Skip to main content

Ubah Pola Pikir Karyawan Menjadi Seorang Bos

Menjadi seorang pengusaha, terlepas dari besar atau kecilnya bisnis anda, belum tentu berhasil untuk semua orang. Tapi siapapun bisa menjadi seorang entrepreneur. Memang, pola pikir dari seorang pengusaha berbeda dengan cara berpikir karyawan. Oleh karena itu, sebagai seorang pegawai jika ingin mengubah nasib menjadi seorang pengusaha, jangan hanya mengubah fisik saja seperti langsung membuka toko atau perusahaan. Akan tetapi sejatinya harus juga mengubah pola pikir yang dulunya cara berpikir karyawan menjadi pola pikir pengusaha. Misalnya, mulai dari perencanaan, pengambil keputusan dan hampir semuanya kendali ada ditangan seorang bos.

Nah, berikut adalah beberapa pola pikir yang harus diubah agar sukses menjadi seorang pengusaha sukses;
  • Menghindari Rasa Nyaman
Sebagai seorang karyawan yang sudah nyaman pada posisinya biasanya tidak akan berani keluar untuk mencoba hal baru. Seorang bos tidak boleh merasa nyaman dengan setiap yang diraihnya, tidak takut pada tekanan dari atas bawah. 

  • Fleksibel
Karyawan tentu punya job description yang jelas, apa yang harus dikerjakan setiap hari dan diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan. Namun, ketika anda menjadi pengusaha, anda harus siap untuk semua jenis pekerjaan. Apalagi anda belum punya karyawan. Selain mengerjakan pekerjaan sendiri, juga mengevaluasi hasil pekerjaan karyawan.

  • Berpikirlah Jangka Panjang
Seorang karyawan pada umumnya berpatokan pada gaji bulanan, sementara bos memikirkan jangka panjang. Tidak hanya diri sendiri, tapi semua orang yang bekepentingan dalam perusahaan anda. Tidak hanya memikirkan gaji pegawai anda satu bulan ke depan, tapi untuk mereka dalam beberapa bulan ke depan.

  • Inisiatif
Pengusaha haruslah memiliki inisiatif  agar usaha yang dijalankan terus bisa berjalan. Tidak selalu monoton dengan rencana-rencana yang sudah di buat. Tapi berkesempatan melakukan cara yang lain. 

  • Mengetahui Semuanya
Seorang bos seharusnya mengetahui apa saja job descripsi dari setiap karyawannya. Oleh karena itu, sebagai bos harus belajar dan mengetahui satu per satu. 

  • Belajar untuk bekerja tak mengenal waktu. 
Seorang karyawan punya jam kerja, dimana mereka biasanya tidak mau bekerja diluar jam kerja kecuali dibayar lembur. Lain halnya dengan seorang bos yang kadang harus bekerja kapan pun.

  • Berani Mengambil Keputusan 
Bos merupakan ujung tombah dari sebuah perusahaan, jadi harus berani mengambil keputusan. Tidak lagi menunggu keputusan dari bos anda. Tapi sebagai bos, harus siap dengan keputusan yang dibuat, apakah itu baik atau buruk.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepr...