Skip to main content

7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik

Dari tahun ke tahun, kebutuhan kita terus memperlihatkan kenaikan. Tidak hanya kebutuhan pokok saja, namun kebutuhan lainnya juga ikut bergerak naik.  Hal itu menuntut kita untuk berjuang lebih keras lagi dalam mendapatkan penghasilan. Belum lagi untuk merencanakan masa depan dengan memiliki banyak tabungan untuk keperluan nanti. Keberadaan uang memang sangat penting, bahkan uang ini bisa menjadi motivasi bagi setiap orang untuk bisa melanjutkan hidup ke arah yang lebih baik dengan bekerja dan berkarya dalam kehidupannya. Namun, uang yang telah di dapat selalu saja terkesan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, karena tingginya kebutuhan serta keinginan yang dimiliki.

Oleh karena itu, diperlukan pengaturan keuangan yang baik, agar dapat memenuhinya tanpa masalah yang berarti.

Berikut ini ada tujuh manfaat yang bisa anda dapatkan, jika mengelola keuangan dengan baik:

1.    Melatih untuk Menjalankan Pola Hidup Hemat

Hidup yang lebih hemat bukanlah hidup yang pas-pasan bahkan serba kekurangan. Hidup hemat adalah hidup dengan berkecukupan, bahkan bisa mewujudkan apa yang diinginkan. Ini adalah manfaat dasar yang pasti Anda dapatkan jika berhasil mengelola keuangan dengan baik.

Atur keuangan anda di setiap bulannya, dengan mendahulukan kewajiban, kebutuhan serta menghilangkan atau meniadakan utang yang bisa menimbulkan masalah dalam keuangan Anda. Hemat juga dapat mengontrol Pengeluaran Anda yang mungkin sering berlebihan.

2.    Berlatih Untuk Lebih Tertib dan Teratur

Selain hemat, jika dapat mengelola keuangan dengan baik, lihat saja, hidup Anda akan lebih tertib dan teratur. Segala hal yang akan inginkan, termasuk kebutuhan Anda sendiri dan keluarga selalu terencana dengan detail.

Tidak hanya kebutuhan pokok, sesuatu yang bisa me-refresh Anda seperti pergi berlibur, berwisata religi dan kebutuhan Jasmani lainnya bisa juga Anda wujudkan. dengan begitu kehidupan akan menjadi lebih seimbang.

7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik


3.    Mengurangi Stres

Stres adalah masalah kesehatan yang bisa membahayakan Anda. Jika Stres sudah terlalu meninggi, Anda bisa berisiko terkena penyakit lainnya, bahkan menimbulkan kematian. Oleh karena itu, mulailah kelola keuangan Anda dengan baik sekarang juga.

Hindari hal-hal yang dapat memicu stres, seperti utang yang besar, pinjaman yang belum lunas karena bunga semakin tinggi dan masalah keuangan lainnya yang sekiranya memang memicu penyakit stres ini. buatlah pikiran Anda lebih ringan dengan banyak menabung saja.

4.    Memiliki Perencanaan Masa Depan Yang Lebih Baik

Jika sudah bisa berhemat dan menjalani hidup dengan lebih ringan tanpa masalah utang, bisa dipastikan bahwa perencanaan masa depan Anda juga jauh lebih baik.

Pasalnya, saat semua terencana dan detail, apa yang Anda inginkan untuk masa depan nanti, bukan tidak mungkin akan terjadi. Inilah manfaat yang akan terasa oleh Anda baik sekarang maupun nanti.

5.    Bisa Memiliki Perlindungan Dari Kejadian yang Tidak Terduga

Berjalannya hidup terkadang penuh dengan ketidakpastian. Pasalnya, kita tidak pernah tahu apa yang sewaktu-waktu bisa menimpa kita di masa depan nanti.

Dalam hal ini tentunya risiko terburuk yang bisa dihadapi yang membutuhkan perlindungan untuk diri kita atau keluarga kita.

Dengan mengatur keuangan secara maksimal, Anda juga akan memikirkan tentang hal ini, bagaimana memilih perlindungan yang sesuai untuk kita, misalnya dalam bentuk asuransi. Keuangan yang teratur pastinya akan memiliki pos khusus untuk masalah ini.

6.    Menghindarkan Diri Dari Utang

Percayalah bahwa keberadaan utang hanya manis di awal, namun pahit di akhir. Kita harus melunasi uang yang kita pernah pinjam ke lembaga keuangan, atau kepada pihak tertentu, dengan adanya kelebihan uang berupa bunga yang cukup besar.

Bukankan ini hanya akan menambah pengeluaran kita menjadi lebih besar lagi. Dengan mengatur keuangan secara maksimal, kita bisa menghindari utang dan meredam keinginan akan sesuatu yang menyebabkan kita berutang.

Cukup rencanakan dan catat barang atau keinginan apa yang ingin dimiliki, kumpulkan uangnya, lalu dapatkan secara cash tanpa harus berutang.

7.    Utamakan Sedekah

Hampir sebagian orang percaya bahwa sedekah membawa kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup ini. Untuk bisa bersedekah dengan maksimal, tentunya kita perlu mengatur keuangan kita terlebih dulu. Tidak akan ada kerugian yang Anda terima, sekalipun jika rajin bersedekah. Bahkan uang tersebut akan Tuhan tukar dengan uang yang lebih banyak lagi untuk Anda.

Manfaat lain yang didapat adalah rasa sosial kemanusiaan kita akan lebih terasah lagi, sehingga rasa bahagia itu akan muncul.

Sumber Artikel dari http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/11/15/052648726/7.manfaat.mengelola.keuangan.dengan.baik

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu