Skip to main content

Apa itu Dana Darurat? Mengapa Itu Penting?

Dana Darurat! Pentingkah ? Dana darurat adalah sejumlah uang yang dicadangkan dan dialokasikan terpisah untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat dan tidak terencana. Memang kita sebagai manusia tidak dapat memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu mulai sekarang siapkan diri dan hal-hal yang diperlukan untuk menjaga masa depan anda berjalan sesuai rencana. Misalnya dana darurat yang kadang tidak pernah terpikirkan sejak sekarang, sehingga ketika terjadi kejadian diluar perkiraan dan tak terduga barulah menyesal. Dana darurat mempunyai fungsi manajemen risiko terhadap seluruh risiko yang dapat terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Dana darurat adalah alokasi dana yang seharusnya menjadi salah satu tujuan finansial dasar setiap orang. Dana darurat bukan dana investasi atau dana pendidikan. Masing-masing harus dibuat terpisah. Semua orang butuh untuk memiliki dana darurat, tua atau muda, penghasilan tinggi atau rendah, lajang atau menikah. Kesuksesan anda dalam memiliki dana darurat tergantung kepada seberapa konsisten anda untuk menyisihkan penghasilan secara rutin dan kemampuan anda untuk tidak tergoda menggunakan dana itu untuk keperluan non-darurat.

Dengan dana darurat yang telah sebelumnya dipersiapkan, jika suatu hari tiba-tiba ada pemutus hubungan kerja (PHK), keluarga sakit keras yang mengharus biaya banyak. Dana tersebut bisa menanggung biaya hidup sementara mencari pekerjaan baru. Dana darurat ini harus dipisahkan pada rekening tersendiri dan pada dasarnya tidak boleh digunakan jika memang tidak ada kebutuhan yang mendesak. Besaran dana darurat untuk tiap orang tentunya berbeda-beda sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing.

Berikut adalah beberapa fungsi dari dana darurat;
  • Sakit dan Kecelakaan
Mungkin saat masih muda, tubuh juga masih fit dan jarang sakit. Dan bisa menjaga agar kondisi selalu sehat dan prima. Tapi tetap saja, penyakit dan kecelakaan tidak ada yang bisa menduga. Mengingat biaya rumah sakit tentu tiap waktu pasti berubah, dan paling sering makin mahal. Maka dengan dana darurat itu anda bisa membiayai semua tanpa harus takut kekurangan uang.

  • Kehilangan Pekerjaan
Bisa saja saat ini status pekerjaan anda sangat bagus. Tapi, masa depan tidak ada yang bisa memprediksikan. Apakah jabatan dan posisi anda sekarang bisa tetap bertahan hingga beberapa tahun ke depan? Bisa saja perusahaan bangkrut atau di PHK. Bukannya bermaksud menakut-nakuti, loh. Tapi kita harus selalu bersiap dengan kemungkinan terburuk, kan? Dana darurat harus ada untuk hal satu ini, paling tidak Anda sudah memiliki dana cukup untuk menghidupi diri dan keluarga selama beberapa waktu atau bulan hingga kembali mendapat pekerjaan. 

  • Memperbaiki Barang, Aset atau Rumah
Bisa saja mobil, rumah atau properti anda mengalami kerusakan oleh hal yang tak terduga. Misalnya rumah hancur karena bencana alam, peralatan teknologi seperti kulkas, tv, ac, laptop rusak dimana harus segera diperbaiki demi mendukung kegiatan sehari-hari. Jadi, dana darurat itu bisa dipergunakan tanpa harus berpikir keras untuk mencari pinjaman. 

Kebutuhan Dana Darurat setiap individu atau keluarga berbeda-beda tergantung dari kondisi perorangan atau keluarga tersebut. Dana Darurat sebaiknya ditempatkan pada produk keuangan yang bisa dengan mudah dan cepat diambil serta aman. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu