Skip to main content

5 Cara Kreatif Memotivasi Karyawan Untuk Lebih Produktivitas

Motivasi Bisnis - Kebahagiaan karyawan itu penting. Beberapa survei menunjukkan kebahagiaan di tempat kerja membuat orang lebih produktif - sekitar 12 % mereka akan lebih produktiv, pada saat itu. Google sendiri telah menginvestasikan lebih banyak uang demi membuat para karyawannya bahagia dalam bekerja, dan kepuasan pegawainya telah meningkat sebesar 37%. Intinya adalah orang melakukan lebih baik ketika mereka bahagia.

Menjaga pegawai anda termotivasi adalah bagian penting dari bisnis yang sukses. Membayar karyawan dengan upah yang adil adalah memulai, tapi itu tidak cukup. Ada Faktor-faktor lain termasuk : hubungan baik antara karyawan, pekerjaan yang baik/ keseimbangan hidup, kepuasan dengan pekerjaan, dan pengakuan atas pekerjaan yang dilakukan. 
Pengertian Produktivitas Menurut :
  • Produktivitas kerja adalah kemampuan menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak daripada ukuran biasa yang telah umum. (The Liang Gie,1981 : 3). 
  • Produktivitas berarti kemampuan menghasilkan sesuatu. Sedangkan kerja berarti kegiatan melakukan sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah mata pencahrian (Poerwadarminta, 1984 : 70)
  • Pengertian produktivitas pada dasarnya mencakup sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan di hari lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari baik dari hari ini (Sinungan, 1985 : 12)
  • J. Ravianto, dalam bukunya “Produktivitas dan Manajemen“, mengemukakan pengertian produktivitas sebagai berikut :”Produktivitas mengandung arti pengertian perbandingan antara hasil yang ingin dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan 

Baca Juga : BOS : Inilah 9 Cara Meningkatkan Kepuasan Karyawan


Ada dua macam alat pengukuran produktivitas, yaitu :
  • Physical productivity, yaitu produktivitas secara kuantitatif seperti ukuran (size), panjang, berat, banyaknya unit, waktu, dan biaya tenaga kerja.
  • Value productivity, yaitu ukuran produktivitas dengan menggunakan nilai uang yang dinyatakan dalam rupiah, yen, dollar dan seterusnya.
  • (Ravianto, 1986 : 21).
Berikut adalah enam cara untuk menjaga karyawan anda bahagia dan memotivasi mereka menuju produktivitas yang lebih baik:
  • Membuat Karyawan Mengenal Tempat Mereka (Tempat Bekerja)
Karyawan anda harus tahu di mana mereka cocok dengan gambar yang lebih besar, dan bagaimana mereka memainkan peran di skema besar. Metrik dan analisis dapat memberikan karyawan anda bukti nyata dari seberapa baik mereka dan mendapatkan pekerjaan  mereka. Misalnya, menciptakan lingkungan gamified dapat membantu pekerja anda mengukur prestasi mereka, dalam kaitannya dengan perusahaan dan dalam hubungannya dengan rekan-rekan mereka. 
Gamifikasi adalah penggunaan dari teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Biasanya gamifikasi berlaku untuk non-game aplikasi dan proses, untuk mendorong orang untuk mengadopsi mereka, atau untuk mempengaruhi bagaimana mereka digunakan
Gamification dalam lingkungan tim dapat lebih efektif daripada mengadu karyawan terhadap satu sama lain dalam permanan. Jika anda menggunakan tantangan individu, penting untuk menjadi benar-benar transparan tentang semua keunggulan , untuk menjaga semua karyawan pada halaman yang sama. Hal ini dapat mengembangkan biakkan kemarahan dan kebencian jika pegawai percaya ada satu atau sekelompok kecil orang-orang yang berada pada keuntungan (merasa diungtungkan). 

Baca Juga : Cara Mengelola Karyawan Bermasalah Pada Usaha Kecil anda
5 Cara Kreatif Memotivasi Karyawan Untuk Lebih Produktivitas

  • Redesign Kantor Anda
Jika anda memiliki cukup anggaran, pertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan di sekitar kantor dalam hal dekorasi dan perabot. Penelitian telah menunjukkan bahwa warna pada dinding kantor untuk cahaya alami yang tersedia, untuk furniture yang digunakan dapat mempengaruhi produktivitas.

Menurut sebuah studi tahun 2011, warna merah pada dinding kantor dapat menyebabkan masalah dengan fokus. Ini tidak hanya meningkatkan kecepatan reaksi, tetapi juga kekuatan, di tingkat dimana kebanyakan orang tidak menyadarinya. Pada awalnya, ini bisa tampak seperti hal yang baik, tetapi biasanya ini menyebabkan gangguan dan khawatir, yang dapat menguras sumber daya mental yang lebih cepat. Penelitian lain mengungkapkan menggunakan approachcould serba putih membuat kantor merasa lebih seperti sebuah rumah sakit, yang terasa lebih menakutkan, yang tidak ideal untuk produktivitas. Alih-alih untuk berani dan cerah, lebih baik memilih untuk sesuatu yang lebih halus dan tenang. Warna lembut yang tidak keras pada mata sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. 

Jika lukisan kantor bukanlah pilihan, memanfaatkan warna dimanapun bisa, termasuk biru dan hijau di mana mungkin, karena warna-warna ini sangat menenangkan.

Jika memungkinkan, biarkan cahaya alami masuk, Setidaknya, mengubah bola lampu kantor menggunakan sinar matahari. Studi menunjukkan orang-orang yang bekerja di kantor dengan jendela 173% lebih banyak eksposur cahaya putih selama jam kerja, dan sebagai akibat tidur rata-rata 46 menit per malam dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantor tanpa jendela. Mereka yang bekerja di kantor-kantor tanpa jendela melaporkan skor lebih rendah pada ukuran kualitas hidup, dan hasil yang buruk dengan efisiensi dan kualitas tidur. 

Berinvestasi di furniture ergonomis. Hal ini dikombinasikan dengan penggunaan efektif dari ruang dapat menyebahkan peningkatkan produktivitas hingga 64 % menurut beberapa penelitian.

Baca Juga : 3 Cara Cari Karyawan Terbaik dan Tepat Untuk Bisnis Kecil Anda

  • Berolahraga 
Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mendorong karyawan untuk berolahraga saat istirahat  sepanjang hari, ada peningkatan 25% dalam produktivitas secara keseluruhan. Dengan memberikan daftar latihan kecil dan mudah dilakukan di meja atau di kantor - atau berjalan beberapa putaran di sekitar meja.

  • Menambahkan Tanaman
Tambahkan beberapa tanaman di sekitar kantor, dan mendorong karyawan untuk membawa tanaman mereka sendiri untuk kantor mereka atau bilik. Studi menunjukkan bahwa menambahkan kehijau-hijauan sedikit di kantor dapat membantu penurunan stress sementara 12% meningkatkan produktivitas. Plants bekerja untuk memurnikan udara di kantor.

  • Liburan Unlimited
Hal ini belum tentu langkah yang tepat untuk perusahaan anda, tetapi banyak teknologi membuatnya bekerja. Tapi jika tidak bisa unlimited, cobalah setidaknya sekali dalam sebulan untuk membuat  orang yang bekerja pada anda punya kesempatan recharge otaknya agar fresh. Perusahaan seperti Netflix, Twitter, Prezi, InsightSquared, dan The Motley Fool, semua menawarkan "unlimited" kebijakan liburan. Tentu saja karyawan tidak bisa mengambil off setengah tahun dan tetap membayar mereka. Peneitian menunjukkan semakin seseorang terus bekerja, mereka menjadi kurang produktif. 

Karyawan bahagia merupakan yang produktif, tapi cobalah untuk tidak membuat terlalu banyak perubahan sekaligus. Ini bisa membuat pegawai anda untuk menangani begitu banyak perubahan yang berbeda dalam proses dan kebijakan. Cobalah mengatur pertemuan dengan semua orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang perubahan apa yang ingin mereka lihat, dan kemudian melakukan yang terbaik untuk membuat mereka bekerja.

Baca Juga : Terlengkap Inilah 21 Tips Untuk Berbisnis Yang Sukses
Kemudian Bambang Kusriyanto mengemukakan bahwa peningkatan produktivitas karyawan dapat dilihat dalam empat bentuk:
  • Pengurangan sumber dana untuk memperoleh jumlah produksi yang sama.
  • Pengurangan sumber daya sekedarnya untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih besar.
  • Penggunaan jumlah sumber daya yang sama untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih besar.
  • Penggunaan jumlah sumber daya yang lebih besar untuk memperoleh jumlah produksi yang jauh lebih besar lagi.
Faustino Cardoso Gomes (1997:160) dalam bukunya mengemukakan bahwa produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor : 
  • Knowledge 
  • Skill 
  • Abilities 
  • Attitudes 
  • Behaviour    

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu