Skip to main content

5 Cara Memilih Waralaba (Franchisee) Yang Harus Diperhatikan

5 Cara Memilih Waralaba (Franchisee) Yang Harus DiperhatikanPemberi waralaba dan pemegang waralaba boleh dikatakan memiliki hubungan cinta benci. Mereka tidak bisa hidup satu sama lain. Mereka saling membutuhkan. Ketika pertama kali membeli usaha kecil berupa waralaba harus diperhatikan dengan baik, karena jika salah dapat menyakiti anda dan bahkan mungkin kehilangan tabungan yang anda peroleh dengan sulit. Jadi bagaimana anda tahu jika waralaba yang dipilih sangat baik? Meskipun tidak ada rumus yang ajaib, berikut beberapa dibawah ini yang dapat kami bagikan cara memilih waralaba sesuai kualitas agar adan sukses:
  • 1) Memilih Waralaba yang Berkembang
Sebuah franchise yang berkembang adalah tanda bahwa konsep yang mereka miliki adalah baik dan memiliki potensi lebih lanjut. Pelanggan seperti apa yang ditawarkan oleh franchise. Manajemen waralaba memperhatikan dan tertarik untuk mengambil konsep ke tingkat berikutnya. Sebaliknya jika waralaba dalam beberapa waktu ada yang tutup, mungkin perkembangannya kurang bagus dan jangan cepat-cepat memutuskan untuk menjadikannya sebagai usaha. 

Baca Juga : Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

  • 2) Franchisor (penyedia) Memperkenalkan Produk dan Layanan baru Secara Teratur
Waralaba adalah bisnis yang kompetitif. Konsep baru diperkenalkan hampir setiap hari. Penyedia perlu untuk ters berinovasi dengan produk dan layanan mereka untuk tetap bisa bersaing. Mungkin dampaknya tidak terjadi dalam semalam. 
  • 3) Penyedia Waralaba(Franchisor) Tidak Memiliki Harapan Yang Masuk Akan tentang Operasional Toko
5 Cara Memilih Waralaba (Franchisee) Yang Harus Diperhatikan

Banyak kali ketegangan antara franchisor dan franchisee dalam hal bagaimana toko haris dioperasikan. Franchisee tidak terlalu banyak aturan dan peraturan yang mengarah ke biaya lebih, sementara franchisor ingin memastikan bahwa formula yang mereka buat sukses diikuti secara detail. Artinya sebagai penyedia tidak harus menempatkan beban yang tidak masuk akal pada pemilik waralaba, tapi memiliki kebijakan dan prosedur yang membantu mereka mempertahan integritas merek dan konsep.

Baca Juga : Kelebihan dan Kelemahan Membeli Bisnis Waralaba
  • 4) Franchosir bertujuan untuk Keseimbangan antara Pertumbuhan Franchisor dan Pertumbuhan Franchisee
Franchisor harus memahami bahwa keberhasilan mereka tergantung pada keberhasilan franchisee. Mereka tidak harus mencari uang dengan mengorbankan pemilik waralaba. Beberapa tanda-tanda bahwa mungkin terjadi ketika mereka membuka terlalu banyak toko saling berdekatan.
  • 5) Franchisor harus Mendengarkan Franchisee Bukan Berjalan Seperti Seorang Diktator
Pemberi waralaba harus selalu mendengarkan keluhan dan mengambil tindakan yang tepat dari pemilik waralaba agar bisnis tidak menimbulkan kerugian. Pemberi dan pemilik waralaba seharusnya melakukan pertemuan rutin, dimana franchisor mendengarkan umpan balik dan bertindak di atasnya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu