Skip to main content

Cara Cari Ide Bisnis dari Kehidupan Sehari-hari

Ide bisnis bisa datang dari masa saja. Para pebisnis hebat kadang menemukan ide-ide baru melalui pengalaman kehidupan sehari-hari, yang kadang dianggap remeh. Faktanya, bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan rencana bisnis yang komplit lebih memiliki peluang keberhasilan yang besar dibandingkan dengan bisnis yang hanya meniru-niru bisnis yang sudah ada. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan, misalnya dari kehidupan sehari-hari anda. Inovasi adalah setiap ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri. Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulannya, Anda juga bisa mulai membangun bisnis baru yang serupa tetapi dengan beberapa nilai lebih yang berbeda dengan bisnis aslinya. Konsep sederhananya adalah ATM – amati, tiru dan modifikasi. Jadi, kemanapun Anda pergi, setiap yang Anda jumpai bisa menjadi ide bisnis untuk Anda duplikasi secara kreatif.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menemukan ide kreatif melalui kehidupan sehari-hari seperti dinukil dari entrepreneur.com:

Cara Cari Ide Bisnis dari Kehidupan Sehari-hariBuatlah daftar kegiatan
Setiap saat, selalu saja ada tugas atau pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Saat menjalani kehidupan sehari-hari, cobalah buat daftar kegiatan yang mungkin menurut orang lain bisa diabaikan, ditinggalkan, atau justru sulit dilakukan. Kadang, kegiatan seperti itulah yang bisa menjadi peluang potensial.

Mulailah dari pengalaman sendiri. Tanyakan diri sendiri, apa yang bisa membuat Anda sebal? Apa yang terasa mudah, menyenangkan, atau nyaman?

Berburu ide di tempat berbeda
Ide baru memerlukan kreativitas, karena itu cobalah datangi tempat-tempat yang beragam dan belum pernah Anda datangi sebelumnya. Anda mungkin saja menemukan ide hebat saat berlibur atau menemukan inspirasi tak terduga saat mendatangi pameran seni.

Bukalah mata lebar-lebar, maka Anda akan menemukan jawabannya. Seorang pemburu ide tidak hanya akan bertanya, tapi juga akan berusaha untuk merasakan sebuah pengalaman baru. Jangan pernah ragu untuk belajar hal baru, meski Anda rasa itu sulit dilakukan.

Lihat bagaimana orang lain menyelesaikan masalah
Selalu saja ada situasi di mana Anda dihadapkan pada sebuah masalah. Cobalah untuk melihat bagaimana orang lain menyelesaikan masalah tersebut, karena ini merupakan kesempatan Anda untuk belajar. Lihat hal-hal sederhana, seperti bagaimana mini market mengatur inventaris mereka, bagaimana sebuah kemasan bisa memikat mata Anda, atau bagaimana Amazon bisa mendorong orang untuk belanja. Anda bisa meminjam atau menggunakan ulang ide-ide tersebut, lalu aplikasikan pada bisnis Anda. (sumber : ayopreneur.com)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepr...