Skip to main content

10 Rencana Yang Harus Dimiliki Setiap Bisnis

Apapun yang mungkin dikatakan orang lain, rencana bisnis tidak boleh hanya sebuah karya fiksi. Pada akhir ini, tidak akan ada yang memberi pinjaman pada rencana usaha yang hanya impian saja. Berikut, adalah sepuluh yang mungkin bisa anda gunakan saat menulis atau menulis ulang rencana bisnis anda:
  • Visi - Apa yang membuat bisnis itu menarik dan benar-benar tak tertahankan untuk pelanggan, pemasok dan yang paling penting untuk anda
  • Latar Belakang - Apa yang terjadi pada anda dan dunia sekitar untuk membuat usaha ini merupakan tindakan yang benar
  • Tujuan - Kesuksesan akan terlihat seperti pada omset, laba, nomor pelanggan
  • Tim - Orang yang berada di tim anda dan bagaimana mereka sempurna untuk pekerjaan itu.
  • Produk - Apa yang akan dijual dan bagaimana produk atau jasa anda akan berkembang dalam menanggapi umpan balik dari pelanggan/perubahan pasar
  • Persaingan - Bagaimana anda akan berbeda dengan yang diluar sana. Perbedaan sangat penting, tanpa mengetahui mereka tidak akan berhasil
  • Pemasaran - Bagaimana anda akan mengkomunikasikan manfaat yang ditawarkan kepada mereka yang  anda cari sebagai pelanggan
  • Pendanaan - Bagaimana anda akan membayar semua itu dan apa yang akan didapatkan investor jika ada.
  • Pengukuran - Anda perlu mencari waktu untuk memeriksa atau mengukur kinerna perusahaan
  • Perencanaan Masa Depan- Anda perlu melakukan perencanaan ketika saatnya keluar atau menjual kepada orang. Apakah memberikan kepada anak-anak anda?

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa Arti Pedagang ? Ketegori, Jenis Pedagang dan Ciri-Ciri Pedagang

Pedagang adalah orang atau badan yang melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa dipasar. Di dalam aktivitas perdagangan, Pedagang adalah orang atau instusi yang memperjualbelikan produk atau barang, kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam ekonomi, pedagang dibedakan menurut jalur distribusi yang dilakukan dapat dibedakan menjadi : pedagang distributor (tunggal), pedagang partai besar, dan pedagang eceran.  Sedangkan pengertian pedagang secara etimologi adalah orang yang berdagang atau bisa disebut juga saudagar. Pedagang ialah orang yang melakukan perdagangan, memperjual belikan produk atau barang yang tidak diproduksi sendiri untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan penggunaan dan pengelolaan pendapatan yang diperoleh dari hasil perdagangan, pedagang dapat dikelompokan menjadi : Pedagang profesonal yaitu pedagang yang menggunakan aktivitas perdagangan merupakan pendapatan/sumber utasa dana satu-satunya begi ekonomi keluarga. Pedagang...