Skip to main content

Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya Sukses?

Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya SuksesMengapa begitu banyak bisnis yang gagal sementara sangat sedikit berhasil? Ada banyak usaha kecil di Indonesia. Tapi realitanya adalah bahwa hanya sekitar 50% dari mereka bertahan hidup. Yang lebih buruk adalah bahwa hanya sekitar sepertiga yang bertahan hidup dalam 10 tahun atau lebih. Kehidupan seorang pengusaha tak kenal ampun. Ini merupakan tantangan konstan. Ada banyak bagian yang bergerak. Salah satu dari mereka bisa membuat anda keluar dari bisnis.
"Tidak peduli apa yang dilakukan seseorang, terlepas dari kegagalan atau keberhasilan, pengalaman adalah bentuk keberhasilan dalam dirinya sendri" Jack Ma, Miliarder Pendiri dari Alibaba.
Bisnis Gagal Karena Berbagai Alasan : Berikut daftar mencakup beberapa alasan paling umum
  • Kurangnya Perencanaan - Ini termasuk jangka pendek dan jangka panjang. Rencana anda harus mencakup mana bisnis yang akan dijalani dalam beberapa bulan ke depan dan beberapa tahun ke depan. Termasuk target yang terukur pada hasil. Rencana yang tepat akan mencakup spesifik daftar yang harus dilakukan dengan tanggal dan tenggat waktu. 
  • Ketidakmampuan untuk Belajar dari Kegagalan - Kita semua tahu bahwa kegagalan biasanya buruk, namun sangat jarang bahwa pebisnis belajar dari kegagalan. Realistis, bisnis yang gagal, gagal untuk beberapa alasan. Seringkali pengusaha tidak menyadari tentang kesalahan mereka. Memang belajar dari kegagagalan adalah sulit.
  • Buruknya Pengelolaan (Management) - Contoh pengelolaan yang buruk adalah ketidakmampuan untuk mendengarkan, pengelolaan kecil atau kurangnya kepercayaan, bekerja tanpa standar atau sistem, komunikasi yang buruk, dan kurangnya umpan balik.
  • Kurangnya Modal - Hal ini dapat disebabkan ketidakmampuan untuk menarik investor. Kurangnya modal merupakan tanda yang mengkhawatirkan. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis mungkin tidak dapat membayar tagihan itu, pinjaman, dan komitmen keuangan lainnya. Kurangnya modal membuat sulit untuk mengembangkan bisnis dan mungkin membahayakan operasi sehari-hari.
  • Lokasi yang Buruk - Lokasi yang buruk adalah kerugian yang mungkin terlalu banyak diatasi. Jika bisnis anda bergantung dari trafik, lokasi merupakan kebutuhan strategis. Lokasi yang jelek mungkin membuat biaya akuisisi pelanggan anda terlalu tinggi.
  • Kurangnya Keuntungan - Pendapatan tidak sama dengan laba. Sebagai pengusa anda harus menjaga mata anda pada profitabilitas setiap saat. Laba memungkinkan untuk pertumbuhan bisnis.
  • Manajemen Persediaan yang Tidak Memadai - Terlalu sedikit persediaan yang merugikan penjualan anda. Terlalu banyak persediaan akan merugikan profitabilitas anda.
  • Kurang Fokus - Tanpa fokus pada bisnis, anda akan kehilangan keunggulan kompetitif. Apa yang membuat startup sukses adalah kemampuan mereka untuk dengan cepat berputar, dan kurangnya fokus mengarah pada ketidakmampuan untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan. 
  • Penggunaan Dana Bisnis untuk Pribadi - Rekening bisnis seharusnya dibedakan dari rekening pribadi
  • Faktor Ekonomi Makro - Pengusaha tidak dapat mengendalikan faktor ekonomi makro. Faktor ekonomi makro umum adalah - Siklus bisnis, resesi, perang, bencana alam, utang pemerintah, dan inflasi.
Jika anda serius tentang menjadi seorang pengusaha, fokuslah pada hal berikut :
  • Membuat Rencana - Semuanya dimulai dengan perencanaan. Kesalahan terbesar banyak pengusaha adalah tidak menulis rencana bisnisnya. Tujuannya adalah untuk tetap menjaganya tetap konsisten. Jangan memperlakukannya seperti bisnis proyek sekolah. Cukup menulis rencana bisnis dalam satu atau dua halaman. 
Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya Sukses? pengusaha sukses, motivasi pengusaha sukses

Rencana Bisnis anda harus mencakup sebagai berikut :
  • Nilai-nilai Inti -  Nilai inti adalah keyakinan dasar anda mengemudi bisnis. Itu harus menjadi panduan prinsip yang harus tetap konstan. Bahkan sebagai perusahaan yang tumbuh dengan bilai-nilai inti harus tetap sama. Nilai-nilai inti juga dapat berfungsi sebagai kompas moral. Beberapa nilai-nilai yang lebih umum adalah Integritas, kepercayaan, keunggulan, rasa hormat, tanggung jawab dan kerja sama tim.
  • Rumusan Misi - Sebuah rumusan singkat yang mendefinisikan mengapa perusahaan anda ada. Alasan perusahaan anda dibangun. Ini menggambarkan target pasar dan jasa/produk yang anda tawarkan. Jika anda telah melakukan dengan benar, rumusan misi anda, hanya dalam beberapa kalimat, akan mengkomunikasikan eensi dari bisnis anda dengan bisnis anda dan untuk dunia.
  • Siapa Pelanggan Anda - Jika anda ingin sukses dalam bisnis, anda akan memiliki defenisi yang jelas tentang pelanggan anda. Ini bukan ide yang abstrak. Ini adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dalam angka. 
  • Apa Produk atau Jasa anda - Ini kunci untuk memiliki defenisi yang jelas tentang layanan yang anda tawarkan. Tanpa defenisi yang jelas, anda tidak akan dapat secara efektif mengembangkan, memasarkan, dan menjual layanan anda.
  • Libatkan Pelanggan Anda dalam Pengembangan Produk - Kebanyakan bisnis yang gagal menciptakan produk atau jasa tanpa melibatkan pelanggan mereka. Jika anda serius tentang kesuksesan, anda akan membangun produk anda dengan pelanggan anda. 
  • Bagaimana anda menjual dan memasarkan produk atau jasa anda - Pemasaran dan menjual layanan anda bisa menjadi salah satu tantangan terbesar bisnis anda. Sebuah penjualan dan rencana pemasaran adalah suatu keharusan. Tetapkan tujuan yang terukur. Menciptakan sistem untuk mengelola proses.
Baca JugaPanduan Cara Memulai Bisnis Online Lengkap


Persiapan yang tepat tidak harus memerlukan 100 halaman rencana bisnis formal. Jika anda melakukan segalanya untuk benar-benar merencanakan bisnis anda, anda   kesempatan anda untuk sukses. Jangan bingung perencanaan dengan menghindari tindakan atau kelumpuhan analisis. 

Tugas tindakan pertama anda adalah menulis rencana bisnis anda. Melengkapi rencana bisnis yang akan memberi anda kesempatan untuk memproses ide anda secara detail. Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah untuk mengumpulkan pikiran anda sebelum anda membuat komitmen nyata untuk memulai bisnis anda. Jika anda tidak bergairah menulis rencana bisnis anda, itu artinya anda pun tidak bergairah atau bersemangat menjalankan bisnis anda dengan baik.

  • Jika anda tidak Mempersiapkan Rencana Bisnis, Antusiasme Awal Anda Akan Memudar dan Anda akan Gagal.
Pada akhirnya antusiasme tidak cukup untuk berhasil. Dibutuhkan lebih dari itu. Anda perlu melakukan riset pasar anda, pesaing anda, kelayakan konsep keuangan anda, dan banyak lagi. Saat anda berjuang melalui pertempuran yang membuat impian anda menjadi kenyataan, anda harus mampu untuk kembali membaca dan membaca kembali rencana bisnis anda. Konsep yang ditetapkan dalam recana bisnis anda akan membantu anda untuk meyakinkan bank agar memberikan pinjamn yang anda butuhkan, atau untuk menentukan strategi pemasaran yang terbaik untuk bisnis. Jangan Emosional ketika anda mempersiapkan rencana bisnis anda.

Ingat, anda harus meyakinkan orang lain untuk mendukung ide anda. Bankir, pembeli perusahaan, Investor, mitra dan sejenisnya akan melihat bisnis anda berdasarkan fakta. Keputusan mereka tidak akan didasarkan pada emosi. Ketika membuat rencana bisnis tertulis, itu memberikan diri anda kesempatan untuk berpikir tetang ide secara menyeluruh. Ketika anda menempatkan ide-ide anda secara tertulis, anda cenderung untuk memberi mereka lebih banyak pemikiran. Anda mungkin berpikir menulis rencana usaha membosankan, atau membuang-buang waktu. Sesungguhnya, itu harus menjadi salah satu proyek yang paling menarik. Anda menulis masa depan anda.
  • Anda Bertanggung Jawab - Banyak bisnis yang gagal karena orang-orang memperlakukan mereka seperti hobi. Dari hari pertama perlakukanlah bisnis anda sebagai sebuah bisnis. Perlakukan diri anda sebagai karyawan. Tetapkan tujuan yang terukur dan bertanggung jawab. jika anda hanya berencana untuk bekerja dalam bisnis anda dalam beberapa jam semingg, anda tidak bisa mengharapkan hasil yang bagus. Memiliki bisnis sendri membutuhkan fokus dan komitmen. Mendidik diri sendiri tentang berbagai pilihan dan teknologi. Jika anda hanya mau bekerja beberapa jam dalam seminggu, jangan berharap mendapatkan pendapatan lebih dari jam tersebut. Tidak ada jalan pintas.
Pengusaha Bisa Dapat Bertanggung Jawab dengan Beberapa Cara :
  1. Tuliskan tujuan anda. Jaga tujuan anda dan terus datang kembali pada tujuan itu, setidaknya sebulan sekali
  2. Membangun dewan penasehat 
  3. Bergabung dengan kelompok konsultasi yang sebaya. Anda akan mendapatkan umpan balik dari sesama pengusaha. 
  4. Cari Pelatih. Cobalah untuk bekerja dengan pelatih yang telah membangun bisnis yang sukses
  5. Mencari Investor
  • Lupakan Ide, Mengambil Tindakan - Anda tidak harus memulai bisnis berdasarkan ide yang bagus. Sebuah ide itu hanyalah sebuah ide. Ini tidak terlalu berharga. Hal itu akan membantu anda sukses dalam bisnis. Ide tidak akan melakukan apapun, anda perlu tindakan untuk berhasil. Banyak Entrepreneur yang penuh dengan ide-ide yang tidak pernah menghasilkan tindakan. Pengusaha mengambil tindakan (Baca Juga7 Alasan untuk Mengambil Tindakan pada Ide Bisnis Anda)
Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengubah ide anda ke dalam tindakan :
  • Percaya bahwa anda bisa melakukannya. Saya tidak bermaksud membodohi diri sendiri menjadi sesuatu, tapi satu-satunya cara anda dapat membuat itu terjadi jika anda percaya bahwa itu akan terjadi.
  • Menjangkau mentor. Ada banyak orang yang sukse dalam jaringan anda sendiri, dan anda juga dapat membuat koneksi baru. Menghubungkan dengan asisten mentor, mendengar apa yang diperlukan untuk seorang pengusaha.
  • Meminimalkan risiko, tetapi mengerti bahwa itu tidak dapat dihindari.
  • Berikan waktu jatuh tempo. Ide yang cepat, tetapi membuat mereka terwujud akan memakan waktu. Ingat hampir semua yang anda lakukan dalam bisnis akan memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.
  • Dapatkan orang lain untuk percaya kepada anda. Pengusaha sukses besar menjual visi mereka. Anda mungkin harus meyakinkan vendor, mitra, tuan tanah, investor, karyawan atau beberapa yang lain.
Bersiaplah untuk Gagal - Jangan takut gagal. Ada satu hal yang pasti, anda akan gagal sebelum anda berhasil. Menemui kegagalan, tapi jangan takut akan itu. Anggap saja sebagai bagian dari normal bisnis anda. Ini membantu anda membuat keputusan yang tepat di waktu berikutnya. Ini adalah super penting bahwa anda tidak mengaitkan kegagalan dengan langsung berhenti. 

Fokus Pada Pelanggan Anda -  Pelanggan anda menjaga anda dalam bisnis dan membuat anda bangkrut juga. Jika anda mendengarkan mereka, anda dapat meningkatkan produk atau jasa. Jika anda mengabaikan, mereka akan memecat anda. Pelanggan tidak hilang, mereka pergi ke pesaing anda. Jangkaulah pelanggan anda. Ajukan pertanyaan pada mereka. Tanyakan apa yang mereka suka dan tidak suka. Jika ada umpan balik negatif, jangan defensif tentang hal itu. Umpan balik negatif memberi anda kesempatan untuk memperbaiki. (Baca Juga : 7 Rahasia Meningkatkan Loyalitas Pelanggan )

Tetap Menguntungkan - Tetap menguntungkan akan memecahkan banyak masalah. Kurangnya keuntungan bisa membuat bangkrut dari bisnis bahkan jika anda memiliki rekor penjualan yang buruk. Lupakan penjualan. Lupakan pendapatan. Lupakan jumlah pelanggan. Selalu berhati-hati dari profitabilitas.

Mengelola Uang - Pengusaha yang gagal sering bingung dengan arus kas keuntungan. Keduanya tidak identik. Untuk sukses dalam bisnis, anda tidak hanya perlu arus kas, anda perlu arus kas positif. Dengan arus kas positif terjadi ketika menyalurkan uang ke dalam bisnis anda. Hal ini sederhana namun sering diabaikan. Perusahaan-perusahaan yang mengabaikan tujuan ini dengan arus kas negatif. Hal ini terjadi ketika arus kas keluar lebih besar dari kas masuk anda. Anda tidak boleh membiarkan aur kas minus.
Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan arus kas anda :
  • Usahakan dibayar di muka, meminta deposito atau pembayaran penuh di muka.
  • Sangat selektif dalam menawarkan kredit kepada pelanggan, menghindari jika mungkin.
  • Meningkatkan penjualan anda
  • Menawarkan insentif untuk pembayaran awal
  • Pinjaman aman untuk keadaan darurat.
Bencana Bisa Terjadi - Meskipun Warren Buffet memiliki portofolio untuk mengelola perusahaan. Walaupun ia mempekerjakan CEO dari masing-masing perusahaan untuk mengatasi satu lembar dalam kasus darurat. Lembaran kertas berisi informasi tentang aspek-aspek kunci dari perusahaan. Inti dari satu lembar kertas tersebut adalah bahwa anda harus siap untuk hal terbutuk. Jika anda ingin berhasil dalam usaha, anda harus mencari tahu bagaimana menghadapi yang tak terduga. Bagaimana jika orang terbaik bagian penjualan berhenti besok? Apakah anda mempunyai sistem yang jelas untuk itu?

Sistem sangat penting untuk pulih dari bencana. Prosedur formal. Mengidentifikasi bagian-bagian penting dari bisnis anda dan berpikir tentang apa yang diperlukan untuk memulihkan kehilangan salah satu karyawan terbaik anda. Sebagai contoh, jika perusahaan anda bergantung pada website e-commerce, kembangkan sistem untuk memulihkan situs dengan otomatis, atau ketika perusahaan hosting anda mengalami cash saat itu. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu