Skip to main content

5 tips memulai bisnis sebelum usia 25 tahun

Tips berwirausaha kebanyakan dilontarakan oleh para pengusaha senior yang sudah  lama berada di dunia bisnis. Meski tips dari pengusaha senior cukup membantu, tetapi tips dari pengusaha muda yang sukses juga sebenarnya tidak kalah menarik bahkan cenderung lebih dekat dengan kehidupan zaman modern saat ini.

Seperti halnya, tips berikut ini yang akan diberikan oleh pengusaha muda Richard Zelson. Richard Zelson merupakan founder dan CEO  RMZD yang memiliki aplikasi MyStream, sebuah aplikasi ponsel yang memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan musik secara bersamaan dengan orang-orang ada di sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa tips dari Zelson untuk memulai bisnis sebelum Anda usia 25 tahun.
  • Memilih pekerjaan yang tepat setelah lulus
Kebanyakan orang milih pekerjaan di industry perbankan ketika baru lulus dari pendidikannya. Namun,  Zelson melakukan hal yang bertolak belakang, ia justru memilih sebuah perusahaanreal estat kecil yang dapat membantunya menyiapkan karir yang sukses. Karena menurutnya perusahaan tersebut menyediakan dasar-dasar yang diperlukan untuk menjadi pengusaha.   

5 tips memulai bisnis sebelum usia 25 tahunMenurut Zelson, bekerja di perusahaan real estat kecil adalah salah satu kesempatan terbaik dalam hidupnya. Karena ia bisa belajar seluk-beluk menjalankan bisnis kecil, dan pengalaman tersebut membantunya  mengubah ide yang dimilikinya menjadi fungsi produk dan bisnis yang berkelanjutan

  • Menyelerasakan kepentingan semua orang
Zelson menjelaskan bahwa penting baginya untuk menciptakan lingkungan kerja dengan struktur komunikasi terbuka dimana kepentingan semua orang sama. Cara ini membuat setiap orang bekerja berdasarkan tugasnya masing-masing untuk mencapai tujuan akhir yang sama, dan mendukung keberhasilan perusahaan.

  • Pengalaman berharga di bisnis pertama
Menurut Zelson, pengusaha muda yang masih pemula harus mempersiapkan diri untuk mengambil tawaran yang tidak ideal. Jarang sekali seorang pengusaha bisa langsung sukses dengan usaha pertamanya untuk itu jadikan pengalaman yang Anda dapat dari usaha pertama sebagai aset berharga untuk dijadikan sebuah ide bisnis di masa depan.

  • Pengetahuan seputar bisnis Anda
Zelson percaya bahwa sebelum mendatangi investor atau pemilik modal sangat penting bagi pengusaha muda mengetahui segala sesuatu yang tentang produknya sendiri dan industri yang dimasukinya. Kemudian Anda juga harus memikirkan setiap pertanyaan yang mungkin diajukan investror, dan miliki jawaban yang tepat untuk masing-masing pertanyaan tersebut.  Hal ini berlaku untuk ide bisnis maupun orang-orang yang terlibat di dalam bisnis tersebut.

  • Dikelilingi orang-orang terbaik dibidangnya
Hal ini diperlukan untuk mengumpulkan sebuah tim yang memiliki kekuatan maksimal untuk menutupi kekurangan dari pengusaha. Zelson mengatakan bahwa keberhasilan perusahaan bergantung pada kemampuan dan profesionalisme dari keseluruhan tim. Sebab jika Anda membuat sebuah tim yang lemah, maka Anda memiliki produk yang lemah, tetapi jika Anda memiliki tim yang luar biasa, maka potensi Anda menjadi tidak terbatas.

Sumber Artikel : ayowaralaba

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu