Skip to main content

10 Jenis Usaha Sampingan untuk Guru

Salah satu jenis usaha sampingan untuk guru adalah membuka bisnis bimbingan belajar atau les privat karena sesuai dengan profesinya dan bisa dikerjakan setelah pulang sekolah. Sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Setelah tempat les berjalan dengan normal, atau murid sudah bertambah banyak. Anda bisa menggaji guru les lain. Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Para guru merupakan orang yang paling berjasa bagi dunia pendidikan dan pengetahuan. Sehingga mereka sangat layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Peran guru sangat banyak dalam membantu orang tua untuk mendidik dan memberikan ilmu pengetahuan. Saat ini salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang guru adalah peran guru yang mulia tidak sesuai imbalan. Misalnya guru honorer yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dijalani, terlebih yang tinggal di pedesaan. 

Walaupun mereka sebagai guru tetap pun sebagian besar masih mengalami keadaan jauh dari kata cukup atau pantas terkait dengan gaji atau imbalan sebagai seorang guru. Masalah yang seringkali dihadapi oleh guru honorer adalah selain gaji pokok yang kecil, sebagian besar guru honorer juga tidak mendapat uang tunjangan yang memadai. Perlu kita ketahui juga bahwa seorang guru honorer tidak mendapat uang tunjangan sehingga gaji yang diperoleh sangat kecil. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa solusi atau jalan keluar untuk mengatasi minimnya gaji yang diperoleh baik guru tetap maupun guru honorer. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah memiliki usaha sampingan. 

Baca Juga : 8 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan

Selain itu, mereka juga memiliki banyak kesempatan untuk punya bisnis sendiri atau usaha sampingan. Bekerja sebagai guru adalah jenis pekerjaan yang mulia dan berjasa sangat besar. Tapi mengingat pendapatan mereka tidak sesuai dengan tuntutan pekerjaan, membuat mereka harus mencari pendapatan sampingan selain korupsi. Jadi solusinya adalah memutuskan membuat usaha kecil sampingan;

Berikut adalah dibawah ini dijelaskan beberapa jenis-jenis usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh seorang guru;
  • Bisnis Bimbel dan Les Private
Bimbel adalah suatu tempat yang dibuat khusus untuk membantu siswa dalam mendalami materi pelajaran sekolah. Bimbel biasanya diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pelajaran tambahan selain di sekolah. Tidak ada salahnya jika Anda membuka suatu tempat les dan bimbingan belajar di luar jam sekolah bagi murid-murid yang menginginkan tambahan jam belajar dan pendidikan. Tapi, anda harus ingat agar selalu adil. Jangan karena sebagian murid tidak les pada anda sehingga mengurangi nilainya. Atau memberikan jawaban soal untuk anak-anak yang les pada anda sendiri. 

  • Menitip Jualan Di Koperasi Sekolah
Anda dapat memanfaatkan fasilitas sekolah, yaitu melakukan kerjasama dengan koperasi sekolah untuk menitipkan produk jualan Anda tersebut. Misalnya produk-produk yang kerajinan tangan yang bernilai bagi siswa. Anda dapat menitipkan produk-produk di koperasi sesuai dari hobi dan jenis usaha apa yang Anda minati.

  • Usaha Kuliner
Anda bisa menawarkan jasa menyediakan konsumsi untuk kegiatan pertemuan di sekolah tempat mengajar maupun di sekolah lain karena seorang guru biasanya punya banyak relasi dan kenal dekat dengan rekan-rekan guru lain. Tidak hanya makanan pokok, Anda dapat menjual makanan-makanan kecil seperti snack, minuman dan semacamnya.

  • Bisnis Online
Jualan online mempunyai cakupan yang sangat luas, baik bagi pemasaran, pembeli, maupun produk yang ditawarkan. Anda bisa berbisnis jual beli online, sebagai pengelola website, menjadi penulis, dan berbagai bisnis online lainnya. Tentukan usaha online sesuai dengan apa yang diminati agar Anda selalu termotivasi mengerjakannya dengan serius.

  • Penulis Buku
Salah satu bisnis yang dapat dijalani pada waktu luang adalah menulis buku. Anda dapat menulis buku tentang ilmu pengetahuan yang telah Anda pelajari, atau mungkin novel, cerita pendek, menulis di blog, dan lain sebagainya. 

  • Usaha Sampingan dibidang Peternakan
Usaha sampingan ini pun sangat cocok dikerjakan oleh seorang guru. Apalagi jika benar-benar direncanakan dengan baik dan serius menjalankannya. 

  • Usaha Kerajinan Tangan
Hobi tidak terbatas pada menulis, masih banyak hobi yang lain seperti membaca, fotografi, menjahit, olahraga dan bahkan melakukan kerajinan tangan. Hasil dari kerajinan tangan sangat beragam, semua tergantung dari ide dan inovasi yang Anda miliki untuk membuat dan menghasilkan barang tersebut. Kerajingan tangan itu bisa dijual ke guru-guru yang lain.

  • Usaha Sampingan dibidang Pertanian
Usaha dalam bidang pertanian ini merupakan jenis usaha yang sebenarnya sangat cocok untuk negara kita tercinta ini. Usaha dalam bidang pertanian juga tak selamanya bermodal besar namun juga dapat dijalankan dengan modal yang kecil tergantung dari jenis tanaman apa yang akan kita tanam. Mungkin ini paling cocok bagi guru-guru yang ada di pedesaan, dimana masih tersedia cukup luas tanah. Untuk dijadikan sebagai pertanian seperti menjual tanaman-tanaman muda. Misalnya sayur-sayuran, jagung, cabe dan lainnya. Karena mengurusnya pun bisa dikerjakan setelah pulang sekolah. 

  • Berbisnis MLM Secara Online
Bisnis MLM online adalah salah satu peluang usaha sampingan yang layak diperhitungkan oleh para guru. Salah satu bisnis MLM yang saya rekomendasikan dan bisa dikerjakan secara online adalah bisnis MLM Oriflame, Tupperware, dan masih banyak lagi. Pelaku bisnis MLM juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan jaringan mereka.

  • Jasa Pengetikan dan Translate
Peluang usaha ini bisa dimanfaatkan oleh seorang guru yang ingin menambah penghasilan. Apalagi bagi guru bahasa inggris, bisa menerima terjemahan bahasa inggris - indonesia dan sebaliknya. Peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan. 

Comments

  1. sebagian udah Sedang dilakukan tapi masih jauh dari harapan

    ReplyDelete
  2. masalahnya kadang belum mmepunyai sumber daya atau modal. seperti kasus teman saya tingal di daerah jawa, tanah juga gak ada, kemampuan nulis juga gak ada, tapi ia jualan masih terbatas waktu mungkin agan punya solusi dengan teman saya tersebut

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu