Skip to main content

Apa Manfaat dari Sosial Media Marketing?

Sosial media marketing adalah suatu proses atau suatu tindakan pemasaran melalui situs web media sosial seperti Facebook, Twitter dan You Tube dan lain-lain. Saat ini media sosial marketing dapat terhubung dan berinteraksi dengan orang-orang/ penonton yang bersifat pribad atau lebih luas. Sehingga platform ini menjadi tempat berkumpulnya antara pebisnis dan konsumen. Konsumen pun bahkan banyak menggunakan media sosial dalam mencari informasi tentang sebuah produk. Jadi manfaatnya begitu banyak bagi banyak orang. Jika digunakan untuk hal positif, jejaring sosial sangat banyak memberikan keuntungan bagi pemakainya. Terlebih bagi bisnis yang ingin meningkatkan penjualan. Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.

Ada begitu banyak manfaat dari pemasaran media sosial. Berikut adalah empat manfaat utama dari media sosial marketing :
    Apa Manfaat dari Sosial Media Marketing?
  • Beberapa penelitian menyimpulkan 89% dari pemasar mengatakan bahwa media sosial seperti Twitter, Facebook dan You Tube menghasilkan Eksposur bisnis yang lebih bagi semua orang di dunia ini
  • Anda harus setuju bahwa 69% dari pemasar banyak menggunakan media sosial untuk mengumpulkan informasi  dari pasar itu.
  • Salah satu hal besar adalah bahwa 62% dari pemasar yang menggunakan media sosial selama lebih dari 2 tahun melaporkan kenaikan dalam peringkat mesin pencari
  • Bahwa 63% dari bisnis dengan 10 Karyawan atau kurang melaporkan bahwa media sosial seperti facebook dan twitter telah mengurangi biaya pemasaran.
Tambahan....
  • Sosial Media Untuk Menambah pengetahuan
  • Sosial Media Merupakan Cara Yang Mudah Untuk Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda
  • Lebih Dekat Dengan Konsumen Melalui Sosial Media
  • Sosial Media Meningkatkan Brand Awareness Dan Promosi Dengan Biaya Yang Minim
Hasil Studi Sosial Media dan Bisnis 
Menurut studi di ExpertMarket banyak bisnis yang tidak mengerti apa yang harus dipost di sosial media. Sementara 71% konsumen mengatakan mengikuti sosial media untuk info promosi/diskon dan 66% lainnya mengaku untuk mendapatkan udpate produk terbaru. Sementara hampir setengah dari konsumen terhubung dengan sosial media brand untuk berkomunikasi dengan customer service. 
Sedangkan online review dari konsumen masih memegang peran penting dalam penjualan. Dengan 61% konsumen yang mengaku bahwa review atau testimonial disebuah website sangat mempengaruhi keputusan berbelanja mereka. (dikutip dari progresstech.co.id)
Baca Juga : Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Efektif

Jadi, anda tidak perlu ragu untuk fokus menggunakan jejaring sosial untuk meningkatkan pemasaran usaha anda. Karena dibandingkan marketing yang lain, cara ini juga sudah terbukti dapat membantu pebisnis yang baru dalam mempromosikan produk atau jasanya. 

Sumber by Miesornop

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...