Skip to main content

Apa Itu Usaha Pemasaran Online (Online Marketing)?

Marketing Online - #Pemasaran online adalah mengacu pada satu set alat yang kuat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa melalui internet. Seperti kita ketahui semua, Pemasaran online tersebut mencakup lebih luas elemen pemasarannya daripada pemasaran tradisional karena saluran ekstra dan mekanisme pemasaran yang tersedia di Internet. Marketing online juga disebut sebagai internet marketing (IM), pemasaran web, pemasaran digital dan pemasaran mesin pencari atau Search Engine Marketing  (SEM). Pemasaran online yang baik tentunya akan membuat bisnis anda dapat diakses oleh konsumen yang tepat.

Strategi Pemasaran Online adalah sebuah proses penyusunan komunikasi yang sebelumnya sudah di susun dengan beberapa langkah dan bertujuan untuk memberikan sebuah informasi kepada banyak orang mengenai produk barang atau jasa yang sedang anda tawarkan di internet, untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna melalui online atau bisa disebut media internet.

DAN, sebenarnya pemasaran online tidak jauh berbeda dengan defenisi pemasaran offline, dimana tempat jualannya berbeda, strategi, dan tools yang digunakan untuk promosi dan jualan berbeda. (Baca Juga : 7 Alat Pemasaran Online Untuk Bisnis Anda)

  • Tujuan :
Apa Itu Usaha Pemasaran Online (Online Marketing)?Peran utama pemasaran online, sama seperti pemasaran tradisional yaitu adalah untuk mengarahkan traffik dan meningkatkan kesadaran. Namun fokus utama dari pemasaran online ini adalah mengarahkan traffik ke situs web bisnis, dari sana website kemudian akan dioptimalkan untuk memastikan bahwa pengunjung tahu apa yang anda tawarkan. Pemasaran online dapat memberikan beberapa manfaat termasuk, pertumbuhan potensial, pengembalian investasi yang tinggi, meningkatkan layanan pelanggan, keunggulan kompetitif dan tidak seperti pemasaran tradisional yang sangat teratur. 

Marketing online mendapat cakupan lebih luas, dan bervariasi sesuai dengan masing-masing kebutuhan bisnis individu. Sementara itu juga bisa menakutkan, bermitra dengan lembaga digital terkemuka dapat memastikan anda membuat sebagian besar peluang yang tersedia untuk anda dan jangan buang waktu dan uang. 

Pemasaran online, ketika dilakukan dengan baik, harus menggabungkan alat kreatif dan teknik dengan fokus pada menghubungkan bisnis dengan pelanggan potensial yang memenuhi syarat. Apakah anda seorang bisnis e-commerce, layanan lokal, pengecer atau apa pun menemukan kombinasi yang tepat dari alat pemasaran online dan strategi akan memastikan anda dapat terhubung dengan target pasar anda dengan cara sangat menguntungkan. 

Apa Yang Kita Lakukan:
  • Search Engine Optimisation : Potensi pelanggan menemukan bisnis anda melalui mesin pencari lebih besar. Sebuah kampanye SEO yang ditargetkan dan efektif memastikan bahw website anda selalu terlihat di bagian atas hasil pencarian, memaksimalkan traffik situs web anda, penjualan dan pelanggan. 
  • Pemasaran Online Pay Per Klik : sebuah metode kerjasama periklanan di internet dimana setiap situs atau iklan yang di klik dibayar oleh pembuatnya. Aspek penting dalam menggunakan Iklan PPC adalah menyediakan anggaran belanja atau budget iklan. Pemasaran PPC bisa sangat menakutkan untuk internet marketer baru
  • Konten Marketing : Menarik pelanggan baru ke situs web anda tidak lagi menjadi proses yang sederhana, dan mengkonversi pengunjung tersebut lebih kompetitif dari sebelumnya. Dengan perubahan search engine optimisation dan algoritma google, menciptakan baru, konten menarik secara teratur cepat menjadi faktor yang paling penting dari rencana pemasaran.
  • Social Media Marketing : Dalam dunia sekarang ini pernah berkembang, dimana kita lebih terhubung dengan perangkat daripada sebelumnya, itu tidak pernah lebih penting bagi isnis untuk menyusun strategi pemasaran yang cerdas yang mampu menembus ke pemirsa yang ditargetkan. (baca Juga : 4 Tips Media Sosial Marketing Untuk Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan)
  • Email Pemasaran : Sementara media sosial telah memiliki lonjakan popularitas selama beberapa tahun terakhir, pemasaran email tetap menjadi salah satu ROI tertinggi dan alat yang paling terukur tersedia untuk usaha kecil. 

Comments

  1. sangat bermanfaat menjadi referensi blog yang sedang saya tulis tentang belajar marketing online terimakasih

    ReplyDelete
  2. Marketing online sangat luas ya, ada social media marketing, ada content digital marketing, dan banyak lagi. tulisan ini sungguh menginspirasiku untuk buat blog tentang belajar marketing online

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu