Skip to main content

Cara Menjadi Freelancer - 25 Tips Untuk Sukses!

Menjadi freelancer berarti banyak kebebasan untuk merencanakan ahri anda sendiri di tempat kerja. Tapi bagaimana untuk menjadi seorang freelancer yang sukses? Hal juga memerlukan disiplin dan perencanaan. Menjadi bos diri sendiri, anda harus pandai membuat aturan yang tepat untuk sukses. Bekerja secara freelance atau paruh waktu, bagi sebagian orang sepertinya bukan lagi sekedar mengikuti tren melainkan pilihan hidup. 

  • Membuat Pemasaran/ Rencana Bisnis
Ini harus menjadi hal pertama yang anda lakukan. Meskipun anda memiliki semua info yang diperlukan di kepala anda, menuliskannya di atas kertas akan memberikan banyak kemajuan dan pasti layak dikerjakan secara ekstra. Selain itu, ajan menjadi lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dari mitra bisnis potensial atau investor ektika anda memiliki rencana bisnis yang baik untuk ditunjukkan kepada mereka. Anda perlu tahu bagaimana cara menemukan klien, anda perlu rencana di tempat.

  • Rencana Hari Ke Depan
Biarkan diri anda satu jam atau lebih pada setiap awal minggu kerja atau jam terakhir untuk merencanakan minggu mendatang. Maka akan lebih mudah bagi anda untuk merencanakan bagaimana untuk menghabiskan hari besok untuk mencapai tenggat waktu proyek. Apalagi proyek yang berkelanjutan

  • Gunakan Perangkat Lunak Gratis, Tetapi Membeli Beberapa Alat Premium yang akan Membuat Anda Lebih Produktif
Memulai sebagai freelancer dapat menantang ekonomi, dan dengan memilih dari semua yang tersedia, baik perangkat lunak gratis dapat menghemat biaya, dimana biaya itu bisa diperuntukan yang lebih penting. Bebas tidak harus berarti itu bukan perangkat lunak yang baik, ada lebih banyak pilihan dan lebih tersedia setiap hari jadi pastikan Anda memeriksa apa yang dapat digunakan terkait dengan bisnis Anda. Ketika Anda membeli komputer, kamera, tablet atau printer pastikan untuk memeriksa perangkat lunak yang datang dengan itu juga.

Jangan mencoba untuk menggunakan software berbayar semuanya, tapi bayarlah untuk alat premium yang digunakan setiap hari. Misalnya ketika membangun website tidak menggunakan thema gratis.
  • Membuat Blog/ Webiste
Dijaman internet, memiliki situs web sendiri berarti dapat banyak. Tidak hanya membuat Anda terlihat lebih profesional tetapi juga merupakan pintu gerbang untuk klien baru. Banyak orang-orang melakukan surfing net untuk menemukan sesuai proyek-proyek mereka berikutnya dan jika mereka tidak dapat menemukan Anda secara online, maka mereka tidak akan tahu Anda berada di sana.

  • Memperbaharui Website Anda Secara Teratur
Apakah Anda sudah memiliki website atau blog? Tapi untuk memaksimalkan nilai kepada Anda itu sangat penting untuk memperbarui secara teratur. Jika klien baru mengunjungi situs Anda dan melihat bahwa Anda belum memperbarui konten untuk waktu yang sangat lama, yang mungkin saja menjadi alasan bagi mereka untuk memilih orang lain sebagai gantinya. Memperbarui secara teratur akan memerlukan satu jam dari waktu Anda sesekali dan namun kemudian dapat membayar kembali beberapa kali penghargaan Anda dengan klien baru.

  • Berikan Pengunjung Online Anda Sesuatu Yang Gratis
Memberikan sesuatu yang ekstra kepada para pengunjung di website Anda selalu merupakan hal yang baik. Jika Anda bekerja sebagai seorang desainer Anda dapat misalnya mempertimbangkan memasang beberapa tekstur gratis atau tombol. Ini akan memberikan situs Anda lebih banyak pengunjung dan berpotensi lebih banyak klien untuk Anda. Sekali lagi ini bisa menjadi tambahan yang dibutuhkan untuk mendapatkan klien baru
  • Menggunakan Media Sosial
Media sosial adalah di mana banyak hubungan yang dibuat hari ini. Tidak peduli negara mana Anda tinggal, menggunakan media sosial dapat menghubungkan Anda ke klien potensial dan mitra di seluruh dunia. Twitter adalah suatu keharusan, dan Anda harus mempertimbangkan Facebook dan juga forum yang berhubungan dengan bisnis Anda. Dalam beberapa media ini Anda dapat mengiklankan bisnis Anda sendiri selama Anda bisa pastikan untuk tidak mengirim spam terlalu banyak.

  • Dapatkan Rekan
Memiliki sekutu atau rekan bisa berarti segalanya. Menghubungkan dengan orang-orang melalui media sosial atau bahkan menyebarkan mengenai bisnis Anda melalui teman dan kelarga. 

  • Menyimpan Pendapatan
Meskipun bisnis Anda mungkin berjalan dengan sangat baik, dan mungkin akan datang bulan yang buruk. Menjadi freelancer adalah menjadi rentan terhadap perubahan di pasar. Saran kami sangat baik menyimpan sedikit dari penghasilan anda setiap bulan, simpan di rekening tabungan untuk berjaga-jaga di saat-saat anda kesusahan.

  • Jadilah Kreatif
Ada banyak cara untuk menjadi kreatif, untuk mendapatkan klien baru atau untuk membuat lebih baik menggunakan peralatan dan ruang kantor. Beberapa contoh dapat meng-upgrade komputer yang ada jika Anda tidak mampu beli yang baru, mendekorasi ulang kamar cadangan jika Anda tidak mampu sewa untuk kantor di luar rumah Anda. Tambahkan produk atau layanan baru ke daftar Anda saat ini atau meminta teman atau keluarga jika mereka tahu siapa saja yang mungkin membutuhkan jasa Anda. 

  • Memberi penghargaan para pelanggan setia
Jika pasar semakin ketat, Anda perlu melakukan apa yang Anda bisa untuk mendatangkan pelanggan Anda kembali waktu kedua dan ketiga. Menjadi ramah dan memberikan layanan selalu suatu keharusan, tapi bagaimana memberi mereka diskon jika untuk kedua kalinya? Atau mengirim mereka penawaran khusus dari berbagai jenis. Gunakan fantasi Anda dan menerapkan hal-hal ini ke dalam rencana bisnis Anda. Membuat pelanggan ingin kembali dan Anda akan memiliki kesempatan terbaik mungkin untuk bertahan hidup.

  • Perlakukan Setiap Klien Seolah-Olah Ia Adalah Satu-Satunya
Memberikan pelanggan yang sudah ada penawaran yang baik sebagaimana disebutkan dalam tip sebelumnya adalah penting. Jika pelanggan merasa penting, ia lebih setia juga. Gunakan bahasa positif ketika Anda berbicara atau menulis kepadanya. Jangan takut untuk mengatakan bahwa Anda akan pergi keluar dari cara Anda untuk memastikan ia puas dengan produk / layanan dia mendapatkan. Dan ingat untuk membiarkan dia tahu bahwa Saran atau masukan dihargai. Dengan cara itu Anda dapat terus membuat layanan Anda lebih dan lebih menarik dan mendapatkan klien lebih bahagia. Jangan lupa bahwa klien yang sudah ada dapat menjadi iklan terbaik yang pernah Anda dapatkan!

  • Bekerja ketika Anda berada di tempat kerja
Jika Anda telah memutuskan untuk bekerja dari katakanlah 08:00-16:00 setiap hari, maka lakukanlah. Jika anda memiliki tugas memeriksa akun email pribadi, panggilan telepon pribadi dan seterusnya, itu akan makan waktu kerja yang tentu sangat anda butuhkan. Buatlah janji pada dirisendiri hanya melakukan itu semua setelah bekerja atau selama istirahat makan siang. Aturlah waktu anda dengan baik agar tidak kacau.

  • Tahu kapan untuk memulai dan menghentikan
Sama pentingnya dengan benar-benar bekerja ketika Anda berada di tempat kerja, mulai ketika Anda harus dan berhenti ketika Anda harus. Anda mungkin harus mempersiapkan diri untuk bekerja lembur sesekali dan kemudian untuk menjaga bisnis Anda hidup, tapi sangat penting bahwa Anda memiliki waktu luang juga. Anda perlu untuk memulihkan dan mendapatkan pikiran Anda dipenuhi dengan hal-hal lain atau Anda akan terbakar dan merusak hal-hal untuk diri sendiri. Jadi ingat untuk mengikuti aturan Anda sendiri pada saat untuk memulai dan menghentikan hari di tempat kerja.

  • Menjaga keuangan Anda rapi
Menjaga keuangan Anda rapi mungkin terdengar mudah, dan itu bisa - selama Anda mengawasi mereka secara teratur. Tidak peduli seberapa kecil bisnis yang anda jalankan, tapi juga akan mengalami kesulitan jika hanya menghabiskan waktu pada penagihan. Aturlah tanggal bayar tagihan anda, mengirim faktur kepada klien dan membuat anggaran bulanan. Tidak hanya akan membuat lebih mudah bagi Anda sepanjang tahun tetapi Anda akan dapat memperbaiki kesalahan lebih cepat, dapat dilakukan penyesuaian jika diperlukan dan sebagainya.

Baca Juga : Ingin Sukses Sebagai Freelance? Ubahlah Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Ini

  • Ingatlah untuk bernapas
Bernapas Anda katakan? Ya;) Dan dengan pernapasan artinya abda harus mengurus diri sendiri. Anda mungkin pekerja lepas menggunakan dua komputer atau, kamera atau alat lainnya, - tetapi alat yang paling penting akan selalu menjadi diri sendiri. Ingatlah untuk terus menghabiskan waktu pada hobi Anda, teman-teman dan keluarga bahkan jika Anda memiliki jadwal kerja yang sibuk.

  • Keluar dari rumah kadang-kadang (terutama jika Anda bekerja dari rumah)
Jika Anda memiliki kantor berbasis rumah itu penting untuk mendapatkan udara segar. Memesan beberapa pertemuan Anda di tempat lain, bertemu mitra bisnis untuk makan siang, atau menghabiskan satu atau dua jam bekerja dari sebuah toko perpustakaan atau kopi dengan laptop Anda jika Anda bisa. Perubahan pemandangan dapat meningkatkan tingkat energi Anda / kreativitas dan memberikan banyak kembali.

  • Membuat Kata-Kata Inspirasi
Hari kasar datang dan hari buruk berjalan. Sesederhana seperti kedengarannya, memiliki sesuatu di sekitar Anda untuk mengingatkan Anda tentang mengapa Anda bekerja keras, ini bisa menjadi apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan beberapa energi ekstra pada satu hari yang sulit. Membuat serangkaian inspirasi Anda sendiri! Mengambil seutas tali atau menggunakan gabus papan / papan tulis, mana yang telah tersedia. Menambahkan gambar dari anak-anak Anda, dari tempat liburan Anda, menabung untuk pergi ke suatu tempat, mungkin gambar mobil. Tambahkan beberapa kutipan inspirasional favorit Anda atau gambar, apa pun yang menginspirasi Anda benar-benar.

  • Jadilah rendah hati
Tidak ada yang lahir menjadi seorang ahli atau juara dunia. Jika hal berjalan dengan baik atau Anda merasa di atas , itu dapat mudah untuk mendapatkan sedikit terlalu percaya diri, yang dapat berakibat buruk bagi reputasi Anda dan buruk bagi kualitas pekerjaan Anda. Anda harus selalu bertujuan untuk menjadi rendah hati, mendengarkan klien Anda pada apa yang mereka inginkan. Beri mereka pendapat profesional Anda bila diperlukan tetapi pada akhirnya itu klien yang menghasilkan gaji Anda. Juga ingat untuk rela mengambil saran dari rekan-rekan atau orang lain yang telah berada di pasar untuk sementara waktu.

  • Terlihat Profesional, dalam setiap cara yang memungkinkan
Anda memiliki logo, website dan sebagainya dan hal-hal mulai terlihat cukup bagus. Ingatlah untuk juga bertemu klien dengan hormat, terlihat rapi dan sopan. Menjadi bos Anda sendiri tidak berarti Anda dapat berbicara atau bertindak dengan cara apapun dan masih menjaga klien Anda.

  • Mintalah Mmpan Balik (Saran dan Masukan)
Tidak hanya harus Anda mempunyai komentar diaktifkan pada website Anda, tetapi Anda juga harus meminta teman-teman / keluarga / sekutu untuk umpan balik pada pekerjaan Anda. Dan yang paling penting dari semua, setelah Anda selesai proyek Anda - meminta klien apa yang dia pikir. 

  • Selalu membawa notebook atau Buku Catatan bersama Anda
Itu menjadi sebuah buku catatan normal, iPhone Anda atau bentuk digital lain dari "notebook" sebaiknya membawanya bersama Anda dan ingat untuk mengambil catatan. Hal ini karena berbagai alasan. Tidak hanya tiba-tiba bertemu dengan klien potensial atau yang sudah ada, tetapi mungkin ada ide-ide berharga ketika anda berada dalam bus, di pesawat atau ditempat lain.
  • Luangkan Waktu Yang Anda butuhkan!
Ini sangat penting, tidak dapat disebutkan cukup. Sama seperti dengan tip tentang belajar untuk mengatakan tidak. Setelah Anda telah mengatakan ya untuk proyek Anda perlu memastikan bahwa Anda mengambil waktu yang dibutuhkan untuk melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan. Menyerahkan proyek yang setengah matang tidak hanya akan membuat klien itu tidak akan datang kembali, tetapi bisa memberi Anda reputasi buruk. Klien Anda adalah referensi terbaik untuk menunjukkan diri anda di masa depan dan tidak ada freelancer yang ingin meninggalkan pekerjaan setengah jadi.

Jangan ragu untuk meninggalkan tips Anda sendiri atau Saran atau masukan menggunakan komentar, dan semoga berhasil di dunia freelancer! :)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu