Skip to main content

11 Karakteristik Utama Yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses

Entrepreneur - Sebagai seorang pengusaha, kamu tentu memiliki banyak kebebasan dan memilih jalan ini adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat. Semuanya dilakukan pada waktu anda sendiri,dimana yang kamu inginkan dan bagaimana anda menginginkannya. Terlepas dari semua proses seseorang sukses membuka usaha, tentu ada hal-hal dan faktor-faktor dasar yang ada dalam dirinya mereka sehingga sesulit apa pun rintangan menghadang bisnisnya, mereka tetap bisa fokus dan jalan terus. Terutama karakterisitik yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut, yang dibentuk tidak muda. Iya, walau ada beberpa karakter yang terbentu secara alami. 

Meskipun gaya hidup wirausaha besar, ada 5 karakteristik semua pengusaha sukses yang harus terus dipertahankan. 
  • 1) Mereka Menyelesaikan dengan Cepat
Salah satu karakteristik yang paling penting dari seorang wirausaha adalah tidak pernah mau membuang-buang waktu - tidak pernah menunda apa yang dapat dicapai hari ini untuk besok. Pengusaha sukses jangan menunda-nunda karena mereka tahu itu selalu bagus untuk mendapatkan sesuatu yang lebih cepat. Perasaan terbaik adalah ketika anda menyelesaikan tugas-tugas dari daftar yang akan dikerjakan. Orang-orang yang paling produktif adalah orang-orang yang selalu memanfaatkan waktu luang untuk mempersiapkan tugas yag ada dengan waktu diberikan. Pastikan bahwa anda merencanakan ke depan dan fokus pda apa yang penting.

Apakah anda memiliki ide bisnis? Saatnya memulai...

  • 2) Mereka adalah Orang yang Percaya pada Diri Sendiri
Karena setiap keberhasilan bisnis berkisar disekitar pengambilan risiko, wirausaha sukses selalu siap untuk mengambil risiko ketika datang ke bisnis mereka. Ketika mencoba untuk berhasil dan mencapai ketinggian yang lebih besar sebagai pengusaha, itu selalu dianjurkan untuk tidak menghindari resiko usaha. Investasi terbaik dan paling menguntungkan membutuhkan paling berisiko.

  • 3) Mereka Efektif Mengelola Uang Mereka
Banyak pengusaha saat ini bahkan tidak berpikir dua kali sebelum mekaukan apa-apa, dan sering melupakan bagaimana untuk menginvestasikan uang mereka dengan baik.

Sebagai wirausaha sangat penting untuk secara efektif mengelola uang anda dan rencana untuk masa depan. Anda harus ingat untuk menjaga persentase. Menghabiskan uang sering memerlukan risiko, tetapi tidak menghabiskan uang jika risiko melebihi kemungkinan kembali. 

  • 4) Jaringan
Karakteristik besar lain wirausaha sukses adalah bahwa mereka selalu memiliki jaringan dengan satu sama lain. Pengusaha sukses telah menyadari kekuatan bekerja sama dan mereka selalu bekerjasama satu sama lain untuk mendapatkan hasil yang bagus untuk bisnis mereka. Siapa pun dapat memberikan saran terbaik bagi anda. Jangan takut untuk memulai percakapan dengan seseorang yang memiliki pengalaman lebih dari kamu.

Ketika mencoba untuk berhasil sebagai wirausaha, jangan pernah melakukannya sendiri dan mencoba untuk menemukan orang lain di bidang anda. Brainstorming ide-ide secara bersama-sama, saling mendukung dan saling belajar.

  • 5) Mereka Beradaptasi dengan Perubahan
Banyak pengusa atas pada setiap waktu selalu beradaptasi dengan perubahan, khususnya dalam hal teknologi baru. Semuanya mengalami peningkatan hari demi hari dan sangat penting untuk tidak hanya mengharapkan hal-hal yang tak penting.

Beradaptasi dengan perubahan sangat penting dan dapat menyebabkan terobosan besar dari bisnis anda. Apakah anda seorang pengusaha yang tidak punya bisnis onlie? Mengapa tidak mengambil keuntungan dari khalayak luas melalui internet dan memperluas usaha kamu.

Menjadi wirausaha sukses bukanlah tugas yang mudah. Jika anda secara konsisten mendapatkan sesuatu yang dilakukan sejak dini, tetap yakin bahkan ketika waktu yang sulit, mengelola uang anda dengan bijaksana, jaringan dengan orang lain dan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan baru dan menemukan hala-hal yang lebih mudah.

  • 6. Merencanakan Segala Sesuatu
Yakinlah, hanya sedikit orang yang memulai usahanya berhasil tanpa rencana atau kebetulan. Tindakan perencanaan bisnis sangat penting karena mengharuskan anda untuk menganalisa setiap situasi bisnis terlebih dahulu, melakukan penelitian, pengolahan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan pada fakta – fakta yang terungkap melalui penelitian.

  • 7. Kreatif dalam Penjualan
Mereka tak pernah puas jika hanya melakukan penjualan dengan satu model, walaupun itu memberikan laba. Pengusaha sukses terus melakukan inovasi dan kreatif dalam promosi. Bahkan walau sudah menjadi bos, dia tetap ikut turun tangan merangkap sebagai seorang sales dan ikut menuangkan ide-ide unik dalam dirinya. 

  • 8. Tidak Pernah Lupa pada Pelanggan
Mereka tidak pernah lupa pada pelanggan, walaupun itu pelanggan yang sudah lama. Bagi pengusaha sukses pelanggan adalah rasa dalam usaha anda. Mereka selalu ingat bahwa tanpa kostumer perusahaannya tidak akan pernah besar. Setelah itu semua pelanggan anda adalah orang – orang yang memutuskan apakah pada akhirnya produk anda akan mencapai sukses atau malah rugi. Karena segala sesuatu yang anda lakukan pada usaha adalah fokus pada pelanggan.

  • 9. Selalu Bergairah pada Setiap Apa yang Dilakukan

Anda memulai usaha selalu penuh dengan gairah, mencintai apa yang anda lakukan apa bisnis. Walaupun itu sebuah masalah yang mungkin suatu ketika dapat menghancurkan bisnis anda. Tidak pernah mengeluh sekalipun setiap hari bekerja dengan tantangan yang berat. 

  • 10. Kemauan Untuk Terus Belajar
Pengusaha tidak pernah puas dengan ilmu yang dimilikinya. Bahkan walaupun perusahaannya sudah besar, mereka terus belajar hal-hal yang baru. Selalu ingin tahu, tertarik pada pengetahuan baru, tidak malu bertanya sekalipun bagi bawahannya. Kemauan untuk belajar selalu ada dalam diri seorang wirausahaan.

  • 11. Disiplin 
Seorang pengusaha sukses suka dengan kedisplinan. Mereka selalu tepat waktu, tidak pernah membuang waktu. Setip waktu berharga bagi mereka, walaupun itu hanya setengah jam.

Apa yang kamu pikirkan? Saya harap lima karakteristik pengusaha yang kami paparkan diatas dapat membantu anda menjadi wirausaha yang sukses.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu