Skip to main content

3 Tips Melayani Costumer Dengan Baik Harus Diikuti

Costumer ServicePelayanan Pelanggan yang baik adalah salah satu fondasi terkuat untuk bisnis. Konsumen dapat memberitahu pada anda tetang perusahaan favorit mereka hanya didasarkan dari pengalaman mereka sendiri dengan departemen pelayanan pelanggan. Namun, itu jika anda tahu bagaimana memberikan pengalaman pelayanan pada pembeli dengan baik, mereka akan dengan senang hati menyebarkan berita tentang produk dan jasa anda. Berikut adalah tips layanan pelanggan yang akan menunjukkan kepada anda bagaimana untuk sampai kesana :
  • Memahami Darimana Pelanggan Anda Datang
Anda ingin tahu apa tentang pengalaman pelanggan. Dari mana anda berdiri, mungkin tampak seolah-olah transaksi bisnis telah selesai dengan sempurna. Namun, pelanggan mungkin merasa berbeda. Setelah anda telah meminta pertanyaan yang tepat dan mendengarkan keluhan pelanggan anda, anda perlu untuk meringkas apa yang telah mereka katakan dan memberikan solusi atas masalah tersebut. Hal ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa anda memahami masalah itu.

  • Mendengarkan dan Membaca dengan Baik
Beberapa bisnis bisa terperosok akibat kegiatan sehari-hari dan melewatkan langkah penting yang tampak kecil pada saat itu. Ketika seorang pelanggan menulis untuk departemen anda dan menjelas keluhan/pertanyaan, penting agar anda mencerna semua yang dikatakan pelanggan. Jangan menganggap anda sudah tahu atas pertanyaan mereka sebelum anda membaca keluhan mereka. Bersabar dan empati untuk keprihatinan mereka.
3 Tips Melayani Costumer Dengan Baik Harus Diikuti

  • Gunakan Bahasa Yang Dimengerti Pelanggan
Sangat mudah untuk mendapatkan jargon perusahaan. Sebelum berbicara dengan pelanggan, pastikan anda memeriksa bahasa yang dipakai atau mereka mengerti. Berbicaralah dalam hal yang jelas dan ringkas. Tanyakan apakah pelanggan anda membutuhkan anda untuk menjelaskan tentang yang mereka tanya sebelumnya atau ada pertanyaan lain jika mereka tampaknya tidak paham.

Ketika anda tahu bagaimana menangani setiap pelanggan dengan baik, maka akan lebih mudah untuk menangani beberapa pertanyaan sekaligus tanpa masalah. Memberikan setiap konsumen waktu dan perhatian yang layak akan membuatnya lebih mungkin bahwa mereka akan kembali ke perusahaa anda lagi. Ini tidak akan lama sebelum mereka berbicara tentang bisnis anda kepada teman dan keluarga mereka. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...