Skip to main content

Cara Membangun Kepercayaan Dengan Klien

Tenaga penjualan dan semua grosir para distributor terbaik memiliki satu kesamaan yaitu kredibilitas. Ketika klien mempercayai anda, anda punya kesempatan untuk membangun hubungan dalam jangka panjang, hubungan yang saling menguntungkan. Kepercayaan atau kredibilitas adalah kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana kita memiliki keyakinan padanya. Membangun kepercayaan dengan klien menjadi salah satu hal penting dalam proses berjalannya sebuah bisnis. Karena kredibilitas yang kita dapatkan, bisa menjadi sebuah hubungan yang baik dan mendatangkan pelanggan lebih banyak dan bisa dikatakan promosi gratis. Karena jika seorang costumer sudah percaya pada produk atau layanan anda, maka tanpa disuruhpun mereka akan merekomendasikan produk dan layanan kepada teman, keluarga, teman bisnisnya. Bagaimana anda bisa mendapatkan kesempatan pada tingkat ini dengan klien anda? Ikuti tips dibawah ini untuk membangun kredibilitas anda;

  • Memikirkan Hal-Hal Keci

Menggunakan kata "kau" bukan "anda" mungkin tidak tampak seperti kesalahan besar, tetapi dapat ketika anda mencoba membangun kredibilitas. Ketika seorang pelanggan hanya mengenal anda dan perusahaan anda, anda perlu memancarkan profesionalisme. Klien akan melihat ejaan dan tata bahasa yang salah dan apakah anda sengaja membalikkan dua angka. Mereka akan menganggap anda tidak detail.

  • Tidak Janji Berlebihan.

Tenaga penjualan dan grosir distributor harus selalu hidup dengan motto "tepat janji". Ketika anda membuat janji dengan klien, pastikan itu semua ditepati, jangan hanya memberikan janji tapi pada akhirnya tidak mampu membayarnya. Itu menghancurkan kepercayaan anda. Bagaimana klien bisa percaya pada apa yang anda katakan ketika anda melanggar janji pertama yang pernah kalian buat untuk mereka?

  • Menjual Apa Yang Mereka Butuhkan

Ketika penjual mencoba untuk menjual produk terbaru kepada klien hanya untuk memenuhi kuota, mereka lupa untuk mempertimbangkan apakah klien mereka benar-benar akan mendapatkan keuntungan dari produk tersebut. Wiraniaga harus fokus pada penjualan yang hanya apa dibutuhkan klien, maka klien akan segera mulai melihat anda sebagai hanya penjual lain yang hanya mencoba memikirkan uang. 

  • Menunjukkan Bukti Pada Mereka

Klien ingin mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan telah berhasil bagi perusahaan lain di masa lalu. Sebuah bukti yang dapat anda tawarkan kepada klien, yang membuat perusahaan anda terpercaya. Sebelum mulai melempar ke pelanggan baru, buatlah studi kasus yang menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan di industri mereka telah berhasil dengan produk atau layanan anda. Datang ke pertemuan dengan persiapan untuk berbicara tentang hasil perusahaan anda.

  • Memiliki Kehadiran Online Yang Kuat

Ketika anda pertama kali melakukan kontak dengan pelanggan baru, kemungkinan besar, bahwa klien akan segera melihat nama perusahaan di Google untuk melihat siapa anda. Apa yang akan mereka temukan ketika mereka mulai memeriksa perusahaan? Pastikan bisnis anda hadir secara online sehingga klien anda melihat anda dalam cahaya yang positif. Memperbaharui profil LinkedIn anda dan menggunakan poto profesional. Periksa pengaturan provasi pada profil media sosial lain sehingga anda dapat yakin klien tidak akan melihat foto pribadi atau update status jika anda tidak ingin mereka juga melihatnya. Ingat, kesan pertama sangat penting, sehingga anda ingin menggambarkan diri anda sebagai seorang profesional, penjual yang dapat di percaya.

Bagaimana anda membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan klien anda? Tinggalkan saran anda di kotak komentar dibawah ini!

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu