Skip to main content

Inilah 10 Hal Penting Diperlukan Untuk Menjadi Sukses dalam Bisnis

Banyak orang bermimpi untuk memulai atau membuka usaha mereka sendiri tetapi tidak pernah melakukannya karena mereka sudah dihantui oleh kegagalan. Itulah memang satu ketakutan utama dari setiap orang jika ada keinginan besar memulai sebuah bisnis. Walaupun dengan modal kecil. Hal ini diketahui 9 dari 10 usaha akan gagal dalam 5 tahun pertama memulai bisnis. 

Jadi, sehingga muncullah sebuah pertanyaan disetiap pikiran orang: "Mengapa begitu banyak orang memulai usaha dan kemudian begitu cepat gagal"

Hal ini mungkin karena kurangnya pengalaman, kurangnya uang tunai, pengetahuan atau keterampiran yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan yang dibuka tersebut. Jadi, mari kita bahas secara detail apa yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam bisnis.
  • 1) Misi
Hal yang penting bagi bisnis adalah misi; banyak orang memulai bisnis hanya untuk membuat uang. Hanya untuk membuat uang bukanlah misi yang kuat. Uang saja tidak memberikan api yang cukup, dorongan, atau keinginan untuk menjalankan usaha.

Satu harus mempunyai misi yang kuat dan jelas untuk bisnis, misinya sebagai mengarahkan langkah organisasi itu, menguraikan tujuan keseluruhannya, memberikan jalan, dan apalagi membantu untuk membuat keputusan. Ini harus menyediakan "kerangka atau konteks di mana strategi perusahaan dirumuskan. Ketika sebuah usaha mendapatkan hasil besar dan melupakannya, atau misi itu diciptakan untuk tidak lagi diperlukan, bisnis akan mulai mati.

  • 2) Leadership (Kepemimpinan)
Anda harus memiliki kualitas kepemimpinan untuk menjalankan usaha. Peran seorang pemimpin adalah kombinasi dari visioner, pemandu sorak (pemberi semangat) dan bos.

Sebagai seorang visioner, pemimpin harus menjaga atau fokusnya pada misi perusahaan. Sebagai pemandu sorak, ia harus bisa menginspirasi tim untuk bisa bekerja bersama menuju misi serta pemberita keberhasilan sepanjang jalan. Sebagai bos, ia harus mampu mengambil keputusan yang sulit mengenai isu-isu yang mengalihkan perhatian tim dari pencapaian misi. Kemampuan unik untuk mengambil tindakan tegas dengan tetap menjaga fokus pada misi utamanya adalah apa yang mendefinisikan seorang pemimpin sejati. Dengan misis  yang tepat, tim, dan pemimpin akan sama-sama membangun bisnis yang kuat.

  • 3) Team
Untuk sukses, usaha harus memiliki keahlian yang tepat dibidang utama. Artinya, seorang individu bagian dari bisnis dalam setiap divisi sebaiknya punya keahlian itu. Mungkin, seorang individu tidak memiliki keahlian di setiap area kerja sehingga dia membutuhkan sekelompok orang untuk merumuskan bisnis yang sukses. 

Anggota tim yang luas biasa dengan tingkat keahlian yang baik akan membawa keberhasilan perusahaan. Pilihlah anggota tim terbaik untuk membawa keberhasilan menggemparkan.

  • 4) Pengelolaan Cash Flow (uang masuk dan uang keluar)
Pengelolaan arus kas adalah keterampian mendasar dan penting jika seseorang benar-benar ingin sukses dalam bisnis. Arus kas adalah seperti darah dalam tubuh manusia. Tidak ada yang dapat mempengaruhi bisnis lebih dramatis daripada tidak membuat gaji pada akhir bulan.

Seorang menajer keuangan yang baik mereview kondisi dana tunainya setiap hari. Melihat sumber kas dan kebutuhan untuk minggu depan, bulan, dan triwulan. Hal ini memungkinkan dia untuk merencanakan kebutuhan kas yang besar sebelum menjadi krisis uang tunai.

Pengelolaan arus kas adalah proses yang berkesinambungan banyak orang yang tidak boleh kehilangan arah ketika perusahaan tumbuh atau menjadi sukses. Ini adalah penyebab utama kegagalan bisnis. Pengelolaan kas yang tepat sangat penting untuk keberhasilan terus-menerus dari bisnis apa pun. (Baca Juga : Bagaimana Mengelola Arus Kas (Cash Flow) Bisnis Rumahan)

  • 5) Manajemen Komunikasi
Salah satu titik penting untuk bisnis yang sukses adalah manajemen komunikasi. Berkomunikasi dengan lebih banyak orang, akan meningkatkan kemungkinan membangun basis pelanggan yang lebih besar. Bukan berarti sebagai bos menghindari banyak orang. Karena orang-orang tersebutlah yang akan membantu anda secara tidak langsung membesarkan organisasi anda. Kebanyakan komunikasi diarahkan kepada komunikasi eksternal, tetapi komunikasi internal sebuah bisnis juga sangat penting. 

Beberapa contong masing-masing adalah :

bisnis sukses, pengusaha sukses indonesia, pengusaha muda indonesiaKomunikasi eksternal
  • penjualan
  • Pemasaran
  • Pelayanan pelanggan
  • untuk investor
  • Hubungan Masyarakat
Komunikasi Internal
  • Berbagi kemenangan dan keberhasilan dengan seluruh tim Anda
  • Pertemuan rutin dengan karyawan
  • Komunikasi rutin dengan penasihat
  • Kebijakan Sumber Daya Manusia
Menjadi komunikator yang baik untuk menjadi pengusaha yang baik.

  • 6) Manajemen Manusia
Mengelola orang secara efektif untuk melepaskan potensi penuh mereka dan memungkinkan mereka untuk berhasil adalah yang paling penting, dan paling sulit, dari pekerjaan pengusaha. Anda harus memimpin, memotivasi, menginspirasi, dan mendorong mereka. Kadang-kadang anda harus mempekerjakan, menyala, disiplin atau mengevaluasi karyawan. 

Ingat untuk bisnis apa pun, Investasi modal utama adalah investasi pada orang ."modal manusia"

  • 7) Manajemen Sistem
Setiap bisnis, baik besar atau kecil, perlu memiliki sistem di tempat untuk memungkinkan melakukan aktifitasnya sehari-hari. Bahkan pemilik tunggal harus memakai topi yang berbeda untuk melakukan usahanya. Pada dasarnya, pemilik tunggal adalah semua sistem dalam satu. Untuk setiap bisnis untuk tumbuh, individu harus bertanggung jawab untuk masing-masing sistem dan pemilik/direktur umum harus bertanggung jawab untuk memastikan semua sistem beroperasi dengan kapasitas tertinggi mereka.

Sistem yang dibutuhkan oleh setiap bisnis : 
  • Operasi kantor sehari-hari
  • Pengembangan produk
  • Inventaris
  • Proses pemesanan
  • penagihan
  • rekening
  • Pemasaran
  • Sumber daya manusia

  • 8) Manajemen Hukum
Agar sukses dalam bisnis kita harus mengetahui aspek hukum bisnis. Hal ini diperlukan untuk melindungi bisnis anda dari masalah hukum yang mungkin terjadi. Masalah hukum dapat muncul di hampir setiap aspek bisnis sehingga anda harus tahu hukum atau anda harus memiliki ahli untuk membantu anda.

Beberapa daerah hukum di mana Anda harus fokus pada adalah: -
  • Hukum konsumen
  • UU Ketenagakerjaan
  • Hukum pajak
  • Kepatuhan terhadap peraturan
  • Melindungi Kekayaan intelektual

  • 9) Manajemen Produk
Produk perusahaan, yang pada akhirnya pelanggan membeli dari bisnis ini, juga aspek penting untuk bisnis yang sukses. Ini bisa menjadi barang yang nyata seperti kain atau item berwujud seperti jasa konsultasi. Manajemen produk adalah untuk menjaga pasar (pelanggan) dan terus memodifikasi produk sesuai kebutuhan pelanggan. Jadi manajemen produk diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan keuntungan & kesuksesan.

  • 10) Market (Pemasaran) 
Keberhasilan bisnis anda tergantung pada pasar di mana anda benar-benar menjual produk atau jasa. Jika anda menjual produk di mana tidak ada cukup permintaan (pembeli) itu sama saja anda mencoba untuk berenang tanpa air. Jadi, pengetahuan pasar adalah sama pentingnya untuk keberhasilan bisnis. 

Kami berharap informasi yang diberikan disini dapat membantu anda, membangun perusahaan. Jika bukan pengusaha, sebarkanlah informasi penting ini bagi yang membutuhkan melalui sosial media dibawah ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu