Tenaga penjualan dan semua grosir para distributor terbaik memiliki satu kesamaan yaitu kredibilitas. Ketika klien mempercayai anda, anda punya kesempatan untuk membangun hubungan dalam jangka panjang, hubungan yang saling menguntungkan. Kepercayaan atau kredibilitas adalah kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana kita memiliki keyakinan padanya. Membangun kepercayaan dengan klien menjadi salah satu hal penting dalam proses berjalannya sebuah bisnis. Karena kredibilitas yang kita dapatkan, bisa menjadi sebuah hubungan yang baik dan mendatangkan pelanggan lebih banyak dan bisa dikatakan promosi gratis. Karena jika seorang costumer sudah percaya pada produk atau layanan anda, maka tanpa disuruhpun mereka akan merekomendasikan produk dan layanan kepada teman, keluarga, teman bisnisnya. Bagaimana anda bisa mendapatkan kesempatan pada tingkat ini dengan klien anda? Ikuti tips dibawah ini untuk membangun kredibilitas anda;
- Memikirkan Hal-Hal Keci
Menggunakan kata "kau" bukan "anda" mungkin tidak tampak seperti kesalahan besar, tetapi dapat ketika anda mencoba membangun kredibilitas. Ketika seorang pelanggan hanya mengenal anda dan perusahaan anda, anda perlu memancarkan profesionalisme. Klien akan melihat ejaan dan tata bahasa yang salah dan apakah anda sengaja membalikkan dua angka. Mereka akan menganggap anda tidak detail.
- Tidak Janji Berlebihan.
Tenaga penjualan dan grosir distributor harus selalu hidup dengan motto "tepat janji". Ketika anda membuat janji dengan klien, pastikan itu semua ditepati, jangan hanya memberikan janji tapi pada akhirnya tidak mampu membayarnya. Itu menghancurkan kepercayaan anda. Bagaimana klien bisa percaya pada apa yang anda katakan ketika anda melanggar janji pertama yang pernah kalian buat untuk mereka?
- Menjual Apa Yang Mereka Butuhkan
Ketika penjual mencoba untuk menjual produk terbaru kepada klien hanya untuk memenuhi kuota, mereka lupa untuk mempertimbangkan apakah klien mereka benar-benar akan mendapatkan keuntungan dari produk tersebut. Wiraniaga harus fokus pada penjualan yang hanya apa dibutuhkan klien, maka klien akan segera mulai melihat anda sebagai hanya penjual lain yang hanya mencoba memikirkan uang.
- Menunjukkan Bukti Pada Mereka
Klien ingin mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan telah berhasil bagi perusahaan lain di masa lalu. Sebuah bukti yang dapat anda tawarkan kepada klien, yang membuat perusahaan anda terpercaya. Sebelum mulai melempar ke pelanggan baru, buatlah studi kasus yang menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan di industri mereka telah berhasil dengan produk atau layanan anda. Datang ke pertemuan dengan persiapan untuk berbicara tentang hasil perusahaan anda.
- Memiliki Kehadiran Online Yang Kuat
Ketika anda pertama kali melakukan kontak dengan pelanggan baru, kemungkinan besar, bahwa klien akan segera melihat nama perusahaan di Google untuk melihat siapa anda. Apa yang akan mereka temukan ketika mereka mulai memeriksa perusahaan? Pastikan bisnis anda hadir secara online sehingga klien anda melihat anda dalam cahaya yang positif. Memperbaharui profil LinkedIn anda dan menggunakan poto profesional. Periksa pengaturan provasi pada profil media sosial lain sehingga anda dapat yakin klien tidak akan melihat foto pribadi atau update status jika anda tidak ingin mereka juga melihatnya. Ingat, kesan pertama sangat penting, sehingga anda ingin menggambarkan diri anda sebagai seorang profesional, penjual yang dapat di percaya.
Bagaimana anda membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan klien anda? Tinggalkan saran anda di kotak komentar dibawah ini!
Comments
Post a Comment