Skip to main content

Tiga Laporan Keuangan Penting Untuk Bisnis

Memulai usaha kecil yang baru? Anda mungkin didorong oleh nafsu, gairah dan komitmen untuk impian anda tersebut. Pengusaha memiliki kemampuan luar biasa untuk mengubah ide-ide dan keahlian mereka ke dalam meraih ide bisnis.

Tapi bagaimana dengan uang? Hanya karena pemilik usaha kecil memiliki ide yang bagus atau pengalaman di bidang mereka itu tidak menjamin cerdas dalam bidang keuangan. Menentukan keuangan yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses selama bertahun-tahun yang akan datang adalah salah satu bagian yang paling menantang dibandingkan saat memulai.

Tapi sementara keuangan usaha kecil yang menantang, bukan berarti tidak mungkin diatasi. Buku bisnis kecil, kursus, mentor dan kesempatan pelatihan lainnya yang tersedia begitu mudah karena melek finansial bagi pengusaha sangat penting bagi keberhasilan bisnis jangka panjang.

Jadi sebelum anda menyelam terlalu jauh ke dalam mimpi bisnis anda, anda perlu meninjau tiga kunci penting dalam keuangan yang harus anda tahu dengan baik dalam rangka untuk menjalankan bisnis anda. Bahkan jika anda sudah menjalankan bisnis kecil anda selama bertahun-tahun, luangkan waktu anda beberapa saat untuk meninjau laporan keuangan yang sangat penting untuk usaha anda.
  • Neraca Keuangan
Neraca keuangan anda akan memberitahu dimana bisnis anda berdiri saat ini. Lembar ini akan memberitahu semua aset seperti hal-hal yang bisa dijual, seperti peralatan atau kenderaan dan kewajiban seperti hutang pembayaran sewa dan menampilkan kekayaan bersih anda. NERACA adalah suatu bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi dimana menunjukkan posisi atas keuangan perusahaan atau entitas bisnis tersebut pada akhir periode akuntansi tersebut yang bisa menjadi dasar dalam menghasilkan keputusan bisnis.

Perhatikan Neraca tersebut untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil untuk memberikan dampak positif di masa depan bisnis anda. Anda kemudian dapat membuat proyeksi neraca untuk mengatur dan bekerja menuju tujuan keuangan anda.
Tiga Laporan Keuangan Penting Untuk Bisnis



  • Cash Flow (Arus Kas)
Sebuah laporan arus kas untuk melacak kas masuk dan keluar dari bisnis anda. Kas sangat penting untuk menjaga bisnis tetap berdiri dan memprediksi dana yang masuk , setiap kekurangan uang tunai berarti bisnis anda dengan cepat bisa jatuh pada masa-masa sulit. Sebuah laporan arus kas membantu anda berjaga-jaga untuk setiap saldo rendah yang mengkhawatirkan pada akhir bulan atau periode akuntasi lainnya

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola arus kas anda, anda bisa memperlajarinya secara gratis, atau bisa mengambilnya dari contoh-contoh arus kas perusahaan lainnya.
  • Laba Rugi
Laporan laba rugi akan membantu anda melihat pendapatan, biaya, dan garis bawah untuk jangka waktu tertentu yang membantu anda memperkirakan keuntungan di masa depan.

Dengan memeriksa laba dan rugi, anda akan dapat menentukan pilihan untuk meningkatkan keuntungan anda, mungkin dengan menaikkan harga, mengurangi biaya, atau mengambil langkah-langkah lain untuk memastikan kesehatan keuangan dari bisnis anda.

Lembar kerja satu tahu laba rugi dapat membantu anda merencanakan realistis untuk sukses jangka panjang. Jika kebutuhan bisnis anda di luar pembiayaan, anda mungkin perlu menyiapkan proyeksi laba rugi sampai tiga tahun untuk membuktikan bahwa anda memiliki rencana pertumbuhan dalam pikiran. Ingat bahwa semakin lama anda membuat proyeksi, semakin besar kemungkinan hasil anda akan bervariasi.

Laporan keuangan dapat membingungkan dan frustasi, tetapi dengan sedikit waktu dan praktek,itu dapat membantu membimbing bisnis Anda melalui startup dan banyak fase pertumbuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu