Skip to main content

Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

Waralaba merupakan sistem distribusi produk dengan merk yang sudah diberikan secara hak kepada suatu perusahaan atau individu sehingga barang atau jassa yang diperjual belikannya sudah masuk ke dalam daftar brand yang diangkat. Misalnya saja, usaha waralaba kentang goreng KFC, usaha waralaba kebab Turki, dan lain sebagainya. 

Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan pemberi waralaba dan penerima waralaba.

  • Pemberi waralaba (franchisor) adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
  • Penerima waralaba (franchisee), adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
Untuk menjalankan bisnis waralaba dengan modal kecil, Anda memerlukan uang atau modal minimal sebesar 10 juta dampai 1 miliar rupiah, bergantung pada jenis waralabanya dan kesepakatan antara Anda dengan pihak pemilik brand waralaba.

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu diperhatikan saat Anda memilih untuk melakukan usaha atau bisnis waralaba :
  • Lakukan perencanaan terhadap bisnis yang akan dijalankan agar bisa sesuai dengan target dan tujuan bisnis Anda. Rencana bisnis yang dibuat ini harus memenuhi apa yang dikatakan sukses oleh diri Anda sendiri atau bahkan oleh orang lain.
  • Targetkan jumlah penjualan per jangka waktu pendek serta per jangka waktu panjang agar Anda bisa mengetahui seberapa besar Ada mengalami kemajuan dalam bisnis ini.
  • Lakukan praktik berbisnis waralaba ini bersama orang yang memang benar-benar Anda percayai karena berbisnis dengan orang yang tidak dikenal akan lebih memberikan kemungkinan atau risiko kerugian yang besar dibandingkan dengan melakukannya bersama pihak lain yang dipercaya.
  • Jika bisnis ini sudah terlihat akan sukses, maka Anda juga bisa melakukan perluasan jaringan agar usaha Anda bisa lebih dikenal oleh masyarakat atau bahkan bisa memperoleh keuntungan yang berlipat. Jika bisnis waralaba yang dijalankan ini sudah lumayan terkenal dan berkembang dengan sangat baik, pertahankan kualitas barang atau produk yang dijual agar pelanggan tetap setia terhadap bisnis Anda.
Sumber Artikel : Ayopreneur.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu