Bisnis Online - Memulai sebuah bisnis online dimulai dengan mengisi kebutuhan dan membangun kredibilitas, tetapi faktor-faktor yang masuk ke dalam pembuatan bisnis online agar sukses besar tidak berhenti disitu. Sedangkan hambatan untuk mendirikan sebuah perusahaan banyak kita jumpai, sebagian besar orang memulai bisnisnya gagal, sebagian besar karena kesalahan yang tampak jelas seperti melebih-lebihkan keuntungan. Banyak entrepreneur yang membangun perusahaan mengalami kegagalan, karena tanpa menyadari mereka telah melakukan beberapa kesalahan yang terlihat sederhana padahal itu seharusnya dihindari. Ditambah lagi mereka terlalu yakin dan tidak mau diingatkan karena berpikir uang adalah segalanya.
Untuk meningkatkan kesuksesan anda, cobalah untuk menghindari 10 kesalahan umum ketika memulai bisnis online dibawah ini :
- Tidak Memiliki Rencana Penyerangan
Anda tidak perlu memiliki rencana bisnis secara formal, tetapi anda memerlukan rencana. Orang-orang menganggap rencana bisnis sebagai pekerjaan rumah padahal itu sangat membantu. Anda tidak perlu rencana bisnis 20 halaman dalam merencanakan sebuah usaha. Akan tetapi itu sangat penting, agar anda tahu kapan waktu menyerang dan kapan waktu bertahan.
- Terlalu Berfokus Pada Hal-Hal Kecil
Sebaiknya berkonsentrasi pada tugas-tugas yang akan membantu mendorong bisnis anda ketingkat berikutnya. Jangan sampai pikiran anda teralihkan oleh hal-hal seperti kartu bisnis, kartu nama atau desain logo. Sebagai pendiri jangan buang waktu berharga anda mengurusi pekerjaan seperti itu.
- Jangan Khawatir Tentang Uang
Jadilah optimis, sebuah usaha tidak selamanya tentang uang. Ada waktu ketika perusahaan anda kehabisan uang sebelum mencapai keberhasilan. Akan Tetapi anda juga sebagai pengusaha harus mempersiapkan dengan membuat rencana keuangan, merinci tonggak dan berapa banyak uang yang diperlukan untuk mencapai hal tersebut. Baca Juga : Panduan Cara Memulai Bisnis Online Lengkap
- Merendahkan Apa Yang Anda Jual
Apakah anda menjual produk atau layanan, menetapkan harga pada apa yang perlu untuk membuat keuntungan. Jangan merendahkan harga produk atau layanan walaupun usaha masih sangat baru.
- Mengabaikan Costumer Service
Dengan begitu banyak transaksi bisnis terjadi melalui Internet, mudah untuk melupakan bahwa pelanggan adalah orang-orang yang jauh lebih mungkin untuk kembali ke situs anda jika mereka merasakan pengalaman yang baik dari perusahaan anda. Artinya pelayanan pelanggan sangat penting untuk menjaga konsumen tetap setia, dan mereka merasa diperdulikan.
- Memberikan Terlalu Banyak dan Tidak Mendapatkan Kembali
Sebelum anda menetapkan kredibilitas sebagai penjual atau ahli, menawarkan sesuatu yang gratis dapat merubah menjadi konversi yang berbeda. Saat menawarkan produk gratis, anda setidaknya juga harus mendapatkan pertukaran yang berguna bagi bisnis anda misalnya alamat email pelanggan, nomor telepon, dll. Contohnya anda memberikan ebook gratis, resep, webinar, panduan atau checklist.
- Menyebarkan Diri Anda Sangat Jarang di Media Sosial
Ketika anda mulai off dengan pemasaran dan membangun merek anda, maka saat itu juga keuntungan berkurang. Sebagai aturan umum, Facebook dan Twitter cenderung lebih baik digunakan untuk penjualan produk. Sedangkan LinkedIn adalah bidang yang lebih baik untuk kepribadian bisnis untuk membangun merek sendiri, LinkedIn juga merupakan tempat yang baik untuk menyebarkan konten.
- Pelit pada Karyawan Awal/Pertama
Pengusaha terburu-buru proses perekrutan untuk segera mengisi posisi dalam usaha anda. Tapi dengan segera melakukan itu, pendiri mungkin akan mengalami resiko masalah, termasuk ketidakcocokan dalam skill dan kebutuhan bisnis, kepribadian yang tidak baik dengan buda perusahaan atau kurangnya komitmen untuk misi perusahaan.
- Meremehkan Obsesi dan Dorongan yang Dibutuhkan Untuk Sukses
Anda mungkin sudah tahu atau sudah membaca banyak tentang pentingnya keseimbangan kerja/hidup, jangan melupakannya. Obsesi itu sangat penting agar anda selalu semangat menjalai proses usaha dan kehidupan.
- Berpikir bahwa Segala sesuatu adalah Salah Satu Ukuran Cocok Untuk Semua
Hanya karena produk atau strategi telah bekerja untuk satu perusahaan tidak berarti itu juga bekerja pada bisnis anda. Jadi tetap anda harus menguji produk anda.
Comments
Post a Comment