Skip to main content

Ingin Menjadi Entrepreneur? Jawab 7 Pertanyaan Dibawah ini

Ingin Menjadi Entrepreneur? Jawab 7 Pertanyaan Dibawah ini  - Ingin Menjadi Entrepreneur! Mau jadi pengusaha yang sukses, sepertinya semua orang menginginkannya. Banyak cara menjadi pengusaha. Anda juga tidak harus mempunyai banyak uang, anda juga tidak harus anak seorang pengusaha, anda juga tidak harus berumur tua atau mudah dan anda juga tidak harus tinggal di kota besar. Anda tidak butuh kualifikasi tertentu, seperti uang sebanyak uang Bill Gates atau otak sangat jenius. Artinya siapapun berhak menjadi entrepreneur! Salah satu yang harus anda miliki adalah niat dan keinginan besar. Hanya saja, proses untuk mencapai hal tersebut tidaklah semudah yang kita bayangkan. Prosesnya sangat panjang, banyak hambatan dan tantangan yang harus dilewati. 

Banyak faktor yang mesti diperharikan untuk memulai sebuah usaha. Entrepreneur hanya mesti melakukan "Sesuatu" yang dapat menghasilkan uang. Tentu, membuka bisnis bukan hanya sekedar membuka bisnis tapi tujuan utama UANG. Nah, setelah anda membuat "sesuatu" itu, anda harus membangun, menjaganya dan merawatnya agar terus menghasilkan. (Cara Menjadi Entrepreneur?)

Tapi perlu juga di ingat, menjadi pengusaha selain menjadikan anda sebagai orang kaya, profesi ini juga memiliki resiko kerja yang tinggi. Salah satunya resikonya adalah kegagalan. Karena membuka bisnis itu tidak bisa diprediksi apakah akan berhasil atau gagal? 

menjadi entrepreneur, menjadi pengusaha, peluang bisnis, pengusaha sukses

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Entrepreneur

Berikut adalah 6 pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum memutuskan menjadi seorang entrepreneur;
  • 1) Mengapa Anda ingin Menjadi Pengusaha?
Banyak alasan yang membuat seseorang mengambil keputusan berwirausaha. Apa karena tidak suka dengan pekerjaanmua? Tidak suka dengan bos, tidak suka diperintah atau karena ingin perubahan besar. Pastikan keputusan itu bukan disebabkan oleh karena masalah sepele, hingga pada akhirnya anda menyesal dikemudian hari.

  • 2) Apa Kamu Mempunyai Passion (gairah) yang Kuat
Dalam setiap perjalanan tidak akan selalu mulus. Banyak tantangan yang akan dijumpai. Baik mudah atau yang sangat sulit. Passion atau gairah yang anda miliki akan mampu membuat anda dengan sukarela bekerja keras. Jika waktu kerjamu biasanya hanya 8 Jam sehari, maka pengusaha bisa lebih dari 12 jam sehari atau bahkan 24 jam selama 7 hari. Ingat, pengusaha tidak selamanya butuh modal uang banyak dan kemampuan menganalisa pasar, tetapi motivasi, gairah dan pikiran positif. 

Jika anda berniat menjadi pengusaha sukses, mulailah mencoba untuk memahami diri sendiri. Misalnya cari tahu bidang-bidang yang sesuai dengan gairah anda. Akan lebih mudah jika usaha yang kita buka sesuai dengan hal-hal kita sukai seperti hobi dibuat jadi bisnis.

  • 3) Apa kamu suka kedisiplinan?
Jika anda seorang karyawan yang disiplin ketika ditempat kerja saja. Jangan bawa hal itu dalam bisnis anda. Seorang entrepreneur harus tahu mengatur diri, menjaga pola makan dan lain-lainnya. Walaupun setiap bulan kita dihadapkan dengan target-target besar. Pengusaha juga manusia, bos juga manusia yang butuh istirahat, punya keluarga yang membutuhkan kehadiran anda, teman yang rindu pada anda, jadi jaga kesehatan agar terus bisa berjalan mencapai kesuksesan.

  • 4) Apakah kamu punya ide yang bagus dan sesuatu mengelesaikan masalah banyak orang?
Ide-ide bisnis atau peluang-peluang banyak yang bisa dijadikan sebagai dijadikan sebagai sebuah usaha. Tapi bukan berarti semuanya cocok sesuai bidang anda. Coba pilih ide yang benar-benar dibutuhkan masalah dan dapat menyelesaikan masalah masyarakat. Selain itu, peluang bisnis itu memberikan nilai dan juga keuntungan pada anda. Tapi bisa mencoba usaha yang belum pernah dilihat oleh orang lain, atau masih sangat baru.

  • 5) Sudah pernah melakukan penelitian?
Seorang entreprenur itu adalah harus jeli pada peluang, selain itu harus selalu melakukan penelitian. Apa sih yang diteliti? Salah satunya pesaing anda, apa sih yang membuat mereka populer atau lebih laku. Seberapa besar peluang pasar yang anda targetkan? Tapi jangan buat itu sebagai alasan mengendurkan semangat anda. Tujuan penelitian bisa sebagai persiapan bagi anda untuk mengatasi hal-hal yang akan datang, berupa masalah. 

  • 6) Apakah anda suka dengan kejujuran dan Integritas?
Pengusaha yang sukses tanpa kejujuran dan integritas tak mungkin. Dalam sebuah bisnis, kepercayaan adalah faktor terpenting. Kejujuran akan membuat anda lebih dipercaya konsumen, pelanggan atau klien-klien dibandingkan yang lain. Integris yang dimaksud adalah untuk memproduksi produk sesuai stadart yang ditentukan. Jangan karena menekan biaya produknya anda membuat produk dibawah standar yang ditetapkan. 

  • 7) Tahu apa yang anda lakukan?
Jangan mulai bisnis karena kelihatannya keren atau menawarkan keuntungan yang besar dan cepat balik modal. Oh, tidak selamanya begitu bro! Kamu harus tahu dan sadar apa yang kamu lakukan? Ini bukan main-main, dimana anda benar-benar keluar dari zona nyaman aja ketika kerja dikantoran. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu