Skip to main content

Cara Jadi Pola Pikir Seorang Pengusaha

Motivasi Pengusaha Sukses - Kita sudah mengetahui bahwa seorang pengusaha harus memiliki keterapilan dan memang benar bahwa pengusaha paling sukses saat ini memiliki keterampilan-keterampilan. Namun, demikian skill hanya bagian dari cerita. Nyatanya keberhasilan terletak pada kemampuan anda untuk mengadopsi pola pikir kewirausahaan atau sikap mental yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha. 

Anda mungkin sudah mendengar istilah "pola pikir kewirausahaan" tapi apakah itu? Dan , yang lebih penting, apakah mungkin untuk mengelolanya

Rita Gunther McGrath dan Ian MacMillan, co-penulis 'The Entrepreneurial Mindset' menunjukkan bahwa ada 5 karakteristik mendefinisikan utama.

Dan kabar baiknya adalah bahwa dengan menjadi fokus, belajar untuk menyedeerhanakan kompleksitas, dan mendapatkan kepercayaan, mereka percaya bahwa mungkin setiap pengusaha mendapatkan pola pikir melalui praktek.

Baca Juga : 17 Cara Memulai Usaha dari Para Pengusaha Sukses Dunia

Kebiasaan Pola pikir pengusaha menurut McGrath dan MacMilla diidentifikasi :
  • Mereka penuh semangat mencari peluang - kebiasaan pengusaha selalu mencari untuk menemukan 'gagasan selanjutnya' atau untuk memperbaiki solusi. Mereka terus-menerus mencari keluar untuk peluang potensial yang kemudian mereka dapat tumbuh dan berkembang.
  • Mereka mengejar peluang dengan disiplin - Ini berarti bahwa pengusaha tidak hanya menemukan peluang, tapi mereka bertindak atas mereka, dan mengambil tindakan bila diperlukan
  • Mereka fokus pada kualitas tinggi - mereka hanya mengejar peluang terbaik pada waktu yang tepat, daripada menjadi kelelahan terus-menerus mengejar setiap kesempatan yang datang dengan cara mereka. Dengan kata lain, entrepreneur sukses yang cerdas ketika datang ke kesempatan.
  • Mereka fokus pada eksekusi - tidak hanya pengusaha bertindak atas kesempatan. Tetapi, daripada terus-menerus menganalisis hasil potensial dari tindakan tertentu, mereka juga beradaptasu pada ide karea mereka bekerja melalui proses pengembangan mereka dan membawa mereka ke pasar.
  • Mereka melibatkan energi orang lain. Mereka dengan pola pikir kewirausahaan selalu terfokus untuk mendapatkan yang terbaik dari orang - termasuk diri mereka sendiri. Ini berarti bahwa dengan memiliki pola pikir ini, anda harus melihat untuk menggunakan keahlian, energi dan keterampilan orang di sekitar anda.

Berikut dibawah ini adalah beberapa aspek membentuk landasan mindset kewirausahaan dan merupakan bagian integral dari sikap lain yang harus dimiliki pengusaha :

  • Inovatif
Pola pikir kewirausahaan jelas difokuskan pada inovasi. Pengusaha selalu mencari cara-cara baru untuk memecahkan masalah. Mereka mencari solusi baru dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Mereka mencari inovasi dan perbakan dalam setiap peluang bisnis potensial.

  • Segera Mengambil Tindakan (Take Action)
McGrath dan MacMillan mencatat, pola pikir kewirausahaan bukan hanya tentang menemukan peluang, itu juga tentang menempatkan mereka ke dalam tindakan.

Pengusaha sukses tidak henti tanpa menganalisis. Mereka mengambil kesempatan dan mendapatkannya ke pasar secepat mungkin. Ini adalah salah satu aspek utama yang menandai pengusaha sukses keluar dari sisa itu. Kebanyakan dari mereka belum tentu datang dengan ide yang sangat berbeda - tetapi apa yang menandai mereka keluar dari orang lain adalah bahwa mereka melakukan sesuatu tentang hal itu. Mereka lakukan, sementara banyak orang lain hanya berpikir tentang hal itu.

  • Zona Kenyamanan? Apa Itu?
Pola pikir Kewirausahaan adalah semua tentang merangkul perubahan - dan enggan untuk keluar dari zona nyaman mereka.

Pengusaha dengan sifatnya sealu mencari peluang dan cara-cara baru untuk menacapai hal-hal. Perubahan praktis nama tengah mereka. Namun, penting untuk dicatat bahwa mereka tidak mencari perubahan untuk kepentingan itu sendiri. Mereka semua tentang merangkul perubahan ketika akan membawa pendekatakn baru dan lebih baik. Jadi, hanya karena sesuatu telah menjadi kebiasaan, itu tidak menghentikan pengusaha sukses dari sudut berbeda.
Cara Jadi Pola Pikir Seorang Pengusaha
  • Tak Kenal Takut
Anda bisa mengatakan bahwa pengusaha sukses menampilka pola pikir yang tak kenal takut - dan yakin, berhenti kuliah sebelum anda mendapatkan gelas untuk mendirikan perusahaan, atau memulai di lapangan di mana pesaing anda mungkin besar dan anda hanya ikan kecil-kecil yang cukup takut untuk melakukannya.

Namun, mungkin bukannya takut, apa yang sebenarnya terjadi adalah bahwa pola pikir kewirausahaan mencakup ketakutan dan menggunakan energi daripada berjalan jauh dari itu.

Setelah semuanya, semua orang akan takut dari waktu ke wkatu

Namun, mindset kewirausahaan mengambil rasa takut itu menjadi kekuatan positif untuk mendorong maju. Takut meraih memegang dengan kedua tangan dan menggunakannya sebagai kekuatan untuk kebaikan. 

  • Banyak Akal
Eksekusi beradaptai seperti dijelaskan di atas berarti bahwa ada kebutuhan untuk menjadi fleksibel dan kreatif dalam pendekatan anda, pada gilirannya, pengusaha harus bekerja dengan apa yang mereka miliki untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi pengusaha sukses harus banyak akal, menggunakan apa yang mereka miliki untuk membuat sebagian besar dari setiap kesempatan yang telah mereka cari. 

  • Jangan Meminta Izin
Pengusaha sukses tidak menunggu sampai seseorang mengatakan itu OK bagi mereka untuk mengambil tindakan. Mereka maju dengan percaya diri dalam kemampuan sendiri dalam pengambilan keputusan mereka dan keterampilan orang di sekitar mereka. Ada banyak contoh pengusaha terkenal yang belum menunggu sampai seseorang mengatakan mereka dapat melakukan sesuatu - pada kenyataanya, cukup banyak setiap pengusaha sukses di luar sana.

  • Tidak Takut pada Kegagalan
Ya, anda benar bahwa menjadi pengusaha sukses berarti bahwa anda harus mengubah pola pikir dan menerima dengan baik kegagalan.

90% dari usaha kecil gagal

Namun, jika bisnis itu gagal bukan berarti pengusaha dibalik kegagalan itu. Ini mungkin model bisnis tidak berhasil. Kegagalan bukanlah kebalikan dari kesuksesan, itu adalah batu loncatan untuk sukses. Untuk mengetahui mengapa usaha gagal, belajarlah dari kegagalan itu.

  • Mendengarkan
Melibatkan orang lain dengan semangat mereka dan membuat mereka untuk membantu mendorong maju ide bisnis mereka, berarti bahwa pengusaha itu bak dalam mendengarkan. Tentu saja, mereka adalah pemimpin yang sangat baik, tetapi pengusaha sukses siap untuk mendengarkan pandangan orang lain di sekitar mereka.

  • Terfokus
Penguhsa berfokus pada apa yang mereka lakukan untuk mencapai keberhasilan. Secara khusus, mereka fokus pada tindakan, pada pengiriman dan pada kebutuhan dan keingan pelanggan mereka.

Fokus menjalankan seluruh setiap aspek kegiatan bisnis terkait mereka. Mereka tidak menghabiskan waktu pada apa pun yang tidak memperluas usaha kewirausahaan mereka. 

Baca Juga : Kamu Masih Mahasiswa? Ini 6 Tips Kamu Bisa Sukses Finansial

  • Kepemilikan
Pola pikir Kewirausahaan adalah tentang mengambil keputusan kepemilikan. Dengan mengambil kepemilikan, tidak hanya pengusaha memimpin dari depan, tetapi mereka memiliki kepentingan dalam mendapatkan yang terbaik dari masing-masing dan setiap kesempatan yang datang dengan cara mereka.

  • Beajar Sepanjang Hayat
Pengusaha sukses terus-menerus belajar. Mereka belajar dari para ahli yang mengelilingi merea. Mereka memaksakan diri mereka untuk batas pengetahuan mereka dan tidak takut untuk mengakui ketika mereka perlu mengetahui lebih lanjut. Mereka hanya pergi dan melakukannya.

Perbaikan diri konstan merupakan inti dari pola pikir kewirausahaan. Tidak pernah merasa seolah-olah anda telah belajar semuanya.

  • Kas adalah Raja
Pada setiap waktu, pengusaha harus memiliki satu aliran arus kas. Pola pikir kewirausahaan adalah terus-menerus menyadari pentingnya uang tunai dan bahwa itu adalah darah kehidupan bisnis. Naluri, keberanian, aksi - semua itu tidak ada apa-apanya jika bisnis tersebut kekurangan uang tunai.

  • Mengembangkan Pola Pikir
Jadi bagaimana anda bisa pergi untuk mengembangkan pola pikir ini dan mulai berpikir seperti seorang pengusaha?

Kabar baiknya adalah bahwa menurut Donna M. De Carolis baru-baru ini menulis di Forbes, apakah Anda sudah menjadi seorang pengusaha atau tidak, kemungkinan bahwa anda memiliki di beberapa titik mengadopsi pola pikir kewirausahaan - meskipun mungkin dalam cara yang kecil.

Sebagian dari kita memiliki sampai batas tertentu, membuat pilihan yang memiliki efek pada hidup kita atau yang telah memaksa kita untuk mengubah situasi kita.

Misalnya, mengambil pekerjaan baru di negara bagian lain - atau negara - pindah ke daerah baru, memilih sebuah perguruan tinggi di sisi lain negara - semua contoh bergerak keluar dari zona kenyamanan Anda dan merangkul perubahan. Mereka semua adalah contoh dari membuat pilihan dan kemudian memilih ketahanan untuk melihatnya melalui.

Itulah yang dilakukan pengusaha sukses dalam keputusan bisnis mereka. Mereka memilih ketahanan dalam menghadapi kesulitan

Untuk memindahkan roda gigi dan mengembangkan pola pikir kewirausahaan, jenis kegiatan perlu menjadi kebiasaan.

  • Menciptakan Kebiasaan
Orang yang sangat sukses telah menciptakan dan berkomitmen untuk kebiasaan yang akan meningkatkan keberhasilan mereka. 

Cyclist, Sir Chris Hoy memiliki sebagian besar medali emas Olimpiade yang pernah dimenangkan oleh tim atlet GB (6 total). Dia mencapai ini dengan tidak pernah mengambil hari libur dari jadwal latihan keras ketika ia masih bersaing. Bahkan pada hari Natal. Dia diperhitungkan bahwa pesaing akan menikmati musim Festive dan, dengan memperlakukan hari itu sebagai hari pelatihan, ia akan memiliki keuntungan lebih dari mereka.

Sir Richard Branson dalam pembicaraannya. "Persetan dan lakukan saja." Dia telah mengadopsi filosofi ini hampir setiap hari dan dari awal karirnya. Dari putus sekolah dan dimulai dari sebuah majalah, mencarter pesawat pribadi saat penerbangannya ke Kepulauan Virgin untuk liburan yang dibatalkan. Dia menyewa pesawat (yang ia tidak mampu), dijual kursi untuk orang lain yang terjebak di bandara karena pembatalan dan berhasil menutupi biaya anggaran dasar sebagai hasilnya. Rasa ketika benih-benih Virgin Airlines lahir?

Semua ini kisah sukses yag dimiliki oleh orang pada umumnya. Mereka menciptakan kebiasaan bahwa mereka berkomitmet untuk itu. Agar sesuatu menjadi kebiasaan, yang harus anda lakukan setiap hari adalah berkomitmet untuk terus menerus.

  • Bertekunlah
Ada sebuah legenda Skotlandia tentang Raja (Robert The Bruce) yang kehilangan pertempurannya. Selama jeda dalam pertempuran itu atau mungkin karena selarangan balasan - ia bersembunyi di sebuah gua. Tidak diragukan lagi ia mengahbiskan waktunya di sana mengumpulkan pikirannya dan sangat mungkin memiliki panik ringan.

Namun, legenda berlanjut bahwa selama tinggal di gua, ia melihat seekor laba-laba yang mencoba dan gagal untuk membuat jaring-jaring di sudut yang lembab. Dia menyaksikan terus mencoba sampai akhirnya berhasil membangun jaring. Mahluk kecil ini melanjutkan tugasnya dalam mengahadapi kesulitan, karena terinspirasi, Robert keluar dari tempat persembunyiannya dan memenangkan pertempuran.

"Jika pada awalnya anda tidak berhasil..Coba..Coba Lagi.."

Tentu saja, itu adalah legenda yang mungkin atau mungkin tidak benar (saya menduga yang terakhir) tetapi ini menggambarkan sempurna apa artinya menjadi sukses.

Anda Harus Terus Mencoba

  • Pengusaha sukses mungkin memiliki usaha bisnis yang tak terhitung jumlahnya sebelum mereka menikmati setiap tingkat keberhasilan. Bahkan jika anda belum gagal, kenyataanya adalah bahwa hal itu dapat mengambil waktu yang sangat lama sebelum anda akan membuat uang.
Bill Gates menunggu 11 tahun untuk menjadi sukses 'bukan sukses dalam semalam' ketika Microsoft go public pada tahun 1986 membuatnya $ 350.000.000

Larry Page & Brin Sergy mulai Google pada tahun 1996. Setelah pertumbuhan yang lambat tapi stabil, tidak sampai 2004 bahwa itu go public.

Mark Zuckerberg memulai Facebook pada tahun 2003. 2 tahun kemudian itu mengalami kerugian sebelum akhirnya menjadi 'cashflow positif' pada tahun 2009.

  • Menjadi Pemimpin bukan Pengikut
Anda akan mendapatkan kepercayaan diri dalam keputusan anda hanya dengan membuat hidup mereka lebih setiap hari.

Mulailah untuk membuat keputusan dalam karir anda, kehidupan pribadi anda, keuangan anda, dan mulai membentu kebiasaan yang baik. 

Mengambil keputusan - besar dan kecil - tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri anda tetapi juga mulai memberikan rasa tentang seberapa baik naluri anda dan daerah di mana mereka sangat kuat - yang membantu rasa percaya diri anda.

  • Terus Belajar
Sebagai pengusaha sukses yang bersedia untuk mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, anda harus mulai untuk mendapatkan lebih dari wawasan atribut pribad anda sendiri.

Ambil beberapa pembinaan karier. Dapatkan mentor. Mengindentifikasi di mana anda perlu untuk mendapatkan keterampilan lebih dan berinvestasi dalam diri anda.

Dengan terus-menerus belajar, anda juga akan terus membuka diri untuk cara berpikir yang baru, perspektif yang berbeda dan peluang baru yang semuanya berada di jantung pola pikir kewirausahaan.

Baca Juga : 5 Cara Kelola Uang Agar Masa Pensiun Sejahtera

  • Menjadi Lebih Penasaran
Biasakan selalu mempertanyakan. Menyalurkan batin anda dan mulai bertanya mengapa dan bagaimana , lebih sering daripada hanya menerima cara mereka.

  • Menjadi Lebih Optimis
Semua ini berbicara tentang kegagalan dan kerja keras yang sudah cukup untuk membuat anda merasa sedikit tertekan. Tapi sebagai pengusaha biasanya yang lebih up beat kerangka pikiran, anda ingin mengembangkan semua di atas dengan pandangan optimis.

Ini sangat sulit untuk menempatkan peluang dalam tindakan jika anda mengantisipasi kegagalan di setiap kesempatan. Sekali lagi, sekitar diri anda dengan orang yang positif, memperoleh lebih percaya diri dalam keputusan anda dan hanya menempatkan lebih banyak praktek pola pikir wirausaha di tempat, untuk memberikan pandangan yang lebih optimis ketika datang dalam pengambilan keputusan bisnis anda.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu