Skip to main content

Apakah itu Optimisme dan Kenapa Pengusaha Harus Optimis?

Apakah itu Optimisme dan Kenapa Pengusaha Harus Optimis? Optimisme artinya adalah suatu paham keyakinan atas segala sesuatu dari segi yang baik, menyenangkan dan sikap selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal. Siapapun kita, dalam hidup kita selalu didorong untuk terus optimis. Terutama dalam sebuah kompetisi. Ia, walaupun dari dilihat dari kenyataannya bakal kalah. Pelatih atau pembimbing berusaha memberikan dukungan positif dengan terus mengatakan agar anak didiknya tetap berpandangan baik. 

Kini kita hidup di dunia yang keras, penuh masalah dan penuh dengan berita-beri negatif. Kalau tidak mampu bertahan, siap-siap menjadi orang penuh dengan kebencian, ketakutan dan kererakahan. Lalu bagaimana cara mengalahkan pemikiran negatif itu? Biasanya hal-hal negatif muncul ketika kita berada dalam masa-masa sulit. Memang ada saja orang yang suka bersikap negatif terhadap sesamanya. Suka mengeluh dan menyalahkan keadaan dan orang lain. 
Apakah itu Optimisme dan Kenapa Pengusaha Harus Optimis?

Kita semua sudah pasti pernah mengalami hari-hari yang sulit. Dimana saat kita merasa kejadia-kejadian dalam hidup sangat jauh dari harapan. Maka pikiran pesimis pun muncul. Akhirnya kita memandang masa depan dan impian akan tetap seperti ini dan tak mungkin tereleasikan. Kemudian apa yang terjadi? Putus asa, menyerah dan pasrah. 

Maka sesuai dengan Kepercayaan kita anut, bahwa itu adalah sebuah ujian dari Tuhan. Mungkin benar, buktinya bukan kita yang hidup di dunia ini. Artinya bukan kita saja yang pernah mengalami kehidupan menyedihkan. Tapi kenapa mereka bisa melewatinya dan bahkan lebih baik? 

Merekapun berkata, kita dalam memandang hidup ini harus penuh dengan optimis, penuh harapan yang baik. Membuang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang berusaha mencuri mimpi kita. Memang terbukti, pandangan hidup dengan penuh optimisme akan membantu siapapun mengahadi hidup ini walau sesulit apapun tantangan yang datang. 

Misalnya, sewaktu kita bekerja, kita diberikan pekerjaan baru yang sama sekali itu adalah hal baru buat kita. Disini kita dapat melihat, bagaimana orang yang memiliki sikap optimis menyikapi pekerjaan baru tersebut. Mereka akan siap. Sementara bagi orang yang pesimis, langsung berpikir itu sebuah masalah besar. Karena langsung berpikiran negatif dan berpikir tidak mampu mengerjakannya tanpa mencoba. 

Orang optimis selalu mencari yang terbaik dalam situasi apapun dan mengaharapkan hal-hal baik akan terjadi. Mereka yakin apa pun tantangan yang datang pasti ada penyelesaiannya. Bahkan waktu sesuatu buruk terjadi, orang optimis bisa melihat hikmah dibalik suatu masalah itu. 

Namun perlu diingat, menjadi pribadi yang optimis bukan berarti apa yang telah terjadi akan berjalan dengan baik. Tapi optimis artinya kita melihat hal yang baik dan mengaharapkan yang positif dan berusaha keras mengejar, dan tidak ada alasan untuk menyerah. 

Bukan berarti juga kita pasrah dengan kehidupan yang sekarang berharap hari besok lebih baik. Tapi kita harus berpikir, bekerja keras dan berusaha agar masa depan kita lebih baik. Sikap optimis membuat kita terus semangat, penuh kerja keras dan penuh ambisi, percaya bahwa segala masalah atau tantangan dapat dihadapi. 

Studi menunjukkan bahwa orang optimis mempunyai harapan hidup lebih pajang daripada orang pesimis. Sebab terlalu terus khawatir juga menyebabkan stress dan akhirnya menimbulkan sakit. Tidak ada fakta yang mengatakan dengan pemikiran optimis, orang akan cepat kaya. Tapi sikap optimis akan membantu kita fokus untuk mencapai tujuan itu. 

Demikian juga dalam karir di perusahaan atau tepatnya sebagai pengusaha. Pengusaha selalu berkata bahwa mereka terus berpikir positif saat memulai bisnis sampai sukses. Bahkan mereka memberikan salah satu kunci kesuksesan pengusaha adalah optimisme. Jangan pesimis dan optimis. Optimislah bahwa apa yang akan kita lakukan memberikan manfaat dalam karir. Memberikan kontribusi kepada perusahaan. Menjadi orang sukses harus menjadi orang yang berguna bagi banyak orang. Pada umumnya mereka mempunyai kebiasaan positif. 

Baca Juga : Tips Pengusaha - Latihan Seorang Entrepreneur Untuk Optimis

Mulailah melangkah dengan bersikap positif. Karena optimisme selalu melahirkan keberanian dan membuat orang tetap sangat kuat walau dalam situasi yang menekan untuk mencapai mimpi, tujuan hidup dan tujuan bangsa. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu