Skip to main content

37 Cara Mempromosikan Bisnis dengan Biaya Rendah

Apa cara terbaik untuk mempromosikan bisnis anda? Bagaimana anda dapat mengiklankan bisnis dan menjadikan nama anda punya prospek potensial ketika uang sangat tipis? Bagaimana anda bisa membuat nama usaha anda menjadi perbincangan dalam cara yang paling terjangkau? Mempromosikan usaha merupakan tantangan yang berkelanjutan untuk usaha kecil. Apakah anda baru mulai atau telah berada dalam bisnis selama bertahun-tahun, strategi pemasaran terbukti akan membantu bisnis anda mencari pelanggan baru tanpa menghabiskan banyak uang.

Tujuan promosi di antaranya adalah:
  • Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  • Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  • Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  • Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  • Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.
Memulai bisnis dengan sedikit uang? Cari tahu untuk mengurangi anggaran pemasaran bisnis kecil anda? Berikut adalah 37 metode murah, berdampak tinggi untuk mengiklankan dan mempromosikan usaha anda;
  • Rencana Serangan. Mendefiniskan siapa prospek terbaik anda, dan kemudian cara terbaik untuk menjangkau mereka. Sespesifik mungkin. Anda akan menemukan mereka di Twitter, Google Plus, Pinterest atau Facebook? Apakah mereka akan mencari jenis produk di Google atau Bing? Apakah anda ingin mulai mempromosikan usaha  kepada mereka yang baru pertama melakukan pembelian.
  • Jika anda tidak memiliki sebuah situs web, pastikan memilikinya satu. Jika anda tidak mampu untuk menyewa seorang desainer website anda, gunakan situs yang menyediakan template-template dan alat-alat untuk memudahkan dan membuat dasar website.
  • Mendaftarkan bisnis anda di direktori mesin pencari
Google dan Bing menawarkan daftar gratis untuk bisnis lokal
Setelah terdaftar di Google, pergi ke Google Bisnisku
Setelah terdafttar di Bing, pergi ke Bing Places untuk bisnis
Yahoo pakai biaya daftar, tetapi anda akan terdaftar di lebih banyak dari Yahoo jika anda mebeli layanan mereka. Layanan, disebut Yahoo Localworks, biaya $ 29,99 bulan dan daftar Anda dalam 50 direktori termasuk Yahoo lokal, Yelp, Whitepages, Bing, MapQuest dan banyak lagi. Manfaat membayar: Anda memiliki satu lokasi untuk memasukkan data Anda untuk membuatnya konsisten dan tersedia di beberapa direktori online yang pelanggan Anda mungkin mencari untuk menemukan apa yang Anda jual.
  • Mengatur profil bisnis anda atau halaman up di LinkedIn, Facebook, Google Plus dan Twitter. Pastikan profil bisnis anda memberikan penjelasan yang lebih baik, kata kunci dan link ke website anda. Carilah kelompok atau percakapan yang berbicara tentang jenis produk atau jasa dan berpartisipasi dalam percakapan, tapi jangan menjadi spam dengan promo konstan untuk apa yang anda jual.
  • Membuat Kartu Bisnis Jika baru memulai segera buat kartu bisnis anda, kop surat dan amplop khusus yang memberitahu calon pelanggan anda bahwa anda seorang profesional. Pastikan masukkan alamat website anda di kartu bisnis anda, kop surat dan tempat lain.
  • Mendaftar sebuah email, mengirim email newsletter/ penawaran promosi kepada pelanggan dan prospek bisnis anda. Pastikan anda meminta izin untuk mengirim sebuah email kepada pelanggan atau calon pelanggan. Akan lebih baik jika sekalian memberikan sesuatu, seperti ebook gratis, atau bahkan tips dan trik gratis tentang cara melakukan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis anda. 
  • Memberikan kartu nama anda ke siapa saja dapat membantu anda dalam pencarian klien baru. Menghubungi teman dan kerabat dan memberitahu mereka bahwa anda telah memulai sebuah bisnis. Kunjungi mereka dan meninggalkan setumpuk kecil kartu nama pada mereka masing-masing.
  • Berbicara dengan semua vendor dari siapa anda membeli produk atau jasa. Memberikan kartu bisnis anda, dan menanyakan apakah mereka dapat menggunakan produk atau jasa anda, atau jika mereka tahu siapa saja yang bisa. Jika mereka memiliki papan buletin, tempelkan kartu nama, bisa juga di beberapa supermarket, salon dll, tapi tanyakan apakah dapat ditambahkan ke papan.
  • Menghadiri pertemuan kelompok profesional, dan kelompok-kelompok seperti Kamar Dagang, Rotary Club, atau asosiasi sipil. Bagikan kartu bisnis anda pada mereka. 
  • Membayar keanggotaan dalam kelompok-kelompok yang menarik target customers anda. Jika kelompok itu memiliki website dan menerbitkan daftar anggota di situs, pastikan nama Anda dan link situs web ditambahkan. Setelah itu lakukan double check untuk memastikan informasi kontak Anda benar dan link website Anda tidak rusak.
  • Menjadi aktif terlibat dalam 2 atau 3 dari kelompok tersebut. Yang akan memberikan Anda lebih banyak kesempatan untuk bertemu kemungkinan prospek. Meskipun Anda tidak akan ingin terlibat dalam banyak organisasi yang membutuhkan banyak waktu Anda, Anda dapat membuat kontribusi nyata kepada mereka semua dengan menawarkan ide-ide yang berguna dan membantu dengan proyek-proyek bila memungkinkan.
  • Mencari sesuatu yang tidak biasa tentang apa yang Anda lakukan, dan mempublikasikannya. Kirim press release ke koran lokal, stasiun radio, stasiun TV kabel, majalah yang penonton cenderung tertarik untuk membeli apa yang Anda jual. Pastikan untuk memposting siaran pers pada satu atau lebih layanan press release secara online, juga, pastikan untuk menyertakan link ke website Anda.
  • Menulis sebuah artikel yang menunjukkan keahlian Anda di bidang Anda. Kirim ke koran, majalah, dan situs web di bidang Anda yang menerima kiriman dari para ahli. Pastikan nama Anda, nama bisnis, nomor telepon, dan referensi untuk produk atau jasa Anda dimasukkan di akhir artikel. 
  • Mempublikasikan publisitas Anda. Setiap kali Anda mendapatkan publisitas, mendapatkan izin dari penerbit untuk mencetak ulang artikel yang berisi publisitas. Membuat fotokopi dan surat salinan dengan surat penjualan atau literatur lain yang Anda gunakan untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Klip publisitas memberikan kredibilitas untuk klaim yang Anda buat untuk produk atau jasa.
  • ubungi organisasi nirlaba, sekolah dan perguruan tinggi, dan bahkan bisnis lain yang memiliki pelanggan yang mungkin membutuhkan jasa Anda.
  • Berjejaring dengan orang lain yang melakukan jenis pekerjaan yang sama Anda. Biarkan mereka tahu anda memiliki waktu untuk menangani overload pekerjaan mereka. (Tapi jangan mencoba untuk mencuri pelanggan mereka. Word akan keluar, dan akan merusak reputasi bisnis Anda.)
  • Tawaran menjadi pembicara. konferensi industri, relawan organisasi, perpustakaan, dan kelompok-kelompok bisnis lokal seringkali memerlukan speaker untuk pertemuan. Anda akan mendapatkan keuntungan dari nama penghargaan, kontak dan publisitas Anda peroleh dari menjadi pembicara di acara ini.
  • Jika produk atau layanan yang sesuai, berikan demonstrasi untuk kelompok atau individu mungkin tertarik. Atau, mengajar orang lain bagaimana menggunakan beberapa alat yang Anda gunakan dalam pekerjaan Anda.
  • Menempatkan video dari produk atau layanan di YouTube dan situs video-sharing dan slide-sharing lainnya.
  • Menawarkan konseling bisnis gratis, dan beberapa dapat menempatkan Anda berhubungan dengan instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar yang membeli dari usaha kecil 
  • Mengirimkan surat penjualan untuk setiap orang yang Anda pikir mungkin dapat menggunakan apa yang Anda jual. Pastikan untuk menggambarkan bisnis Anda dalam hal bagaimana dapat membantu prospek. Belajar untuk menjatuhkan kartu nama di setiap surat yang Anda kirim keluar. Menindaklanjuti berkala dengan surat kartu pos.
  • Jika Anda menggunakan mobil atau truk dalam bisnis Anda cetak nama bisnis Anda dan informasi kontak profesional dicat pada sisi kendaraan. Dengan cara itu berarti Anda transportasi menjadi kendaraan untuk iklan bisnis Anda. Jika Anda tidak ingin nama bisnis dicat di kendaraan, pertimbangkan untuk menggunakan tanda-tanda magnetik.
  • Belajarlah untuk meminta arahan. Meminta pelanggan yang ada, prospek dan kenalan. Ketika Anda mendapatkan mereka, menindaklanjuti lead.
  • Gunakan orang lain untuk menjual produk atau jasa Anda. Alih-alih (atau di samping) menjual produk Anda sendiri, mencari afiliasi, reseller atau orang-orang yang akan menghasilkan lead untuk Anda dengan imbalan komisi penjualan. Pastikan struktur harga Anda memungkinkan untuk biaya atau komisi Anda akan harus membayar pada setiap penjualan yang dibuat.
  • Jalankan kontes. Membuat hadiah sesuatu yang diinginkan dan terkait dengan bisnis Anda
  • Uji membeli Pay Per Click (PPC) iklan di mesin pencari.
  • Siapkan proposal yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
  • Sediakan contoh produk gratisan.
  • Sediakan kesempatan pada calon pelanggan, untuk melihat-lihat proses produksi.
  • Sposori cara amal.
  • Kemas brosur, daftar harga, daftar harga dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk pelanggan.
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan dengan mengirimkan kartu ulang tahun, Lebaran, Natal, atau Tahun Baru.
  • Manfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi.
  • Cari calon pelanggan di pameran-pameran.
  • Rancang kaos dengan logo dan nama perusahaan.
  • Buat souvenir dengan logo perusahaan, kalender, mug, topi, memo, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu