Skip to main content

4 Manfaat Terbesar dari SEO untuk Bisnis Kecil

Seo Blogger Marketing OnlineSEO adalah serangkaian cara yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website atau blog dengan tujuan meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google, bing dan lainnya. . Banyak usaha kecil, terutama yang memiliki anggaran pemasaran yang terbatas, menggunakan pemasaran mesin pencari sebagai jalan kedua. Ini di mana mereka memfokuskan energi mereka setelag mereka selesai dengan iklan cetak, direct mail atau kampanye iklan baris. Lebih dari setengah pemilik usaha kecil bahkan tidak menjaga situs web diperbarui secara teratur, tidak pernah menggunakan SEO untuk membuat website lebih terlihat di hasil pencarian.

Mengapa pemilik usaha kecil tidak menyadari apa yang mereka hilangkan. Menurut survey, 61% konsumen melakukan penelitan terhadap sebuah produk secara online sebelum membeli. SEO memberikan perusahaan anda sesuatu dimana semua platform pemasaran lainnya tidak bisa. Ini memberi anda akses ke pelanggan yang sudah aktif mencari bisnis seperti milik anda. Dengan SEO, orang menemukan usaha anda.

Jadi kenapa usaha kecil tidak berinvestasi lebih banyak dalam SEO? Berikut beberapa alasan kenapa beberapa orang tidak menggunakan SEO:
  • Kurangnya Pemahaman - Frase optimasi mesin pencari dapat menjadi istilah membingunkan. Hal tentang penempatan kata kunci, peringkat halaman dan pembelajaran pemasaran konten dapat membingungkan. Pemilik usaha yang bekerja di pasar luar teknologi mungkin tidak memiliki pengetahuan untuk mengelola SEO mereka sendiri.
  • Kurangnya Waktu - Menjaga situs dan halaman media sosial dioptimalkan untuk mesin pencari adalah proses yang memakan waktu dan berkelanjutan. Mengelola SEO itu harus up to date dengan perubahan algoritma dan konsisten membuat konten baru. Usaha kecil tanpa departemen pemasaran, mereka tentu tidak punya waktu untuk mengelola kampanye SEO mereka sendiri.
  • Kurangnya Hasil - Banyak perusahaan mungkin mencoba untuk memulai kampanye SEO mereka sendiri, dan kemudian menyerah ketika mereka menyadari kampanye tidak memberi mereka hasil yang segera. Sangat penting untuk memahami bahwa SEO adalah strategi jangka panjang, dan tidak mengarah kepada kepuasan instan. Selain itu, orang-orang yang mengelola SEO sendiri biasanya tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menciptakan kampanye efektif.
Dengan ahli yang tepat, ketiga masalah di atas menjadi non issue. Perusahaan yang memiliki kampanye SEO yang sukses, biasanya dijalankan oleh sebuah perusahaan pemasaran yang mengkhususkan diri dalam SEO.

Maka berikut adalah manfaat terbesar dari SEO untuk Bisnis Kecil :
  • ROI yang Lebih Tinggi pada Pemasaran
ROI adalah rasio laba bersih terhadap biaya. ROI biasanya merupakan pengukuran yang paling penting bagi pengiklan karena pengukuran ini didasarkan pada sasaran iklan tertentu dan menunjukkan pengaruh yang nyata dari upaya periklanan terhadap bisnis Anda. Pemasaran tradisional membutuhkan biaya sekitar 61% lebih dari pemasaran mesin pencari. Hal ini karena pemasaran tradisional tidak seperti ditargetkan sebagai pemasaran mesin pencari. Dengan pemasaran tradisional, tidak ada jaminan bahwa email anda akan dibuka, atau bahwa orang tidak pernah melewatkan iklan anda. Hasilnya biasanya berlawanan, 44% orang tidak pernah membuka surat langsung, sedangkan 86% dari orang melewatkan iklan televisi. Optimasi mesin pencari memiliki kecepatan hampir 14,6%, dibandingkan dengan tingkat hampir 1,7% akan didapatkan dari pemasaran outbound.

Outbound Marketing Merupakan strategi marketing konvensional yang banyak dipakai oleh para marketers saat ini sebelum adanya era digital. Metode yang biasa dipakai dalam melakukan marketing tipe ini adalah seperti iklan TV (ATL), radio, iklan majalah / koran maupun telemarketers yang bertugas menelepon calon konsumen secara random.

Inbound Marketing merupakan Strategi ini berbanding terbalik dengan prinsip outbound marketing. Metode-metode yang biasa dipakai dalam inbound marketing adalah dengan melakukan blogging, podcasts, email marketing bertipe opt-in, online video, SEO maupun social media marketing. Dasar utama dari konsep ini adalah, kita mendapatkan perhatian dari konsumen melalui konten-konten yang dianggap bermanfaat dan layak untuk di-share kepada banyak orang lain. Strategi inbound marketing lebih memfokuskan tentang bagaimana caranya brand kita ‘ditemukan’ oleh konsumen yang sedang membutuhkannya. 3 dari 4 kanal inbound marketing (blog, social media, SEO) mempunyai biaya lebih rendah dalam menghasilkan lead dibandingkan kanal outbound manapun.

  • Menciptakan Loyalitas Pelanggan
Manfaat lain SEO pemasaran adalah kemampuan untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Orang tidak suka di interupsi. Mereka tidak suka iklan televisi yang menganggu program-program mereka dan mereka tidak suka memiliki kotak suara penuh yang tidak diminta. Ketika interaksi pertama anda dengan pelanggan adalah pemasaran outboud, mereka juga tidak akan mengingat anda, atau mereka akan mengasosiasikan anda dengan sesuatu yang mereka tidak minta atau tidak perlu.

Pemasaran mesin pencari berbeda. Ketika orang mencari produk atau jawaban atas pertanyaan, dan mereka menemukan halaman anda, perusahaan anda menjadi perusahaan yang memberi apa yang mereka cari. Kesan pertama yang baik adalah pelanggan yang baik tidak hanya karena mereka akan menghabiskan lebih banyak di bisnis anda, tetapi juga karena mereka akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain.

  • Mempeluas Jangkauan untuk Pelanggan, Termasuk Pelanggan Global
Semua usaha kecil memiliki satu tujuan yang sama; untuk memperluas jangkauan mereka untuk pelanggan baru. Dengan pemasaran outbound, ini membuat usaha kecil terikat, paling tidak pada awalnya untuk komunitas lokal mereka. Terlepas dari seberapa besar, baik ini klien potensial akhirnya akan mengering, benar-benar meninggalkan bisnis dengan belas kasihan dari klien mereka kecuali berkembang. Internet adalah pasar global dan ada 3 miliar orang online. Dengan SEO, usaha dapat disesuaikan dengan promosi mereka untuk menargetkan pengguna di berbagai komunitas, baik melalui SEO global dan lokal. 

  • Tidak Memiliki Kampanye SEO akan Menempatkan Anda Dibelakang Pesaing Anda
Jika anda tidak memiliki kampanye SEo, maka setiap kali seseorang mencari bisnis seperti milik anda di Internet, mereka menemukan situs salah satu dari pesaing anda. SEO bahkan dapat lapangan untuk usaha kecil bersaing dengan nama-nama besar, karena dapat mendorong bisnis lokal ke situs anda.

Saluran SEo pemasaran yang terbaik untuk usaha kecil, tetapi hanya bekerja jika digunakan dengan benar dan konsisten. Jika anda menggunakan perusahaan yang tepat untuk mengelola kampanye SEO anda, anda dapat melihat banyak manfaat. Manfaat terbesar dari semua akan menjadi dasar bagi pelanggan baru untuk termotivasi, yang akan selalu kembali ke  waktu website perusahaan anda dan waktu lagi. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu