Skip to main content

Tips Pengusaha - Pikiran Terbuka Entrepreneur dan Pemilik Bisnis

Pikiran Terbuka Entrepreneur dan Pemilik Bisnis - Entrepreneur dan Pemilik bisnis tentu tidak selamanya mengalami masa sukses dalam menjalankan bisnisnya. Mereka juga pernah mengalami pasang surut sejak memulai bisnisnya. Seorang entrepreneur sangat disarankan agar open mind (pikiran terbuka) terhadap segala saran dan kritik yang datang pada mereka. Sebagai entrepreneur, anda harus open mind menerima ide-ide usaha. Jangan pernah terpaku pada satu ide tunggal saja. Tapi harus berani mencoba ide-ide yang baru. 

Banyak entrepreneur dengan bangga mengatakan bahwa produknya sangat bahus, tempat usahanya bagus(lokasi), karyawan setia dan berdedikasi tinggi. Lalu untuk apa mereka menyebutkan semua itu? Mungkin sebagian dari mereka karena pamer kesuksesan, tetapi ada juga yang menekankan bahwa mereka bekerja sangat keras demi mendapatkan kesuksesan itu. 
Sumber by twicsy
Akan tetapi, jika kita baik anda sebagai pemilik bisnis kecil atau pemilik usaha besar memiliki pikiran terbuka adalah kunci sukses. Mendengar berarti menjaga agar benar-benar diam, berhenti menyombongkan diri dan agar tidak memamerkan kesuksesan.

Banyak pebisnis yang tidak suka mendengar pendapat atau kritikan dari beberapa orang. Kritikan yang jujur yang membuatnya merasa direndahkan. Tanpa berpikir panjang dan mencoba mendengarkan atau membuka pikiran tentang apa yang dikatakan orang tentang usahanya atau tentang peluang usaha yang ingin dijalankan. Bahkan sebelum seseorang tersebut menyelesaikan pembicaraannya, Ia sudah menyela pembicaraan dan dengan sengaja mengubah topik pembicaraan. 

Mereka kadang tidak menyadari. Bahwa mendengar kenyataan memang menyakitkan, akan tetapi pada akhirnya kenyataan itu lah yang akan menyelamatkan bisnisnya. Maka ketika bisnisnya bangkrut atau mengalami sebuah masalah, barulah sadar dan menyesali jika saja mendengarkan saran dari teman atau orang yang memberi saran. Jika saja mendengarkannya, mungkin saja dapat menghindari beberapa masalah mereka. Pola pikiran terbuka pemilik bisnis atas saran dan kritik orang-orang tentu tidak selamanya baik dan buruk. Sehingga kemampuan menganalisa anda sangat diperlukan. Artinya perhatikan orang-orang yang memberikan saran tersebut kepada anda.

Mendengarkan adalah kunci dari menerima kekurangan dan kelebihan. Daripada anda hanya membual tentang kehebatan anda, siapapun akan malas mendengarkannya. Akan lebih baik jika anda membuat sebuah group diskusi untuk saling berbagai pengalaman yang nantinya dapat berguna untuk bisnis anda. Artinya sebelum produk bisnis anda di luncurkan, biarkan orang lain mengetahui dan memberitahu anda apa yang mereka pikirkan tentang ide bisnis (business ideas), peluang bisnis (business opportunities) dan produk anda. 

Pikiran terbuka adalah aktivitas otak terbuka terhadap berbagai ide, pandangan, argumen, data, teori dan kesimpulan. seorang entrepreneur tidak harus berpikir kreatif dan inovatif, tapi juga dibutuhkan pikiran terbuka. Untuk mengetahui sejauh mana pengatahuan bisnisnya dan sejauh mana usahanya berjalan. Dengan saran dan kritik dari banyak orang, kita dapat melihat kebutuhan pasar sesuai dengan bisnis. Pikiran terbuka bisa menjadikan seseorang menjadi inovatif yang dapat menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat. Banyak orang yang selalu merasa tidak memerlukan bantuan orang lain, merasa pengetahuan yang dimilikinya sudah mampu membesarkan dan menjalankan bisnisnya untuk jangka panjang. 

Pikiran terbuka artinya kita dapat menerima ide, saran dan kritikan yang datang dari banyak orang. Terkadang saat bisnis kita diterpa sebuah masalah, peran orang atau saran dari mereka dapat menjadi jawaban dari masalah tersebut. 
Orang yang berpikiran terbuka tak takut terhadap perubahan baru yang terjadi kapan saja dan tidak menutup pikiran untuk terus maju dalam kondisi apapun. Sehingga mereka dapat menjadi kreatif. Pikiran terbuka membantu kita menyelesaikan masalah dengan baik.
Baca Juga :
 Jadi benar bahwa Pikiran Terbuka Entrepreneur dan Pemilik Bisnis sangat penting bagi siapapun untuk dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu