Skip to main content

4 Kesalahan Promosi Digital Marketing harus Dihindari

Marketing OnlinePemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tidak ada perusahaan akan mencapai sukses tanpa pelaksanaan promosi pemasaran digital yang besar. Sayangnya, terlalu banyak pemasar tidak mengerti untuk menghindari perangkap. Sehingga mereka akhirnya membangun kampanye di bahwa performa. Pikirkan kembali ke terakhir kali anda diminta untuk membangun "virus" kampanye. 

Lalu, Apakah anda lihat bagaimana rasanya ketika hasilnya mengecewakan?

Tidak perlu merasa bersalah tentang hal itu. Yang penting adalah untuk selalu belajar dari kesalahan kita dna menggunakannya sebagai kompas untuk tidak jatuh ke kesalahan itu lagi.

Digital Marketing kini yang sangat populer di dunia adalah pemasaran online lewat website dan social media karena teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi karena memberikan keleluasaan waktu bagi target audience kita untuk membaca promosi kita. Digital Marketing menggunakan tools yang dapat mengefektifkan kinerja pemasaran Anda. Memang dibandingkan Conventional Marketing yang lebih mengandalkan pemasaran offline misalnya door to door, penyebaran brosur, leafet, poster, billboard, iklan media cetak dan lainnya. 

Aturan dalam pemasaran digital (Dikutip dari Wikipedia):
  • Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
  • Memperluas peran merek dalam portofolio secara global.
  • Gunakan harga yang kreatif.
  • Mengutamakan desain bagi konsumen.
  • Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif.
  • Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan.  
4 Kesalahan Promosi Digital Marketing harus DihindariOleh karena itu, mari kita hadapi itu. Internet adalah penuh dengan lubang kecil menjanjikan hasil mesin pencari yang lebih tinggi, jangkauan yang lebih besar dengan email newsletter. Saya yakin anda seorang marketer online cerdas dan ingin berhasil. Itu sebabnya saya ingin mempelajari kesalahan yang sering terjadi pada saat membangun promosi yang harus dihindari. 

Kunci sukses pemasaran digital (Dikutip dari Wikipedia) 
  • Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
  • Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial
Apakah empat kesalahan besar yang dibuat pemasar ketika merencanakan kampanye digital marketing mereka?
  • 1. Kegagalan untuk Membangun Tujuan Kampanye
Karena ada begitu banyak metode pemasaran yang berbeda tersedia secara online, seperti SEO, pemasaran mobile dan PPC, dan anda perlu tahu mana yang harus dipilih berdasarkan yang dinginkan.

Karena setiap media pemasaran berbeda anda harus membentuk tujuan bisnis yang jelas dan ringkas sebelum kampanye pemasaran dimulai. Langkah dalam ini prosesnya juga memerlukan pengaturan anggaran dan berjanji untuk menaatinya. 

  • 2. Melewatkan Proses Diperlukan Untuk Menentukan Pelanggan Ideal
Beberapa pemasar tingkat pemula percaya bahwa jika anda memasarkan ke semua orang, anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan orang tertatik pada produk atau jasa anda. Sebenarnya, itu tidak bekerja. Jika anda tidak tahu siapa yang akan menjadi konsumen yang ideal dari apa yang anda tawarkan, anda tidak tahu dimana untuk memfokuskan upaya iklan anda. Dengan demikian anggaran anda bisa membengkak.

Strategi pemasaran anda harus ditargetkan untuk orang-orang yang sedikit sadar, sadar dan tertarik pada apa yang anda tawarkan. Khususnya jika anda ingin dilihat orang untuk melihat apa yang anda tawarkan, anda harus memastikan bahwa solusi anda sesuai kebutuhan dan maksud mereka.

  • 3. Konten Miskin dan Arahan pada Halaman Non Konversi
Kunci Sukses Digital Marketing adalah Content Promosi Anda. Konten yang miskin tentu tidak akan menghasilkan konversi yang menguntungkan bagi pemasar. Jadi walaupun anda bisa menarik pengunjung yang ditargetkan ke situs anda, jika konten tidak bermanfaat dan halaman membosankan maka konversi nol. Halaman tidak harus eye-catching, tetapi juga harus mengatur mesin pencari mudah mencarinya, relevan, informatif dan menghibur untuk pelanggan yang ditargetkan.

  • 4. Tidak Peduli Tentang Pelacakan dan Pengukuran
Jika anda tidak melacak metode promosi anda, ukurlah setiap metode yang digunakan terhadap satu sama lain. Tidak peduli apa strategi pemasaran yang anda putuskan untuk diterapkan pada setiap iklan, itu harus dilacak, diukur, dianalisa dan didokumentasikan. Bagaimana lagi anda akan tahu apakah link di newsletter anda misalnya mendapat lebih banyak konversi dari iklan d blog anda? Jadi pastikan anda melacak promosi pemasaran digital anda, menganalisis hasil, tetap fleksibel dan anda akan meningkatkan keuntungan dan pendapatan kampanye.

Jika anda ingin berbagi kesalahan-kesalahan ketika membangun kampanye pemasaran anda sendiri, maka silakan berikan komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk berbagi...berbagi adalah peduli dengan sesama.

Comments

  1. Tidak asal iklan, harus dimulai pemahaman pengertian digital marketing dan perannya, terutama setiap media punya tujuan yang berbeda-beda, Google Ads Search Network dg Display Network saja sudah berbeda

    ReplyDelete
  2. sangat penting untuk kita bisa menerapkan digital marketing terlebih untuk teman-teman yang sedang menjalankan jual beli rumah mudah dan cepat pastinya membutuhkan strategi marketing yang matang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu