Skip to main content

4 Cara Sederhana Memotong Biaya Bisnis

Bisnis anda hidup atau mati disebabkan oleh margin keuntungan. Anda dapat melihat laporan keuangan sampai wajah anda biru, tetapi hanya satu nomor yang penting, yaitu diakhir hari. Biaya usaha adalah seluruh pengeluaran dana yang diperhitungkan untuk keperluan usaha. Modal ini bisa berupa uang dan tenaga (keahlian). Modal uang biasa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan usaha, seperti biaya prainvestasi, pengurusan izin, biaya investasi untuk membeli aset, hingga modal kerja.  Sekarang, ada dua cara sederhana untuk meningkatkan bisnis. Pertama : Meningkatkan penghasilan anda. Kedua : Memangkas pengeluaran anda. Semakin banyak pemotongan biaya bisnis, semakin tinggi kesenjangan keuntungan. Dalam posting ini, kita akan fokus secara eksklusif pada poin kedua ini. Kami akan memberitahu anda segala sesuatu yang perlu anda ketahui tentang pemtongan biaya bisnis anda. Ini akan memberikan ruang bernapas, dan membantu anda meningkatkan keuntungan.



  • Memotong Biaya Travel
4 Cara Sederhana Memotong Biaya BisnisSebagai perusahaan yang memperluas jangkauan global mereka, mereka mulai memompa dana banyak untuk biaya perjalanan. Itu tidak murah untuk bertemu klien di sisi lain dari dunia. Tiket pesawat, hotel, mobil perusahaan, dan biaya makanan. Yang benar adalah anda tidak perlu lagi kemewahan itu. Pangkaslah biaya perjalanan dengan berfokus dengan panggilan konferensi, pertemuan Skype, dan komunikasi online. Lakukan perjalanan itu, ketika itu benar-benar diperlukan. Maka anda akan dapat menyimpan sebagian biaya.

  • Mengurangi Biaya Overhead
Bisnis yang baik melakukan pengawasan yang ketat pada overhead (biaya langsung atau pengeluaran tidak terduga). Tanpa pengelolaan yang cermat, biaya ini bertambah dengan cepat dari waktu ke waktu. Mulailah dengan tagihan rutin bulanan anda, dan mencari biaya untuk dipangkas. Bernegoisasi dengan perusahaan listik, mengurangi penggunaan listrik berlebihan, mencari penyedia asuransi lebih murah. Selalu beralih pada kesepakatan yang lebih murah. Overhead bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, dari tahun ke tahun, sehingga anda bisa melihat mana yang dapat dipangkas sedikit demi sedikit. Sayangnya, belum banyak orang yang memasukkan kategori “pengeluaran tidak terduga” dalam anggarannya. Padahal, menganggarkan biaya tidak terduga dalam keuangan merupakan hal yang penting sebagai upaya menjaga kondisi keuangan Anda agar tetap stabil. 

  • Memfokuskan Kembali Pemasaran pada Pelanggan
Pelanggan yang memiliki kepercayaan, cenderung akan kembali membeli dari anda. Tidak hanya itu, tapi mereka lebih mudah untuk dijangkau. Bahkan, mereka dapat dijangkau dengan menggunaka email. Jadi pikirkan kembali strategi pemasaran anda untuk sementara waktu, Anda akan meningkatkan penjualan secara online, dan memotong anggaran pemasaran anda setengah. 

  • Memikirkan Kembali Penggajian Anda
Tanyakan pada perusahaan manapun tentang pengeluaran terbesar mereka, dan mereka akan selalu mengatakan hal yang sama; Gaji. Upah, pengeluaran, dan bonus adalah biaya terbesar perusahaan. Bisakah anda beroperasi dalam cara yang lebih hemat biaya? Misalnya, mungkin anda bisa menyewa freelance bukan karyawan penuh waktu. Mungkin lebih produktif dan hemat biaya. Mungkin anda bisa menggunakan kontrak yang lebih pendek, atau menawarkan posisi telecommute. Ini semua akan menurunkan biaya gaji anda secara signifikan, tanpa merusak etos kerja anda.

*Telecommuting atau Telework adalah model atau perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, kegiatan bepergian ke kantor atau tempat kerja digantikan dengan hubungan telekomunikasi.

Seperti anda lihat, ada begitu banyak cara sederhana untuk memangkas biaya bisnis. Ingat, setiap perusahaan adalah unik, sehingga anda dapat menemukan metode lain yang lebih cocok untuk anda. Mengambil langkah mundur, dan melihat dimana uang mengalir keluar. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu