Skip to main content

6 Cara Meningkatkan Daya Tarik Blog Bisnis Anda

Jutaan blog beredar di internet. Sebagian nampak sangat hidup dan ramai pembaca, namun tak sedikit pula yang begitu sepi dengan pengunjung hanya numpang lewat. Padahal, sebagai sebuah aplikasi yang didominasi tulisan, tolak ukur berkualitas atau tidaknya blog dilihat dari tingkat pembacanya.

"Kita harus sepakat dulu bahwa”pembaca” dalam tulisan ini merujuk pada pengunjung yang membaca isi blog, sementara “pengunjung” bisa jadi hanya sekadar visit/numpang lewat.

Neil Patel (seorang entrepreneur dan analytics expert asal Amerika Serikat yang populer dengan website KISSmetrics, Crazy Egg, dan QuickSprout) melakukan analisis terhadap seberapa jauh pengunjung menyusuri halaman sebuah blog (scroll down). Hasil analisisnya menunjukkan “hanya 40 % pengunjung yang benar-benar membaca postingan blog”. Jadi, sekalipun tingkat pengunjung blog tercatat tinggi, kita tidak bisa menyimpulkan bahwa blog tersebut berhasil. Memang benar pengunjung banyak, tapi apakah postingan kita dibaca dengan baik dan informasi yang ingin kita sampaikan diterima dengan benar? Jika pengunjung numpang lewat saja, tentu blog kita tak jauh beda dengan zebra cross.

Informasi penting di atas membuat saya berusaha mencari tahu bagaimana caranya menggiring pengunjung dari sekadar numpang lewat menjadi pembaca setia. Saya pun menemukan formulasi menarik dari Neil Patel dan ingin saya bagikan untuk kita semua. Formulasi ini saya modifikasi agar lebih mudah dimengerti dan diterapkan untuk siapa saja yang ingin blognya semakin hidup. Ketiga formulasi ini harus dilakukan secara utuh saling menyokong agar mampu menciptakan blog yang akan dibaca semua orang (terutama target market Anda)

Formulasi 1: Meningkatkan Daya Tarik Blog Anda

Agar pengunjung blog terdorong untuk membaca setiap artikelnya, kita harus meningkatkan daya tarik blog terlebih dahulu. Buat pengunjung ingin membuka artikel yang ada di dalamnya lalu membacanya dari awal sampai akhir. Berikut adalah 6 cara untuk mewujudkannya:

  • 1. Menambah font size dan spacing
Coba perhatikan blog-blog bagus yang populer. Tampilan tulisannya pasti sangat lega, bersih, dan mudah dibaca. Memperbesar font size blog menjadi 8-11 poin membuat tampilan lebih ringan dan enak dibaca. Font size 11 poin terbukti meningkatkan average time on site hingga 27 detik. Spacing ditambah untuk menampilkan kesan lebih lega.

  • 2. Gunakan headings, bullets, lists, dan block quotes
Tulisan panjang tanpa jeda/pemisah sama dengan bunuh diri. Untuk mendandaninya, manfaatkanlah headings, bullets, list, dan block quotes. Setiap membuat 1 artikel, kategorikan ke dalam beberapa subjudul. Jika ingin menjelaskan langkah atau daftar, tampilkan dengan bullets dan lists agar tidak nampak overload dalam satu paragraf. Sisipkan pula block quotes untuk hal penting yang ingin ditekankan.

  • 3. Berinteraksi dengan pembaca
Berinteraksi dengan pembaca bisa dimulai dari konten artikel itu sendiri. Gunakan kata sapaan : “saya”, “Anda”, “kamu”, dan “kita” dalam tulisan. Perlakukan pembaca seperti teman mengobrol. Dengan begitu, kemungkinan pembaca untuk merespon melalui kolom komentar akan semakin tinggi.

  • 4. Tiga gambar paling ideal
Kehadiran gambar sangat membantu menambah daya tarik tulisan dan menjadi ilustrasi yang memudahkan penjelasan; asal gambarnya tidak lebih dari tiga. Analisis Neil Patel mendapati bahwa 1 postingan blog yang berisi lebih dari 3 gambar memiliki kemungkinan untuk seluruhnya dibaca “15% lebih rendah” daripada yang memuat maksimal 3 gambar. Kalaupun ingin menggunakan lebih dari 3 gambar, pastikan gambar tersebut bisa menambah daya tarik dan menjelaskan isi tulisan dengan baik.

  • 5. Satu postingan maksimal 1.500 kata
Kita tidak sedang menulis sebuah buku. Pembaca di internet pun tidak meluangkan waktu panjang untuk membaca sebuah tulisan. Oleh karena itu, biasakan membuat satu tulisan maksimal 1.500 kata. Straight to the point and keep it simple short!

  • 6. Simpulan di akhir tulisan
Kesimpulan penting, terutama bagi pembaca yang mungkin tidak memiliki waktu banyak membaca 1 tulisan penuh. Selain itu, kesimpulan mengarahkan pembaca untuk langsung scroll down membaca kesimpulan – merasa tertarik – lalu memutuskan untuk membaca keseluruhan tulisan dari awal.

Sumber Artikel : startupbisnis

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu