Skip to main content

12 Tips Sukses Sebagai Freelance

Waktu dulu freelance dianggap sebagai karir terakhir seseorang yang bisa dikatakan bukan pekerjaan menjanjikan dan tidak menetap. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa banyak orang di seluruh negara semakin memilih pekerjaan lepas. Banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi seorang freelance yang dapat menghasilkan penghasilan melimpah. Freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang dipilih oleh beberapa orang dengan alasan waktu fleksibel. 

Pada akhir April lalu, Freelancer menyebutkan bahwa jumlah pekerja lepas di Indonesia terus meningkat. Saat ini, jumlah pengguna yang terdaftar Freelancer.co.id telah meningkat hingga 500.000 orang. Hal ini, kata mereka, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menjadi semakin tertarik untuk menjadi pekerja lepas. Itu artinya bekerja sebagai pekerja lepas sangat menjanjikan dan dapat dijadikan sebagai mata pencaharian menetap. Menjadi seorang freelancer dapat memberikan berbagai macam kemudahan. Modal utama agar sukses menjadi freelancer selain disiplin tentunya adalah profesionalitas. 

http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/Lalu apakah menjadi seorang freelance profesional itu mudah? Tentu tidak! Seorang pekerja lepas harus benar-benar mengerti pelanggannya, dan mengetahui apa yang mereka inginkan? Jelas, pekerjaan freelance punya banyak kesempatan, asalkan mereka mengambil langkah-langkah tepat untuk memastikan bisnis sukses. Berikut adalah tujug tips untuk berhasil sebagai freelance di pasar saat ini;
  • Fokus Pada Website Anda
Saat ini, hampir tidak mungkin untuk melakukan usaha tanpa terlebih dahulu membangun sebuah situs yang menarik dan user-friendly. Tidak hanya websote berfungsi sebagai wajah publik dari bisnis freelance anda, tetapi juga membantu memastikan klien bisa berhubungan dengan anda dan meminta layanan anda. Untuk hasil terbaik, investasikan uang dalam memastikan situs web anda terlihat profesional pada kedua desktop dan platform mobile. Selain itu, anda harus berusaha untuk membuat situs dengan artikel dan video yang sesuai dengan bidang anda. Kamu bisa juga menambahkan hasil yang pernah dikerjakan di tempat lain. 

  • Bangun reputasi Anda
Sama seperti pekerja biasa, sebagai pekerja lepas, reputasi Anda adalah hal yang sangat penting. Bagi Anda yang baru akan memulai karir sebagai pekerja lepas, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun reputasi Anda

  • Bekerjalan Tepat Waktu
Seorang freelancer pun harus dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang disepakati. Anda harus bekerja bahkan berjuang lebih keras dari biasanya agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika tidak dapat menyelesaikan sesuai waktu yang telah disepakati, sebaiknya jujur saja pada klien dan meminta maaf. 

  • Carilah Beberapa Sumber Penghasilan

Ini adalah fakta kehidupan bahwa kerja lepas ada pasang surutnya. Jika anda ingin mempertahankan pendapatan yang relatif stabil, penting untuk melakukan diverfisikasi basis klien anda. Dengan mengambil beberapa klien dari berbagai ukuran yang berbeda. Selain itu, menjelajahi basis pelanggan yang berbeda dapat membantu anda mendapatkan keahlian di bidang baru dan berpotensi menguntungkan. Hal ini sangat penting jika anda berharap untuk mengembangkan bisnis anda dalam jangka panjang.

  • Selalu Bersikap Ramah
Sikap ramah pada adalah hal yang perlu dilakukan oleh seorang freelancer. Sebab setiap pelanggan ingin dilayani dengan ramah dan merasa nyaman. Proyek besar ataupun kecil yang diberikan setiap konsumen harus disamakan. Jangan karena proyeknya kecil, anda menganggap mereka biasanya saja.
  • Memberikan Penawaran Yang Proporsional
Jangan terlalu membanggakan pekerjaan anda sebelumnya di hadapan klien, sehingga anda meminta bayaran yang terlalu mahal. Ingat, pekerja lepas bukan hanya anda, banyak yang punya skill berkeliaran diluar sana. Jadi lebih baik memberikan penawaran kerja sama yang proporsional.

  • Memanfaatkan Sarana Yang Tersedia 
Upgrade komputer yang ada demi memaksimalkan kinerja perusahaan, sebelum mampu membeli komputer yang baru. Jadi, jangan manjadikan fasilitas sebagai alasan untuk maju.

  • Memberikan Diskon Pada Pelanggan Setia
Sekali-kali berilah potongan harga pada pelanggan yang setia menggunakan jasa anda. 

  • Minta Saran dan Masukan dari Klien
Jangan sungkan untuk meminta kritik, masukan, serta testimoni dari pelanggan Anda agar Anda dapat memperbaiki kualitas pekerjaan Anda nantinya.

  • Berinvestasi di Pemasaran
Walaupun internet telah memungkinkan untuk terhubung dengan klien di seluruh dunia, freelancer masih perlu menempatkan usaha dalam memasarkan layanan mereka jika mereka masih berharap menjadi sukses. Sebelum memasuki dunia kerja mandiri, adalah bijaksaja jika anda bisa membuat daftar target audiens anda. Misalnya anda bisa menghadiri pameran dagang dan seminar, memanfaatkan iklan pay per klik, atau mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan optimasi mesin pencari situs anda. Selain itu, banyak freelance yang beralih ke media sosial untuk membuat kontak dan membangun hubungan dengan klien potensi saat ini.
  • Berteman
Salah satu kelemahan dari freelance adalah bahwa anda tidak memiliki teman-teman kantor, jadi dengan siapa anda akan dapat bertukar pikiran dan simpati setiap hari? Untuk menebus kekurangan ini, pekerja mandiri harus berusaha untuk berteman dengan orang lain dalam industri yang sama. Jika anda tidak tahu para freelance di daerah anda, anda dapat bergabung dengan grup online. Tidak hanya dapat bergabung dengan grup online, sesama freelance juga bisa saling sharing dan saling merekomendasikan.

  • Menyimpan Untuk Asuransi
Jangan lupa dengan kesehatan, kita tidak tahu kapan penyakit itu datang. Jadi ada baiknya mempersiapkan diri sebelum itu datang menyerang tubuh. Bayangkan saja, ketika tidak punya proyek yang artinya tidak ada pendapatan, kita sakit atau masuk rumah sakit. Untuk hasil terbaik, buatlah rekening tabungan untuk asuransi kesehatan dan berinvestasi cukup.

  • Mengatur Batas Kerja
Meskipun penting bahwa freelancer bekerja keras untuk membangun bisnis mereka, itu suatu kesalahan untuk membiarkan klien-klien menginjak anda. Ketika rumah anda juga kantor, anda mungkin tergoda untuk menerima telepon dan menjawab email di setiap hari dan setiap jam hingga malam. Jangan hanya ada untuk klien tapi kurang untuk keluarga.

Comments

  1. Freelance merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas atau istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu