Costumer Service - Pelayanan Pelanggan yang baik adalah salah satu fondasi terkuat untuk bisnis. Konsumen dapat memberitahu pada anda tetang perusahaan favorit mereka hanya didasarkan dari pengalaman mereka sendiri dengan departemen pelayanan pelanggan. Namun, itu jika anda tahu bagaimana memberikan pengalaman pelayanan pada pembeli dengan baik, mereka akan dengan senang hati menyebarkan berita tentang produk dan jasa anda. Berikut adalah tips layanan pelanggan yang akan menunjukkan kepada anda bagaimana untuk sampai kesana :
- Memahami Darimana Pelanggan Anda Datang
Anda ingin tahu apa tentang pengalaman pelanggan. Dari mana anda berdiri, mungkin tampak seolah-olah transaksi bisnis telah selesai dengan sempurna. Namun, pelanggan mungkin merasa berbeda. Setelah anda telah meminta pertanyaan yang tepat dan mendengarkan keluhan pelanggan anda, anda perlu untuk meringkas apa yang telah mereka katakan dan memberikan solusi atas masalah tersebut. Hal ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa anda memahami masalah itu.
- Mendengarkan dan Membaca dengan Baik
Beberapa bisnis bisa terperosok akibat kegiatan sehari-hari dan melewatkan langkah penting yang tampak kecil pada saat itu. Ketika seorang pelanggan menulis untuk departemen anda dan menjelas keluhan/pertanyaan, penting agar anda mencerna semua yang dikatakan pelanggan. Jangan menganggap anda sudah tahu atas pertanyaan mereka sebelum anda membaca keluhan mereka. Bersabar dan empati untuk keprihatinan mereka.
- Gunakan Bahasa Yang Dimengerti Pelanggan
Sangat mudah untuk mendapatkan jargon perusahaan. Sebelum berbicara dengan pelanggan, pastikan anda memeriksa bahasa yang dipakai atau mereka mengerti. Berbicaralah dalam hal yang jelas dan ringkas. Tanyakan apakah pelanggan anda membutuhkan anda untuk menjelaskan tentang yang mereka tanya sebelumnya atau ada pertanyaan lain jika mereka tampaknya tidak paham.
Ketika anda tahu bagaimana menangani setiap pelanggan dengan baik, maka akan lebih mudah untuk menangani beberapa pertanyaan sekaligus tanpa masalah. Memberikan setiap konsumen waktu dan perhatian yang layak akan membuatnya lebih mungkin bahwa mereka akan kembali ke perusahaa anda lagi. Ini tidak akan lama sebelum mereka berbicara tentang bisnis anda kepada teman dan keluarga mereka.
Comments
Post a Comment