Skip to main content

5 Cara Powerfull Membangun Kredibilitas Sebagai Pengusaha

Kredibilitas Pengusaha - Sebagai seorang pengusaha, salah satu hal yang paling penting adalah harus fokus dalam membangun kredibilitas anda. Baik itu secara online atau offline, mempunyai kredibilitas sangat penting untuk peluang bisnis baru, kontak, dan pengalaman bisnis anda secara keseluruhan. Ada beberapa banyak cara untuk membangun kepercayaan anda sebagai wirausaha. 

Menjadi pengusaha berarti harus siap memimpin. Kredibilitas pemimpin adalah kualitas, atau ketekunan untuk menimbulkan kepercayaan. Kepercayaan itu pada umumnya datang dari pihak tertentu melalui kesaksian, testimonial, pengalaman, pembuktian dll, tapi semuanya haruslah kompeten dan berkualitas. Sehingga keberhasilan seseorang dalam bisnis berbanding lurus seberapa cepat dan baik anda membangun kredibilitas dengan pelanggan, investor, maupun rekan kerja anda. 

Salah satu pendorong kesuksesan seorang entrepreneur adalah kredibilitas. Bagi Wirausahawan, kredibilitas akan melahirkan kekuatan. Tahukah anda tiga pilar pembentuk kredibilitas adalah kejujuran, kecakapan, dan kreativitas. Karena ketiganya adalah investasi yang mahal, dan merupakan urat nadi dari sebuah proses bisnis, maka jangan pernah menyepelekannya dan terus bertahan dengan hal itu.

Berikut adalah 5 cara yang bagus untuk memulainya:
  • 1) Hanya Memberikan Nilai (Value)
Ketika mencoba untuk membangun tingkat kepercayaan anda, memberikan nilai adalah suatu keharusan. Jika kamu bekerja pada penyediaan nilai saja, orang akan dapat mencotoh pekerjaan anda dan merekomendasikan anda, semakin anda direkomendasikan, maka kredibilitas anda semakin meningkat.

Salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan nilai yang anda berikan adalah dengan melihat dari dekat tempat kerja kamu dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini :

Apakah ini yang terbaik?
  • Bagaimana ini bisa diperbaiki?
  • Jika saya konsumen akankah saya puas dengan ini?
  • Agar tidak menjadi bias, anda dapat meminta teman untuk memberikan pendapatnya dengan jujur tentang produk atau jasa anda, apakah mereka puas dengan kualitas ditawarkan. Jika tidak, makan anda harus bekerja untuk meningkatkannya.

  • 2) Memberikan Dukungan Pelanggan Luar Biasa
Banyak cara lain untuk memastikan kredibilias untuk bisnis anda, adalah dengan memastikan bisnis anda memiliki sistem dukungan pelanggan yang sangat baik ditempat.

Bahkan jika produk anda adalah yang terbaik, dukungan pelanggan yang buruk akhirnya akan menyebabkan pelanggan menyebarkan pandangan negatif tentang usaha anda dan itu akan menghancurkan kredibilitas anda dengan cepat. Salah satu cara adalah membuat Call Center. 

  • 3) Jadilah Disemua Tempat 
Salah satu cara bagus untuk dengan mudah menyebarkan berita tentang bisnis anda adalah menjadi bagian dari orang-orang itu (pendengar, pembaca). Orang menyebarkan berita, dan anda memanfaatkan kekuatan mereka untuk mempromosikan bisnis anda. Sebuah cara yang sangat efektif untuk membuat orang menyebarkan berita tentang bisnis anda adalah dengan menjadi salah satu dari mereka atau berada diantara yang membaca berita tersebut. Cobalah hadir di semua situs jejaring sosial besar dan selalu berinteraksi dengan semua orang. Banyak cara lain untuk memanfaatkan kekuatan orang yaitu dengan menjadi dimana-mana. Jika anda adalah seorang pengusaha online, coba untuk posting tamu atau berkomentar di tempat sebanyak yang anda bisa. Jika orang melihat anda dimana-mana, mereka akan ingin tahu lebih banyak tentang anda.

  • 4) Jujur Tentang Diri Anda Sebenarnya
Jadilah hal yang sebenarnya, tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain. Jaman sekarang para pelanggan akan cenderung menghargai jika menunjukkan diri sebagai individu daripada sebagai perwakilan. Mereka akan semakin percaya, ditambah lagi jika masalah yang mereka hadapi dapat anda selesaikan. Maka tanpa anda minta, pelanggan anda akan merekomendasikan perusahaanmu ke masyarakat yang lain.

  • 5) Menjadi Pengusaha yang Memberikan Solusi dan Memiliki Wawasan 
Kredibilitas datang dari kemampuan anda untuk mengumpulkan masalah dan memberikan solusi. Jangan malah meninggalkan pertanyaan yang membingungkan bagi pelanggan. Tinggalkan jawaban atas segala keluhan kostumer anda.

Tentu juga disertai dengan wawasan luas saat melakukan percakapan dengan klien dan kostumer. Hal itu secara otomatis akan membangun kredibilitas anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa Arti Pedagang ? Ketegori, Jenis Pedagang dan Ciri-Ciri Pedagang

Pedagang adalah orang atau badan yang melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa dipasar. Di dalam aktivitas perdagangan, Pedagang adalah orang atau instusi yang memperjualbelikan produk atau barang, kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam ekonomi, pedagang dibedakan menurut jalur distribusi yang dilakukan dapat dibedakan menjadi : pedagang distributor (tunggal), pedagang partai besar, dan pedagang eceran.  Sedangkan pengertian pedagang secara etimologi adalah orang yang berdagang atau bisa disebut juga saudagar. Pedagang ialah orang yang melakukan perdagangan, memperjual belikan produk atau barang yang tidak diproduksi sendiri untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan penggunaan dan pengelolaan pendapatan yang diperoleh dari hasil perdagangan, pedagang dapat dikelompokan menjadi : Pedagang profesonal yaitu pedagang yang menggunakan aktivitas perdagangan merupakan pendapatan/sumber utasa dana satu-satunya begi ekonomi keluarga. Pedagang...