Setiap perusahaan perlu inovasi untuk bertahan hidup. Tapi saat mereka tumbuh lebih besar, muncul ide-ide baru dan proses tangkas cenderung menemukan ekspresi kurang. Dalam rangka untuk memanfaatkan peluang inovasi, perusahaan perlu untuk memanfaatkan aset yang tersedia mereka dengan cepat dan efektif. Manajemen senior nelakukan sesuatu hal untuk mengambil tanggung jawab untuk menjadi transformasi berorientasi dan memungkinkan pemimpin melakukan inovasi untuk berkembang. Memang setiap perusahaan harus punya jadwal untuk inovasi agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Jika tidak ada inovasi, maka jangan heran jika perusahaan anda cepat mengalami kebangkrutan. Perusahaan yang inovatif selalu melakukan perbaikan, perubahan dan menciptakan produk dan layanan yang baru. Sebuah perusahaan akan selalu memikirkan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kreatif dan inovatif adalah suatu kemampuan untuk memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang produktif sehingga memberikan nilai ekonomis.
Sebuah perusahaan untuk berhasil harus kompetitif. Daya saing dan inovasi yang terkait erat, jadi dari setiap kepentingan perusahaan untuk menjadi inovatif. Berinovasi atau mati adalah ungkapan yang sangat terkenal diterapkan pada dunia bisnis.
Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif.
Sebuah perusahaan untuk berhasil harus kompetitif. Daya saing dan inovasi yang terkait erat, jadi dari setiap kepentingan perusahaan untuk menjadi inovatif. Berinovasi atau mati adalah ungkapan yang sangat terkenal diterapkan pada dunia bisnis.
Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif.
Definisi Inovasi menurut Para Ahli
- Everett M. Rogers (1983), Mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.
Inovasi mempunyai 4 (empat) ciri yaitu :
- Stephen Robbins (1994), Mendefinisikan, inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.
- Memiliki kekhasan / khusus artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.
- Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.
- Program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak tergesa-gesa, namun keg-inovasi dipersiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
- Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. (Sumber by definisimu.blogspot.co.id)
Berikut adalah lima bahan penting bahwa manajemen senior harus digunakan untuk membantu proyek-proyek inovasi mereka berhasil. Ketika diimplementasikan bersama-sama, lima bahan ini dapat menggabungkan untuk mempromosikan inovasi perusahaan yang berharga, terlepas dari kondisi yang bekerja terhadap keberhasilan pemimpin inovasi dalam kebanyakan perusahaan besar.
- Membebaskan para pemimpin inovasi dari persyaratan khusus.
Sementara pertemuan strategis perencanaan, riset pasar yang komprehensif, peta jalan produk rinci, perkiraan triwulan dan rencana bisnis terkenal tiga tahun semua memiliki tempat mereka di dunia usaha, kegiatan dan indikator kinerja utama yang terkait (KPI), sangat dapat membatasi inovasi.
Manajemen senior harus membebaskan pemimpin inovasi mereka dari banyak kebutuhan bisnis seperti biasa dan memungkinkan mereka untuk membentuk metodologi mereka sendiri, lebih cocok untuk pelaksanaan ide yang cepat dan iterasi. Menurut definisi, ide-ide inovatif belum tahu persis apa produk atau pasar akan terlihat seperti setengah-a-tahun kemudian, apalagi tiga tahun di jalan
- Memberi penghargaan risiko dan tidak menghukum kesalahan.
Membuka jalan bagi inovasi internal untuk menghasilkan produk komersial yang sukses dan pendapatan berkesinambungan adalah semua tentang langkah-langkah kecil, eksperimentasi dan iterasi. Setiap percobaan memberikan wawasan baru dari fitur produk yang paling berharga atau cara yang tepat untuk pergi ke pasar. Setiap percobaan menghadapi ketidakpastian dan mewujudkan risiko. Satu-satunya orang tidak membuat kesalahan adalah orang-orang tidak mengambil risiko.
Perusahaan besar cenderung toleran terhadap kesalahan. Mempromosikan inovasi berarti membiarkan para pemimpin inovasi untuk bereksperimen, mengambil risiko dan, ya, membuat kesalahan. Ketika berinovasi, kesalahan tidak kegagalan - mereka adalah sumber informasi penting tentang bagaimana untuk meningkatkan. manajemen perusahaan harus mengakomodasi kegagalan antara inovator dan bahkan mungkin hadiah itu. Dalam jangka panjang, ini benar-benar satu-satunya jalan untuk berhasil membangun program inovasi ke baris baru yang berkelanjutan dari bisnis.
- Mendukung dan melindungi dari dalam.
Pastikan bahwa para pemimpin inovasi adalah orang-orang yang relatif tak kenal takut dan tangguh yang tahu bagaimana untuk menyelesaikan sesuatu (bahkan ketika tidak ada konsensus dan lain-lain mungkin membuat amarah), dan cocok dengan pemimpin program inovasi dengan sponsor-tingkat eksekutif yang dapat menjalankan gangguan dan halus hal lebih dengan orang lain - mereka membuat aliansi, berjuang untuk konsensus dan berusaha keras untuk menyenangkan atasan mereka dan orang lain dalam organisasi.
Sponsor eksekutif ini harus memiliki kekuatan untuk melindungi pemimpin inovasi dengan menyediakan program inovasi dengan segel "kepentingan perusahaan," membangun "pulau kebebasan" dan mencoba untuk mengurangi konflik sebelum mereka muncul.
- Membuka Akses Ke Aset Perusahaan
Perusahaan memiliki aset startup yang tak cocok, termasuk akumulasi pengetahuan , teknologi, merek, hubungan dan rute-ke-pasar. kekayaan intelektual ini adalah tambang emas untuk program inovasi perusahaan.
Sayangnya, didirikan aset perusahaan cenderung terkotak, kadang-kadang dengan pemilik bersaing melihat keluar untuk rumput mereka sendiri dan ragu-ragu untuk bebas berbagi dengan unit lain dalam organisasi. Ini bisa menjadi hambatan yang besar untuk program inovasi yang sukses.
Usaha tidak demokrasi; manajemen senior harus memainkan peran penting dalam menyeimbangkan kebutuhan yang sah dari pemilik aset dan orang-orang dari para pemimpin inovasi. Mereka harus menyampaikan kepada semua manajer yang relevan prioritas yang diberikan kepada program inovasi dan bahkan menyediakan celah yang memungkinkan para pemimpin inovasi untuk menghindari birokrasi tertentu yang kalau tidak akan menghalangi akses mereka ke aset utama.
- Cepat membuka jalan kepada pelanggan.
para pemimpin inovasi harus berusaha untuk cepat mendapatkan pelanggan pertama mereka, yang akan memberikan nilai yang tak tertandingi - umpan balik produk, model bisnis validasi dan pendapatan awal.
Namun, akses ke pelanggan perusahaan yang ada sering diblokir oleh tenaga penjualan. tim penjualan berjuang untuk mencapai kuota mereka sendiri, dengan fokus pada hasil jangka pendek yang mungkin tampak terancam oleh orang lain mencoba untuk menjual kepada pelanggan mereka.
Sekali lagi, manajemen senior adalah solusinya. Luar menekankan pentingnya kerja sama, manajemen bahkan dapat mempertimbangkan sebagian menghubungkan komisi penjualan ke KPI pendapatan program inovasi ini.
Comments
Post a Comment