Sosial media marketing adalah suatu proses atau suatu tindakan pemasaran melalui situs web media sosial seperti Facebook, Twitter dan You Tube dan lain-lain. Saat ini media sosial marketing dapat terhubung dan berinteraksi dengan orang-orang/ penonton yang bersifat pribad atau lebih luas. Sehingga platform ini menjadi tempat berkumpulnya antara pebisnis dan konsumen. Konsumen pun bahkan banyak menggunakan media sosial dalam mencari informasi tentang sebuah produk. Jadi manfaatnya begitu banyak bagi banyak orang. Jika digunakan untuk hal positif, jejaring sosial sangat banyak memberikan keuntungan bagi pemakainya. Terlebih bagi bisnis yang ingin meningkatkan penjualan. Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.
Ada begitu banyak manfaat dari pemasaran media sosial. Berikut adalah empat manfaat utama dari media sosial marketing :
- Beberapa penelitian menyimpulkan 89% dari pemasar mengatakan bahwa media sosial seperti Twitter, Facebook dan You Tube menghasilkan Eksposur bisnis yang lebih bagi semua orang di dunia ini

- Anda harus setuju bahwa 69% dari pemasar banyak menggunakan media sosial untuk mengumpulkan informasi dari pasar itu.
- Salah satu hal besar adalah bahwa 62% dari pemasar yang menggunakan media sosial selama lebih dari 2 tahun melaporkan kenaikan dalam peringkat mesin pencari
- Bahwa 63% dari bisnis dengan 10 Karyawan atau kurang melaporkan bahwa media sosial seperti facebook dan twitter telah mengurangi biaya pemasaran.
Tambahan....
- Sosial Media Untuk Menambah pengetahuan
- Sosial Media Merupakan Cara Yang Mudah Untuk Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda
- Lebih Dekat Dengan Konsumen Melalui Sosial Media
- Sosial Media Meningkatkan Brand Awareness Dan Promosi Dengan Biaya Yang Minim
Hasil Studi Sosial Media dan Bisnis
Menurut studi di ExpertMarket banyak bisnis yang tidak mengerti apa yang harus dipost di sosial media. Sementara 71% konsumen mengatakan mengikuti sosial media untuk info promosi/diskon dan 66% lainnya mengaku untuk mendapatkan udpate produk terbaru. Sementara hampir setengah dari konsumen terhubung dengan sosial media brand untuk berkomunikasi dengan customer service.
Sedangkan online review dari konsumen masih memegang peran penting dalam penjualan. Dengan 61% konsumen yang mengaku bahwa review atau testimonial disebuah website sangat mempengaruhi keputusan berbelanja mereka. (dikutip dari progresstech.co.id)Baca Juga : Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Efektif
Jadi, anda tidak perlu ragu untuk fokus menggunakan jejaring sosial untuk meningkatkan pemasaran usaha anda. Karena dibandingkan marketing yang lain, cara ini juga sudah terbukti dapat membantu pebisnis yang baru dalam mempromosikan produk atau jasanya.
Sumber by Miesornop
Comments
Post a Comment