dilakukan agar motivasi kerja baik karyawan maupun pemimpin itu sendiri. Untuk meningkatkan motivasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah tips dalam meningkatkan motivasi dalam bisnis:

1. Berikan perlakuan yang adil
Berperilakulah adil terhadap semua orang atau karyawan agar terhindar dari konflik di tempat kerja Anda. Selain itu juga akan menimbulkan rasa nyaman dalam lingkungan kerja Anda. Sehingga semua karyawan termasuk Atasan juga dapat termotivasi.

2. Berikan kepercayaan dan perhatian
Kepercayaan merupakan hal penting untuk membentuk hubungan kerja yang baik. Memberikan kepercayaan dapat dimulai dengan mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Selain itu, lakukanlah komunikasi yang baik dan berikanlah kepedulian kepada karyawan agar dapat meningkatkan motivasi kerja.

3. Ciptakanlah suasana yang aman dan nyaman
Ciptakan suasana yang aman dan nyaman di tempat kerja. Untuk membuat tempat kerja menjadi aman dan nyaman sediakan fasilitas yang akan dibutuhkan. Seperti furniture atau desain property tempat kerja yang dibuat senyaman mungkin agar dapat menghilangkan rasa bosan dan stress saat bekerja. Selain itu dengan menciptakan suasana yang aman dan nyaman dapat menumbuhkan kreatifitas seseorang.

4. Berikan penghargaan dan evaluasi kinerja
Berikan sebuah penghargaan atas meningkatnya kinerja karyawan sekecil apapun itu sangat penting untuk meningkatkan motivasi kerja. Perhatikanlah perkembangan kinerja karyawan agar anda sebagai pemimpin bisnis tidak dikenal sebagai pemimpin yang hanya menuntut untuk bekerja baik dan lebih baik lagi. Selain itu, lalukanlah evaluasi kinerja anda dan karyawan untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang telah dilakukan.

Intinya berperilaku positif bisa menimbulkan motivasi dalam berbisinis karena tentunya dengan berperilaku positif akan menghasilkan yang lebih baik dari sebelumnya.

Sumber : Laruno.com

Tips Membangun Motivasi Di Tempat Kerja
img by tipskarir.com


Motivasi Sukses
  • Kesuksesan adalah perjuangan dari kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.' - Winston S. Churchill
  • Dalam meraih kesuksesan, Kemauan Anda untuk sukses harus lebih besar dari ketakutan Anda akan kegagalan.' - Bill Cosby
  • Jika Anda tak Membangun impian Anda, maka seseorang akan mempekerjakan Anda untuk membantu membangun impian mereka.' - Tony Gaskin
  • Cara terbaik untuk mengetahui masa depan adalah dengan menciptakannya.' -Dr. Forest C. Shaklee
  • Tanpa disiplin, kesuksesan tak mungkin terjadi, titik.' - Lou Holtz
  • Pembalasan terbaik adalah dengan kesuksesan besar.' - Frank Sinatra
  • Dua puluh tahun dari sekarang, Anda akan lebih dikecewakan oleh hal-hal yang tidak Anda lakukan dibanding hal-hal yang telah Anda lakukan.' - Mark Twain
  • Bekerjalah tanpa suara, dan biarkan kesuksesan Anda yang berbunyi nyaring.' - Frank Ocean
  • Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya.' - Chris Grosser

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepr...