Skip to main content

7 Cara Menghadapi Kegagalan Ala Bos Starbuck, Howard Schultz

Setiap orang pastinya pernah menghadapi masalah dan mengalami kegagalan. Apa yang membedakan seorang yang pemenang dan seorang pecundang? Ya, perbedaan keduanya terletak pada cara mereka menghadapi masalah dan kegagalan tersebut. Seorang pemenang tentu tidak mencari kambing hitam dan berani mengambil langkah-langkah perbaikan.

Howard Mark Schultz adalah seorang pebisnis dan penulis asal Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai ketua dan CEO Starbucks dan mantan pemilik Seattle SuperSonics. Tahukah Anda, ternyata Starbuck juga pernah mengalami permasalahan keuangan dan kondisi keuangannya terpuruk. Howard Schultz CEO Starbuck menunjuk Jim Donald untuk menggantikan dirinya sebagai CEO. Namun keputusan tersebut, bukanlah keputusan yang benar. Starbuck di bawah Jim Donald, belum mampu lepas dari masalah keuangan dan bahkan terperosok makin dalam. Akhirnya Howard Schultz mengambil alih kembali kursi CEO Starbuck dan merubahnya menjadi perusahaan yang menguntungkan.

Bagaimana cara Howard Schultz menghadapi kegagalan?
  1. Jangan menyalahkan orang lain dan diri sendiri. Jangan cari siapa yang salah, siapa yang benar karena hal tersebut membuang waktu dan dapat menyebabkan kita kehilangan arah. Menurutnya semua sudah terjadi dan tidak penting mencari siapa yang salah. Alih-alih cari siapa yang salah, segeralah cari bagaimana solusinya.
  2. Fokus pada solusi, cari tahu penyebab kegagalan. Fokuskan segala resources (pikiran, tenaga dan perhatian) pada solusi. Cari jalan yang terbaik bagaimana agar bisa bangkit kembali dalam waktu yang cepat.
  3. Tetap berorientasi pada visi dan misi awal. Gagal adalah sebuah peringatan, untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Visi dan misi menjadi tujuan utama dan cari cara untuk mewujudkannya.
  4. Berinovasi dan lakukan hal-hal yang pernah dilakukan agar bisa kembali bangkit. Singkirkan hal-hal yang menjadi penghalang dan penghambat. Buatlah perubahan yang besar. Starbuck harus melakukan banyak perubahan untuk bisa bangkit dari 16 bulan krisis keuangan.
  5. Jangan pernah takut gagal, terlebih jika Anda pernah gagal. Ketakutan bukanlah alasan untuk berhenti berusaha. Terus bergerak, tetap melangkah dan memiliki optimisme.
  6. Selalu jujur pada diri sendiri, karyawan, pelanggan dan semua orang. Usaha apa pun membutuhkan rasa percaya. Kejujuran adalah modal utama untuk mendapatkan rasa percaya.
  7. Ikuti perubahan yang terjadi karena dunia di sekitar kita akan terus mengalami perubahan. Kalau kita tidak bisa ikut, kita akan tertinggal. Perubahan merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya kegagalan dan tetap cara terbaik pula yang bisa digunakan ketika kita ingin bangkit setelah mengalami kegagalan.

Terkadang, Kegagalan itu Perlu untuk …
Menurut Anda, apakah seseorang perlu mengalami sebuah kegagalan? Ternyata ujian, masalah dan kegagalan ada untuk meningkatkan kemampuan kita dan meningkatkan pengalaman kita. Kegagalan juga berarti Anda sudah berusaha untuk mencoba melakukan sesuatu. 
Banyak kegagalan dalam kehidupan yang dialami oleh orang-orang, yang tidak menyadari bahwa sebenarnya keberhasilan mereka sudah sangat dekat disaat mereka memutuskan untuk menyerah.Thomas Edison
Oleh sebab itu segera bangkit dari kegagalan, dan buatlah pilihan yang lebih baik untuk masa depan Anda.

Referensi
  • Monica Anggen, Erlita Pratiwi. 2016. 99 Perbedaan Cara Mengelola Waktu Miliarder Vs Orang Biasa. Jakarta: Grasindo.
  • Finansialku.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa Arti Pedagang ? Ketegori, Jenis Pedagang dan Ciri-Ciri Pedagang

Pedagang adalah orang atau badan yang melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa dipasar. Di dalam aktivitas perdagangan, Pedagang adalah orang atau instusi yang memperjualbelikan produk atau barang, kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam ekonomi, pedagang dibedakan menurut jalur distribusi yang dilakukan dapat dibedakan menjadi : pedagang distributor (tunggal), pedagang partai besar, dan pedagang eceran.  Sedangkan pengertian pedagang secara etimologi adalah orang yang berdagang atau bisa disebut juga saudagar. Pedagang ialah orang yang melakukan perdagangan, memperjual belikan produk atau barang yang tidak diproduksi sendiri untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan penggunaan dan pengelolaan pendapatan yang diperoleh dari hasil perdagangan, pedagang dapat dikelompokan menjadi : Pedagang profesonal yaitu pedagang yang menggunakan aktivitas perdagangan merupakan pendapatan/sumber utasa dana satu-satunya begi ekonomi keluarga. Pedagang...