Skip to main content

18 Hal Tak Perlu di Khawatirkan Pengusaha Sukses

18 Hal Tak Perlu di Khawatirkan Pengusaha SuksesSemua orang ingin tahu rahasia pengusaha sukses, itulah makanya mengapa kita semua mencari model sebagai inspirasi seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Bob Sadino dan lain-lainnya. Bahkan kita rela membeli buku biografi mereka, atau mengikuti training pengusaha. Pengusaha sukses indonesia juga banyak telah berhasil dan tidak pelit ilmu membagikan tips sukses dan rahasia sukses mereka. Tapi pelajaran terbesar apa yang anda dapatkan dari kisah sukses mereka dan setelah menjadikan mereka sebagai inspirasi? Kita kadang terlalu khawatir tentang hal-hal yang sebenarnya dapat dikendalikan dan mengabaikan yang lain. Kita langsung khawatir sebelum menjalaninya. 
18 Hal Tak Perlu di Khawatirkan Pengusaha Sukses, tips pengusaha sukses, pengusaha muda indonesia
Ada banyak hal yang menghentikan calon pengusaha sukses karena terlalu khawatir oleh beberapa hal yang belum mereka jalani. Berikut adalah 18 dari hal yang tidak perlu di khawatirkan calon pengusaha :
  1. Kegagalan - Pengusaha sukses jangan khawatir tentang gagal. Sebaliknya mereka tahu bahwa setiap kegagalan mengarah ke keberhasilan mereka selanjutnya.
  2. Kesuksesan - Banyak calon pengusaha pemula yang tersandung ketakukan tidak sukses. Pengusaha sukses tahu bahwa apa yang mereka bagi penting. 
  3. Batasan - Banyak orang yang khawatir tentang batasan dari pengusaha sukses. Mereka khawatir atas terbatasnya ilmu atau pengetahuan yang mereka miliki.
  4. Berhenti - Pemilik bisinis yang sukses menyadari bahwa berhenti merokok tidak selalu buruk. Kadang-kadang anda harus rela berhenti demi mengurangi kerugian dan beralih ke ide lain.
  5. Mengisi daya apa yang layak untuk mereka - pengusaha besar tidak pernah khawatir tentang apa yang mereka tetapkan. Mereka tahu bahwa merea telah membuat cukup nilai yang layak bagi mereka. 
  6. Hal-hal yang mungkin salah - Tidak ada ruang dalam pikiran seorang pengusaha sukses untuk berpikir pesimis. Jika ada masalah, mereka menangani hal itu, walau mereka tidak menemukan masalah.
  7. Keseimbangan Hidup - Ini mungkin terdengar kasar, tapi tahap awal kewirausahaan memerluka semua yang kita miliki. Pendiri sukses jangan khawatir tentang hal ini. Mereka menggali dan menyelesaikannya.
  8. Apa yang mereka tidak lakukan minggu lalu - Mungkin minggu lalu tidak 100 persen produktif, tetapi mereka yang sukses jangan khawatir tentang hal itu. Hal itu dapat diganti pada hari selanjutnya. 
  9. Mengikuti Peraturan yang ditetapkan - Jangan khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan. Sebaliknya anda harus bertekad untuk membuat ide menjadi kenyataan.
  10. Menjadi Aman (mencari titik aman) - Pengusaha sukses melihat kehidupan sebagai petualangan. Mereka tidak khawatir tentang menjadi aman atau melakukan hal yang mudah.
  11. Penyesalan - Pengusaha sukses menyadari bahwa kita tidak menyesal dengan hal yang kita lakukan, kita menyesali hal yang tidak dilakukan. Akibatnya, mereka tidak khawatir tentang penyesalan. Mereka lebih fokus merebut setiap kesempatan yang datang.
  12. Apa yang mereka tidak bisa lakukan - Pengusaha sukses tahu mereka tidak dapat melakukan segala sesuatu dan mereka tidak khawatir tentang apa yang mereka tidak bisa lakukan. Mereka mengatasinya dengan menyewa atau mempekerjakan orang untuk menebus/ mengganti kelemahan mereka dan fokus pada kekuatan mereka.
  13. Mengambil kesempatan - Pengusaha sukses demi mencapai tujuan berarti berani mengambil risiko seperti memberikan diri untuk semua orang secara gratis. Berani mengambil kesempatan walaupun harus mengorbankan diri.
  14. Mengapa mereka tidak bisa - Pengusaha pemula jangan khawatir tentang mengapa mereka tidak bisa melakukan sesuatu. Sebaliknya mereka memikirkan cara mengatasi hambatan tersebut dan menemukan bagaimana mereka dapat mencapai tujuan mereka.
  15. Keberhasilan orang lain - Pengusaha sukses menyadari bahwa dunia memiliki ruang untuk banyak ide yang berbeda. Mereka tidak khawatir jika orang lain sudah sukses. Mereka hanya fokus memberikan kontribusinya sendiri kepada dunia.
  16. Kesalahan - Drew Houston, Pendiri dan CEO Dropbox mengatakan "Janan khawatir tentang kegagalan. Anda hanya harus benar sekali". Pengusaha sukses jangan khawatir tentang menjadi salah. Mereka terus mencari bagaimana menjadi benar.
  17. Terbukti Salah - Pengusaha sukses tidak pernah takut untuk menguji asumsi mereka. Mereka lebih peduli dengan melakukan hal yang benar daripada dengan selalu benar.
  18. Membuat Uang jumlah besar - Pengusaha sukses jangan khawatir tentang menjadi kaya. Mereka fokus pada berbagai nilai yang mereka buat dengan orang lain dan mencari kekayaan secara alami.

Itulah 18 hal yang tak perlu dikhawatirkan pengusaha sukses. Semoga beberapa daftar tersebut dapat mendorong anda untuk tak perlu terlalu khawatir ketika memulai sebuah bisnis apalgi belum menjalaninya. Bagaimana menurut anda? Tinggalkan komentar anda diawah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu