Skip to main content

5 Tips Bisnis Hamzah Izzulhaq Pengusaha Muda 19 Tahun

Hamzah Izzulhaq, demikian nama si pengusaha muda itu, mampu menjadi pengusaha yang cukup sukses di usianya yang ke-19. Bayangkan saja, sementara di berbagai belahan dunia lainnya, anak-anak seusianya masih sibuk mencari jati diri, berfoya-foya, bersenang-senang, seorang Hamzah sudah memimpin dan menjalankan empat bimbingan belajar dengan omzet sekitar 60 juta per bulan.  Dia pun membuka usaha sofa bed yang cukup berkembang dan banyak diminati masyarakat sekarang ini. Omzetnya tidak kalah fantastis! Bisa mencapai 100 hingga 120 juta per  bulan!

Tentu banyak orang akan bilang tidak mungkin remaja usia 19 tahun mempu menjalankan sebuah bisnis, apalgi sampai dua usaha sekaligus. Tapi pada kenyataannya, ada dan mungkin masih banyak pengusaha-pengusaha muda belia di luar sana yang belum terekspos oleh media. Hal ini menjadi satu oase yang menyegarkan di tengah maraknya tingkat hedonisme anak-anak remaja masa kini yang lebih banyak sibuk mengidolakan artis-artis ketimbang membuat diri mereka menjadi idola.

Sosok Hamzah sendiri bukanlah berasal dari keluarga tidak mampu. Ayahnya adalah seorang dosen di Universitas Gunadarma. Beliau berani memberikan kesempatan dan peluang usaha kepada putranya itu karena memang sang dosen melihat Hamzah sangat yakin dan berminat di bidang wirausaha sehingga beliaupun berani membantu memberikan modal usaha padanya. Keinginan dan minat Hamzah berbisnis dimulai sejak ia masih menginjak bangku sekolah dasar. Apapun ia lakukan untuk bisa menambah uang saku jajannya. Dari mengamen sampai menjadi ojek payung. Menjadi tukang parkir pun pernah ia lakoni. Berdagang diawali ketika ia menginjak bangku sekolah menengah pertama.

Hamzah Izzulhaq sempat memberikan beberapa catatan penting dalam pengalamannya berbisnis dan menjalani kehidupannya hingga sukses menjadi pengusaha muda. Ada lima hal yang bisa ia sampaikan kepada para rekan-rekan remajanya pada sebuah acara, yaitu

5 Tips Bisnis Hamzah Izzulhaq Pengusaha Muda 19 TahunPertama, memperbaiki hubungan dan kualitas komunitas atau lingkungan kita. Lingkungan sangat berpengaruh besar dalam membentuk karakter dan perkembangan jiwa kita. Misalnya, ketika kita melontarkan hasrat untuk terjun ke dunia bisnis, maka tidak menutup kemungkinan banyak yang akan bilang “ah, ngapain sih bisnis? nanti aja” “sok tua loh! nikmati hidup aja dulu!”. Nah, jika kita berteman dengan orang-orang yang berpikiran pesimis seperti, ada kemungkinan kita tidak akan maju. Untuk itu pilihlah lingkungan dan komunitas pergaulan yang tepat.

Kedua, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, janganlah memulai dari nol! Maksudnya, kalau istilah tangga, ada tangga 1 sampai 5, maka kita mulailah di tangga yang ke 4 atau ke 5. Misalnya, kita bisa meneruskan suatu usaha yang sudah dirintis oleh orang lain.

Ketiga, Jangan NATO (No Action Talk Only). Ketika kita sudah punya banyak teori, langkah selanjutnya yang paling penting kita lakukan adalah ACTION, bertindak. Lakukan bisnis kita mulai sekarang, tidak ada kata menunda, nanti saja, atau kalau saya sudah besar!

Keempat, perbaiki hubungan kualitas kita dengan orang tua dan Tuhan. Hubungan dengan orang tua harus tetap terjaga dengan baik dengan selalu meminta pendapat dan nasehat tentang berbagai hal. Jangan mentang-mentang sudah sukses, lalu kita lepas dari orang tua kita. Apalagi dengan Tuhan, berdoa dan mohon petunjuk-Nya merupakan hal esensial lainnya yang harus kita jalankan.

Kelima, ingat kepada orang lain. Selalu tanamkan makna “the power of giving”, bersedekah, berbagi dengan orang lain. Kekuatan memberi bukanlah isapan jempol belaka. Semakin banyak Anda memberi, maka akan semakin banyak pula Anda menerima.

Pengalaman yang sangat berharga dari seorang remaja usia 19 tahun yang telah berhasil menjadi pengusaha muda sukses. Janganlah kita lihat siapa yang berbicara, tapi lihatlah dari isi atau apa yang ia bicarakan. Semoga kita bisa belajar banyak dari sosok-sosok seperti hamzah Izzulhaq ini, dan semoga semakin banyak pula remaja-remaja sukses seperti dia.

Sumber:http://nunungnuraida.wordpress.com/2012/05/17/belajar-dari-seorang-hamzah-izzulhaq/
http://ciputrauceo.net/blog/2014/1/8/5-tips-dari-ceo-usia-19-tahun-asal-jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu