Skip to main content

5 Hal yang Dapat Menyebabkan Hubungan Bisnis jadi Buruk

Berbisnis dengan kawan atau kongsi bisnis ternyata bukan hal yang mudah. Dua orang yang berbeda tentu saja memiliki cara pandangnya masing-masing. Oleh sebab itu Anda dan mitra bisnis harus memiliki toleransi, keterbukaan dan mencari titik temu dalam mengambil keputusan.

Ketika mencari mitra kerja ternyata tidak hanya melihat faktor uang, melainkan faktor lainnya juga. Disadari atau tidak, modal awal saja tidak cukup untuk menjalankan dan membesarkan bisnis. Anda juga perlu mengenai calon mitra bisnis, mengetahui ekspetasi dari masing-masing pihak dan menuliskan dalam bentuk perjanjian (perusahaan berbadan hukum CV atau PT).
Berikut ini 5 hal yang dapat merusak hubungan bisnis:
  • #1 Komunikasi yang Tidak Baik atau Tidak Lancar

Komunikasi yang tidak lancar adalah sumber keributan dengan mitra bisnis. Dari komunikasi yang tidak lancar, biasanya timbul kesalah pahaman dan saling tidak percaya antara satu sama lain. Bisnis yang baik seharusnya dijalankan dengan komunikasi yang baik dan efektif.  Usahakan agar dapat berkomunikasi setiap hari, baik melalui text (email, sms, whatsapp atau aplikasi text), melalui telepon ataupun ketemu langsung.

  • #2 Tidak Profesional

Sikap profesionalitas juga diperlukan dalam menjalankan bisnis patungan. Jangan sampai timbul keluhan dan ditangani dengan tidak baik. Contoh
  • Salah satu pihak tidak menguasai topik, sehingga tidak dapat melakukan pekerjaan dengan benar.
  • Salah satu pihak tidak mau upgrade atau menambah pengetahuan terbaru, sehingga kemampuannya tertinggal.
  • Sering menunda pekerjaan dan menyepelekan pekerjaan.
  • Sering tidak tepat waktu saat janji
  • dan lain sebagainya.


  • #3 Pembagian Hasil yang Tidak Sesuai Perjanjian

Salah satu sumber keributan adalah ujung-ujungnya duit. Sebaiknya dari awal sudah dijelaskan terlebih dahulu pembagian hasil yang jelas, mana yang termasuk kepemilikan (saham), mana yang termasuk gaji bulanan dan mana yang termasuk bonus. Jika perhitungan sudah jelas di awal, biasanya hubungan bisnis lebih langgeng.

  • #4. Fenomena “Matahari Kembar” atau “Dua Nahkoda”

Kompetisi diantara para pemimpin perusahaan bukanlah hal yang baik. Istilah kerennya adalah “dua nahkoda dalam satu kapal” atau “matahari kembar”. Untuk mencegah hal tersebut, maka tetap perlu komunikasi, visi dan misi yang jelas. Jika dua orang atau lebih berjalan ke arah (visi dan misi) yang sama, maka hubungan bisnis menjadi lebih baik dan terjadi percepatan dalam bisnis.

  • #5. Ada Pihak Ketiga

Terkadang pihak ketiga adalah datang dan memperkeruh suasana, dengan cara mengadu pihak yang satu dengan yang lain. Jadi hal yang paling dibutuhkan adalah rasa saling percaya dan keterbukaan antara satu dengan yang lain. Jangan mudah terhasut dengan omongan orang lain.

Mencari Mitra Bisnis dan Membangun Hubungan Bisnis yang Baik Bukanlah Hal yang Mudah

Ada orang yang mengatakan bahwa mencari mitra bisnis bukanlah hal yang mudah dan memang kenyataannya tidak mudah. Ada mungkin harus bertemu lebih dari 10 orang untuk bisa menemukan 1 orang mitra bisnis yang benar-benar memiliki visi yang sama. Mencari mitra bisnis sulit, tetapi membangun relasi dan hubungan bisnis yang baik jauh lebih sulit. Butuh kerjasama, rasa saling percaya, keterbukaan dan toleransi. (Sumber by finansialku.com)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu